21 Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Tubuh

MANFAAT YOGHURT – Yoghurt merupakan salah satu minuman olahan yang bahan dasarnya adalah susu. Susu di fermentasi menggunakan bakteri, biasanya pakai Lactobacillus Bulgaricus sama Streptococcus Thermophilus.

Nah, kedua bakteri ini yang akan mengolah apa yang ada di dalam susu sehingga menjadi yoghurt.

Rasa asli dari yoghurt sebenarnya asam lho. Tapi karena banyak yang nggak suka kalau cuma asam doang, diberilah rasa manis dengan menambahkan gula.

Lama-kelamaan muncul tuh varian dari yoghurt yang menggunakan rasa buah-buahan. Biar makin banyak yang suka minum yoghurt.

Ternyata, yoghurt memiliki manfaat untuk tubuh kamu lho. Jadi selain rasanya enak, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi yoghurt.

 

Manfaat Yoghurt Menyehatkan Pencernaan

manfaat yoghurt menyehatkan pencernaan
huffingtonpost.com

Kalau kamu ada permasalahan di perncernaan, cobalah minum yoghurt. Di dalam yoghurt terdapat bakteri yang baik, atau bahasa kerennya itu prebiotik. Jadi ketika kamu minum yoghurt, sama saja kamu minum bakteri baik.

Nah, fungsi dari bakteri yang ada dalam yoghurt ini adalah untuk menyeimbangkan mikroflora yang ada dalam usus. Sehingga pencernaan kamu akan terjaga dan sehat. Tapi ingat ya, minum yoghurt-nya jangan banyak-banyak. Ntar bukannya sehat, malah kamu jadi mules lagi. Kan apa-apa yang berlebihan itu nggak baik.

BACA JUGA: Fakta Unik Tentang Sistem Pencernaan Manusia

Manfaat Yoghurt Menjaga Kesehatan Gigi

manfaat yoghurt untuk gigi
glowteethwhiteningrev.com

Pengen gigi sehat dan terawat seperti gambar di atas? Konsumsi aja yoghurt. Walaupun yoghurt mengandung gula, tapi nggak membuat gigi kamu berlubang kok. Bahkan, asam laktat yang ada di dalam yoghurt akan melindungi gusi kamu.

Nah, orang yang mengonsumsi setidaknya 200 gram yoghurt per hari, akan mengurangi resiko penyakit pada gigi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi yoghurt. Tapi ingat juga, tiap enam bulan sekali cek kesehatan gigi kamu ke dokter ya. Biar gigi makin terawat dan nggak gampang sakit tuh.

BACA JUGA: 8 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami

Mencegah Darah Tinggi

Manfaat Yoghurt - Mencegah Darah Tinggi
seedoc.co

Sekitar 70 persen manusia di bumi mengonsumsi garam dua kali lebih banyak, dari jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini yang akan menyebabkan hipertensi jika dilakukan terus-menerus. Nah, di dalam yoghurt ada senyawa bernama sodium yang dapat membuang kelebihan sodium dari dalam tubuh.

BACA JUGA: 7 Macam Obat Herbal Darah Tinggi Tanpa Efek Samping

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Yoghurt - Meningkatkan Kekebalan Tubuh
martialartsactionmovies.com

Ini bukan kebal terhadap serangan benda tajam atau ilmu kebal ya. Kebal di sini maksudnya itu kebal terhadap penyakit. Kalau mengonsumsi yoghurt setiap hari, kekebalan tubuh kamu akan meningkat.

Kamu jadi lebih tahan terhadap serangan penyakit. Selain itu, yoghurt berfungsi sebagai probiotik yang akan membantu merangsang sel darah putih untuk melawan infeksi dalam aliran darah.

BACA JUGA: Yoghurt Bisa Memutihkan Ketiak dan Selangkangan

Mengadung Banyak Vitamin

Manfaat Yoghurt - Mengadung Banyak Vitamin
greathealthnaturally.co.uk

Bukan cuma buah-buahan aja yang banyak senyawa yang baik untuk tubuh kamu, di yoghurt juga ada. Dalam yoghurt terdapat kalium, yodium, fosfor, seng, riboflavin dan vitamin B5. Selain itu yoghurt juga mengandung vitamin B12, yang berfungsi untuk mempertahankan sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik.

Makan satu porsi yoghurt atau sekitar delapan ons, akan menyediakan sekitar 60% kebutuhan vitamin untuk wanita dewasa. Jadi makan yoghurt juga membantu memenuhi kebutuhan kamu akan vitamin.

Untuk Diet

Manfaat Yoghurt - Untuk Diet
huffingtonpost.com

Nah, ini khusus buat kamu yang pengen diet. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, pemenuhan kebutuhan kalsium melalui yoghurt akan membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan.

Jadi kalau kamu mengonsumsi yoghurt, lemak-lemak membandel yang disimpan dalam tubuh kamu akan berkurang sediki demi sedikit. Hasilnya, kamu akan kelihatan lebih ramping dan langsing deh.

BACA JUGA: Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan

Mencegah Penyakit Osteoporosis

digitiseddiseases.wordpress.com
digitiseddiseases.wordpress.com

Jeri Nieves adalah seorang direktur of Bone Density Testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York mengatakan bahwa gizi cukup memainkan sebagai peran utama dalam mencegah dan mengobati osteoporosis dan mikronutrie. Dan penyumbang gizi terbesar dari kalsium dan vitamin D.

Susu banyak mengandung kalsium yang telah terbukti mempunyai efek yang baik bagi kepadatan masa tulang. Asam laktat menyerap banyak kalsium dan fosfor yang mampu membantu untuk menambah kekuatan tulang. Vitamin K yang ada di dalam yoghurt mempunyai manfaat membantu metabolisme tulang.

Membantu Menghilangkan Jerawat

jualanvco.com
jualanvco.com

Kamu juga bisa menambahkan yoghurt sebagai menu diet harian atau digunakan perawatan wajah utuk menyembuhkan jerawat. Karena di dalam yoghurt memiliki sifat asam yang berfungsi menghancurkan berbagai macam bakteri penyebab tumbuhnya jerawat, jamur dn kuman dalam tubuh.

Oleskan krim yoghurt pada wajah, tunggu sekitar 30 menit kemudian cucil muka menggunakan air bersih. Atau kamu bisa membuat pasta dari yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit bubuk, gula dan bubuk cendana. Pijat pasta pada kulit kemudian setelah 15 menit bilas dengan air.

Mencegah Kanker Usus Besar

lavoz.com.ar
lavoz.com.ar

Pada kandungan yoghurt bakteri yang berada di dalamnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus besar. Bakteri itu bernama Lactobacillus merupakan jenis bakteri yang ramah untuk usus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus besar, dengan demikian kamu dapat mengurangi resiko penyakit usus besar.

Bakteri baik bisa membunuh mikroorganisme berbahaya dalam usus sebelum mereka menjadi karsinogenik yaitu zat yang menyebabkan penyakit kanker. Ditambah lagi, kandungan kalsium yang sangat tinggi dalam yoghurt dapat mengikat produksi kanker asam empedu dan bisa melindungi dinding usus besat.

Untuk menjaga usus besar kita tetap sehat, maka kamu harus memakan yoghurt di waktu pagi hari saat perut dalam keadaa kosong. Hindari makan yoghurt bersamaan dengan makan malam.

Membuat Rambut Sehat

mldspot.com
mldspot.com

Yoghurt adalah sumber yang kaya akan zat besi, asam laktat, protein, kalsium dan nutrisi lain yang baik untuk rambut. Yoghurt mempunyai khasiat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

Ditambah lagi yoghurt dapat mejadi kondisioner alami yang baik untuk rambut kering dan rusak. Yoghurt juga dapat membantu mendapatkan dan mempertahankan kelembaban rambut. Kamu bisa melakukan hal ini supaya rambutmu bisa tampil keren.

Pertama, gunakan kurang lebih satu setengah cangkir yoghurt polos pada rambut, kemudian biarkan selama 30 menit selanjutnya bilas rambut dengan sampo. Lakukan perawatan rambut ini seminggu sekali secara rutin untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat.

Menurunkan Kolesterol

mayoclinic.org
mayoclinic.org

Yoghurt dengan kandungan probiotiknya sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. probiotik bertugas untuk menurunkan sintesis kolesterol dalam hati dengan banuan ikatan asam empedu.

Penyakit jantung di antara orang yang mempunyai penyakit diabetes tipe 2 dapat diatasi dengan yoghurt yang dikonsumsi secara rutin.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam the Journal of Dairy Science menemukan bahwa menkonsumsi yogurt dengan kandung probiotik 10,6 ons setiap harinya, orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 2 akan mengalami penurunan jumlah kolesterol lebih besar dan low density lipoprotein dibandingkan dengan mereka yang makan yoghurt jenis lain.

Mereka yang memiliki kolesterol tinggi harus makan dua cangkir yoghurt probiotik setiap hari. Yoghurt dari Jenis lain kurang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Menyembuhkan Kulit yang Terbakar

tummytime.onslow.org
tummytime.onslow.org

Yoghurt sendiri mempunyai kandungan kalsium seng, yang mampu membantu kita meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran.

Nah, jika kulit terbakar atau luka, kamu dapat meringankannya dengan mencampur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak zaitun. Caranya, gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan tunggu selama 15 menit, sebelum kamu membilasnya.

Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

gigisusu.net
gigisusu.net

Nah, bagi ibu yang sedang hamil atau mengandung, jangan merasa khawatir untuk mengonsumsi susu yoghurt dan minuman ini sangat aman untuk kesehatan janin.

Bagaimana tidak, bahkan yoghurt ini mengandung sumber prebiotik sehingga sangat baik untuk kesehatan ibu serta dan janin. Dapat mencegah terjadinya sembelit. Tak hanya itu, kandungan lemak yang remdah dan kalsium tinggi tentu sangat baik untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim tubuh ibu.

Selengkapnya mengenai makanan sehat untuk ibu hamil.

Menguatkan Tulang Hi-Calcium

www.themonitordaily.com
www.themonitordaily.com

Kita membutuhkan kalsium pada tubuh, setiap harinya. Nah, kita harus perlu tahu bahwa kalsium juga dibutuhkan oleh tulang. Dapat juga meluruskan tulang bungkuk, karena aktifitas dengan bebat yang sangat berat.

Maka dari itu, yoghurt dapat membantu kamu untuk menjaga tulang dengan baik dan mendukung gaya hidup aktifitas kamu.

Kamu yang suka dengan aktifitas yang berat dan ekstrim, minumlah susu yoghurt, agar dapat membantu lebih aktif lagi. Bagi kamu yang tidak suka dengan susu, kamu dapat mengolah yoghurt dijadikan bahan kue.

Mengandung Prebiotik Inulin Mengatasi Semua Penyakit

www.gigisusu.net
www.gigisusu.net

Menurut penelitian, serat prebiotik yang ada di dalam yoghurt sendiri dapat membantu dan menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolestrol, menstabilkan tekanan darah dan gula darah pada tubuh kamu.

Jika, kamu mengalami masalah dengan pencernaaan, atau terkena penyakit kolestrol dan sistem kekebalan kamu menurun, minum yoghurt dapat mengatasi semua masalah kamu dan menjaga kestabilan tubuh. Bahkan zat inulin bagus sekali untuk menjaga kesehatan janin yang ada di dalam tubuh seorang ibu hamil.

Memiliki Rasa Asam yang Pas dan Mencegah Terjadinya Maag

loveellentan.blogspot.com
loveellentan.blogspot.com

Masih banyak yang beranggapan bahwa yoghurt selalu hadir dengan rasanya yang asam. Maka dengan hadirnya produk yang bernama Heavenly Blush Yoghurt Drink to Go, yang mempunyai rasa enak dan rasa tidak terlalu masam, diharapkan bisa mengubah persepsi omongan masyarakat.

Akhirnya sehingga bisa terus menikmati yoghurt tanpa perlu khawatir akan rasanya yang khas. Selain itu juga masyarakat yang percaya akan mitos tentang mengkonsumsi yoghurt bisa menyebabkan sakit perut atau mag, boong itu.

Maka hal ini perlu dibenahi, sebenarnya yoghurt tak menyebabkan sakit maag, melainkan bisa menjadi solusi terapi baik untuk penderita maag. Sebab, yoghurt mengandung bakteri baik untuk pencernaan dan usus.

Menyingkirkan Ketombe

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Tahukah kamu, bahwasannya manfaat yogurt memiliki sifat anti-bakteri dan anti jamur. Nah, sifat inilah yang akan membantu proses rangsangan pertumbuhan rambut. Selain itu, yoghurt juga bertindak sebagai pembersih alami dan akan menyingkirkan segala ketombe yang ada.

Manfaat anti-bakteri yang dimiliki pun membantu proses penenanangan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

Terus bagaimana sih caranya? Caranya cukup simple, pijat kulit kepala-mu dengan yoghurt. Biarkan selama 15 menit, setelah itu baru bilas dengan air hangat. Sifat asam laktat bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit kepala, sehingga memulihkan kesehatan rambut dan mengobati ketombe.

Mengatasi Rambut Rontok

vitaldays.com
vitaldays.com

Jika kamu punya masalah rambut rontok, manfaat yoghurt merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Campurkan potongan buah pepaya sebanyak 250 gram dengan setengah cangkir yoghurt. Lalu, Tumbuk bahan tersebut secara bersamaan sampai halus.

Situs informasi wanita Vemale pernah membahas mengenai perawatan rambut rontok di sini.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada rambutmu (dalam keadaan bersih). Diamkan selama 60 menit baru bilas dengan sampo ringan. Terapkan langkah ini minimal satu kali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

themillenary.files.wordpress.com
themillenary.files.wordpress.com

Sifat pelembab yang ada pada yogurt dapat menjadi bahan scrub yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk kamu yang memiliki kulit sensisitif dan kering. Jika kamu mau mempraktekan ini ikuti cara-cara berikut:

  • Buat scrub yoghurt alami di rumah dengan bahan 2 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan oat. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada permukaan kulit yang diinginkan. Pijat secara lembut dengan gerakan memutar.
  • Bagi kamu yang punya masalah dengan komedo, kamu bisa menambahkan campuran yoghurt dengan sedikit tepung beras, buat adonan tersebut hingga menjadi pasta tebal. Gosok ke kulitmu dengan gerakan memutar, setelah itu baru cuci dengan air dingin.

Menurunkan berat badan

upload.wikimedia.org
upload.wikimedia.org

Selain untuk tulang, manfaat yoghurt juga ternyata bisa dijadikan salah satu makanan diet. Kandungan kalium yang ada dalam yoghurt dapat merangsang pembakaran lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Jika kamu ingin melakukan diet, maka yoghurt adalah makanan wajib yang harus kamu konsumsi.

Pada tahun 2004 Obesity Research melaporkan bahwa dengan menambahkan susu kedalam makanan diet, akan membantu proses penurunan berat badan dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi susu dalam jumlah kecil. Penelitian dilakukan kepada 32 relawan obesitas.

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak di saat diet mampu menghilangkan berata badan mereka 70% lebih banyak ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi susu sama sekali.

Mengurangi Efek Samping Penggunaan Antibiotik

blog.childrensdayton.org
blog.childrensdayton.org

Untuk kamu yang rutin mengkonsumsi antibiotik setiap harinya, disarankan agar mengkonsumsi yoghurt juga secara teratur. Antibiotik memang dapat membunuh semua bakteri jahat yang ada, namun penggunaan antibiotik dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping.

Dengan mengkonsumsi yoghurt sebelum dan sesudah mengkonsumsi antibiotik, bakteri baik yang hilang atau mati oleh antibiotik akan timbul kembali di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi yoghurt juga dapat mencegah timbulnya gangguan perut dan diare yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu.

Penjelasan lain mengenai youghurt bisa dibaca di halaman situs Detik berikut ini.

Tinggalkan komentar