Berikut 5 Manfaat yang Akan Anda Dapat Jika Menjadi Orang yang Jujur

Agama Islam adalah agama yang sempurna, tidak ada keburukan yang akan menimpa suatu hamba kecuali pasti telah dilarang di dalam syariat ini, demikian juga dengan kebaikan, tidak ada satu kebaikan pun yang bisa mendatangkan manfaat bagi manusia kecuali telah dijelaskan dalam syariat ini.

Demikian juga dengan sifat-sifat dan perilaku,  Agama ini telah mengajarkan kepada kita sifat-sifat yang tercela dan sifat-sifat yang terpuji, Agama ini dengan terang-terangan mengajak kita untuk meninggalkan semua sifat yang tercela dan berusaha semaksimal mungkin untuk menghiasi diri kita dengan sifat-sifat yang terpuji.

Diantara sifat buruk yang dilarang oleh Islam adalah suka berbohong dan berdusta, dan sebaliknya salah satu sifat yang sangat dianjurkan oleh agama ini agar setiap muslim membiasakan diri untuk berhias dengan sifat ini adalah jujur.

Baca juga artikel mengenai 9 sifat buruk wanita yang harus dihindari.

Imam Ibnul Qayyim berkata, Iman asasnya adalah kejujuran (kebenaran) dan nifaq asasnya adalah kedustaan. Maka, tidak akan pernah bertemu antara kedustaan dan keimanan melainkan akan saling bertentangan satu sama lain. Allah mengabarkan bahwa tidak ada yang bermanfaat bagi seorang hamba dan yang mampu menyelamatkannya dari azab, kecuali kejujurannya (kebenarannya). (Sumber: Muslim.or.id)

muslim.or.id
muslim.or.id

Jujur merupakan sebuah sifat yang diwariskan oleh para Rasul dan Nabi kepada umatnya, oleh karena itu tidaklah jarang kita mendengar hadis dan nasehat dari Nabi kita agar senantiasa kita mengiasi diri kita dengan sifat jujur disetiap perkataan kita.

Dan diantara manfaat yang akan kita peroleh jika kita membiasakan diri kita untuk bersikap dan berkata jujur adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan kasih sayang Allah
  2. Mendapatkan pahala yang besar
  3. Mengiasi diri dengan ciri khas sifat para Nabi dan Rasul
  4. Akan memiliki banyak teman
  5. Akan dipercayai banyak orang untuk berbisnis bersama

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika kita bisa membiasakan diri kita untuk berbuat dan berkata jujur, semoga Allah Subahanu wa Ta’ala memberikan kita semua kemudahan di dalam menjalaninya.

Baca juga artikel cara mendidik ank agar menjadi pribadi yang jujur.

Tinggalkan komentar