7 Masakan Jawa Ini Wajib Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup

MASAKAN JAWA – Kuliner merupakan warisan budaya yang sangat dipengaruhi oleh kearifan budaya asalnya. Masakan Jawa adalah salah satunya.

Sebagian besar masakan jawa mempunyai cita rasa manis dan gurih yang khas lain daripada kuliner nusantara yang lain. Cita rasa tersebut dipengaruhi oleh tingkahlaku masyarakat Jawa yang dikenal ramah, murah senyum dan sangat menjunjung tinggi kesopanan.

Jika kamu singgah ke pulau Jawa, jangan lupa cicipi makanan berikut ini seidaknya sekali seumur hidupmu:

Gudeg Jogja

resep gudeg jogja (jawaramasak.blogspot.com)
jawaramasak.blogspot.com

Rasa-rasanya nama gudeg jogja sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta kuliner nusantara. Gudeg jogja adalah menu makanan yang wajib di makan jika kita singgah ke kota Jogja.

Bagi yang belum pernah mencoba pasti akan penasaran seperti apa rasa sayur nagka yang dimasak dengan bumbu remah khas jawa seperti miri, ketumbar, bawang putih dan merah, lengkuas, garam, serta manis khas dari gula merah yang akan membuatmu ketagihan.

Timlo Solo

timlo solo
www.kuliner83.com

Apakah kamu termasuk yang masih asing dengan kuliner bernama timlo solo? Kuliner satu ini berbahan baku daging ayam, jeroan ayam dan sosis yang dimasak dalam panci yang didalamnya sudah dicampurkan bumbu halus rempah-rempah yang tidak lupa ditambahkan kecap sebagai khas manisnya masakan Jawa.

Jika kamu sedang berada di Solo, sebaiknya jangan pulang kalau belum merasakan timlo solo.

Mie Ongklok Wonosobo

mie ongklok
bertemanangin.wordpress.com

Makanan olahan berupa mie yang lazim kita kenal adalah mie ayam yang banyak dijual dimana-mana. Namun ada olahan mie yang khas di Wonosobo.

Kuliner itu bernama mie ongklok wonosobo. Mie basah adalah ciri khas yang paling menonjol dari masakan ini, selain agar rasanya gurih dan fresh, mie basah dapat menunjukkan ciri khas dan kualitas kelezatan masakan yang dibuat oleh kedai satu dengan pesaingnya.

Soto Lamongan

soto lamongan
dapurgue.blogspot.com

Mungkin jika mendengar kata soto seketika itu pula kita akan langsung membayangkan kota Lamongan. Bukannya tidak nyambung, justru soto yang terkenal enak adalah soto lamongan. Soto lamongan adalah koyanya yang membuat soto menjadi gurih dan sedikit kental.

BACA JUGA: Resep Soto Lamongan yang Praktis dan Lezat

Kuliner yang satu ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat beserta perasan jeruk niis dan taburan bawang goreng yang membuat semakin gurih dan mantap. Jika kamu kebetulan singgah di Lamongan, rasa-rasanya menyantap semangkuk soto hangat adalah pilihan yang tepat.

Pecel Madiun

www.sambalkacangjakarta.com
www.sambalkacangjakarta.com

Masakan yang satu ini sangat terkenal dari ujung Jawa sebelah timur sampai ujung Jawa sebelah barat. Tidak ada yang tidak kenal pecel, dan begitu disebut pecel pastilah pecel khas Madiun.

Dari sekian banyak olahan pecel, pecel madiun adalah yang paling khas dengan rasa sambal kacangnya yang manis. Bayangkan jika bumbu sambal kacang tersebut dituangkan keatas racikan sayuran rebus dengan toge dan lauk pauk lainnya, dijamin kamu bakalan ketagihan setelah mengunyah suapn pertamamu.

Rawon Caruban

rawon-daging-khas-jawa-timur
infokuliner.com

Rawon merupakan kuliner berkuah gurih lainnya khas Jawa. Makanan yang satu ini berbahan dasar daging sapiyang dipotong kotak-kotak dengan campuran toge mentah dan taburan bawang goreng.

BACA JUGA: Resep Rawon Rumahan dengan Cita Rasa Restoran

Salah satu ciri khas rawon adalah kuah kluweknya yang membuat kuanya keruh dan mempunyai rasa yang nikmat. Rawon sangat cocok di santap dengan nasi dan sambal terasi goreng.

Rujak Petis Surabaya

rujak petis
rockerhijab.blogspot.com

Kuliner yang satu ini sebenarnya adalah salah satu yang khas juga dari Jawa. Bahan dasar dari rujak cingur sama seerti rujak petis pada umumnya, tapi yang membuat khas adalah tambahan cingurnya. Cingur yang gurih membuat kangkung rebus berbumbu petis tersebut semakin nikmat dan menggugah selera.

BACA JUGA: Makanan Khas Surabaya

RESEP MASAKAN JAWA – Indonesia harus bangga karena memiliki beragam suku bangsa. Salah satunya Jawa yang kaya akan budaya dan kulinernya. Orang Jawa punya banyak variasi masakan yang menawarkan sejuta kelezatan. Terlebih masakan yang bahannya dari daging.

Dua jenis hewan mamalia yang sering dijadikan sumber daging yakni sapi dan kambing. Daging sapi asli berwarna merah cerah dan teksturnya lunak. Namun, ada juga yang lebih suka daging ayam. Pokoknya, apapun bahannya, orang Jawa selalu punya resep rahasianya.

Inilah 5 resep khas orang Jawa. Check it!

Garang Asem Rempela Hati Ayam

dapurtitileksono.blogspot.com

Rempela hati ayam juga bisa kamu olah menjadi garang asem, lho. Selain lebih murah, garang asem rempela hati ayam tidak kalah lezatnya daripada garang asem lainnya.

Ingin membuatnya? Ikuti terus resep yang satu ini.

Pertama, kamu mesti menyiapkan rempela hati ayam, tomat hijau, santan kental, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, cabe hijau, serai, daun salam, lengkuas, asam jawa, garam dan gula.

Langkah kedua, irislah bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat. Kemudian, rebus semua bahan kecuali santan dan tomat.

Kalau rempela hati ayam sudah terasa empuk, masukan santan dan tomat. Rebus kembali sampai mendidih.

Jika telah masak, angkatlah garang asem rempela hati ayam. Untuk garang asem yang ini, kamu tidak harus mengukusnya dengan daun pisang.

Garang asem rempela hati ayam siap disantap bersama nasi atau ketupat. Jangan lupa, sisipkan sambal dan tempe goreng agar rasanya semakin sempurna.

Daging Bumbu Bali

baliocfinid.com

Resep masakan daging ini berasal dari Pulau Bali. Hanya saja sering disajikan di restoran-restoran Jawa.

Siapkan bahan-bahan berupa daging sapi, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, terasi, air asam, gula jawa, daun salam, jeruk purut, lengkuas dan kecap.

Pertama, kamu harus menghaluskan bahan-bahan bumbu, kecuali daun salam, lengkuas dan daun jeruk purut. kemudian, cucilah daging sapi dan potong-potong dadu.

Selanjutnya, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas dan daun jeruk purut. Masukan daging sapi ketika baunya sudah harum. Tambahkan sedikit air, lalu tutup wajan dan masak hingga matang.

Kalau sudah mendidih, tambahkan air lagi, air asam dan kecap. Masak sampai daging lunak, kuah mengental dan berminyak.

Daging Kambing Masak Tumis

Tak ada daging sapi, daging kambing pun jadi. Daging kambing ini akan dimasak dengan cara ditumis.

Sediakan bahan-bahan berupa daging kambing, bawang merah, bawang putih, kentang dan garam secukupnya.

Tahap pertama untuk membuat masakan ini yakni dengan memotong-motong daging kambing menjadi bagian yang lebih kecil.

Lalu, tumislah bawang merah utuh dan sisihkan setelah aromanya harum. Selanjutnya, rebuslah kentang hingga setengah matang. Kemudian, goreng kentang sampai matang.

Tahap berikutnya, tumis daging kambing bersama bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan masak sampai matang.

Taburkan garam dan lada, lalu masukan kentang dan bawang goreng. Aduk rata hingga tercampur.

Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Tunggu sampai airnya agak kering. Angkat dan hidangkan.

Rawon

tokomesin.com

Namanya rawon. Masakan khas Pekalongan. Rawon biasa disajikan bersama sepiring nasi yang dikenal dengan nama nasi rawon.

Jika ingin membuat nasi rawon, siapkan bahan-bahan berupa iga sapi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, jinten, kluwak, serai, daun jeruk purut, asam jawa, garam dan penyedap rasa.

Pertama kali, potong-potong iga sapi menjadi lebih kecil dan rebuslah iga sapi.

Langkah kedua, haluskan semua bahan, kecuali serai dan daun jeruk purut. Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai aromanya harum dan masukan daun jeruk serta serai.

Angkat bumbu tumis, lalu masukan ke dalam rebusan iga sapi. Taburkan garam, penyedap rasa dan asam jawa secukupnya, aduk smapai merata.

Tunggu beberapa saat hingga iga sapi terasa empuk. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
Kini, rawon iga sapi siap dihidangkan untuk lauk sehari-hari. Selamat mencoba.

Daging Kambing Masak Tumis

1001resepmasakan.com

Tak ada daging sapi, daging kambing pun jadi. Daging kambing ini akan dimasak dengan cara ditumis.

Sediakan bahan-bahan berupa daging kambing, bawang merah, bawang putih, kentang dan garam secukupnya.

Tahap pertama untuk membuat masakan ini yakni dengan memotong-motong daging kambing menjadi bagian yang lebih kecil.

Lalu, tumislah bawang merah utuh dan sisihkan setelah aromanya harum. Selanjutnya, rebuslah kentang hingga setengah matang. Kemudian, goreng kentang sampai matang.

Tahap berikutnya, tumis daging kambing bersama bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan masak sampai matang.

Taburkan garam dan lada, lalu masukan kentang dan bawang goreng. Aduk rata hingga tercampur.

Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Tunggu sampai airnya agak kering. Angkat dan hidangkan.

Tongseng Sapi Khas Jawa Timur

cheeseinmyshoe.blogspot.com

Tongseng memang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Namun, ternyata tongseng Jawa Timur juga
punya resep rahasia.

Dengan kekayaan rempah-rempah pada bumbunya, tongseng sapi khas Jawa Timur menciptakan kelezatan rasa tersendiri. Kalau kamu ingin coba membuat di rumah, kamu harus sedikit bekerja keras menyiapkan bahan-bahannya.

Pertama, bahan-bahan dasarnya, yaitu daging sapi dan kaldu sapi. Kedua, menyediakan bahan bumbu halus, yakni bawang merah, bawang putih, garam, merica bubuk, jinten hitam, pala, kunyit bakar dan bawang merah goreng.

Yang terakhir, sediakan juga bahan tambahan berupa, jahe, salam, daun jeruk, sereh, cengkeh, kayu manis, kecap, gula merah, cabe merah dan kapulaga.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat tongseng ini adalah membungkus daging sapi dengan daun pepaya muda dan menusuk-nusuknya. Lalu diamkan selama 20 menit.

Setelah itu cuci bersih daging sapi dan rebus hingga setengah empuk. Jika sudah cukup empuk, potong-potong daging menjadi seperti dadu. Jangan lupa sisihkan daging dan juga kaldunya.

Sesudah mengolah daging, selanjutnya yakni membuat bumbu halus dari bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Tambahkan jahe dan sereh yang sudah digeprak ke dalam bumbu halus.

Langkah berikutnya, tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai aromanya harum, kemudian masukan bumbu halus.

Tumis-tumis lagi hingga harum juga dan masukan bahan-bahan tambahan. Tumis kembali sampai beberapa saat dan masukan daging sapi.

Aduk-aduk sebentar, tuangkan kaldu sapi. Lalu berikan kecap, gula merah dan garam sambil dicicipi rasanya. Setelah pas, tambahkan merica bubuk, irisan cabe merah dan masak lagi sampai dagingnya empuk.

Biarkan kuahnya sedikit menyusut. Jika sudah sempurna, sajikan tongseng sapi khas Jawa Timur ini sebagai hidangan makan malam atau makan siang kamu.

Mangut Beong Khas Magelang

Mangut Beong Makanan Khas Magelang
print.kompas.com

Mangut Beong merupakan makanan khas jawa tengah yang berasal dari magelang. Mangut merupakan jenis masakan yang hampir sama dengan gulai, tetapi kuahnya lebih encrr dan pedas. Sedangkangkan Beong sendiri merupakan ikan endemik yang hanya bisa kita temui di sungai progo. Bentuk ikan ini seperti ikan lele, tepi ukurang ikan beong lebih besar dari ikan lele.

Sekarang dapat kita jumpai di Kabupaten Magelang banyak yang telah menyediakan mangut beong, terlebih di daerah sekitar Borobudur, sudah banyak yang menjual masakan mangut beong yang enak ini. Kamu juga bisa membuat mangut beong ini di rumah.

Kita akan membuat mangut beong yang pedas, karena jika kita hanya menggoreng atau memasak gurih saja maka bau amis tidak akan hilang, tapi jika kita memasak dengan bumbu pedas bau amis akan hilang dan masakan akan semakin lezat. Pertama kita bersihkan terlebih dahulu ikannya, kemudian kita siapkan semua bumbu seperti lengkuas, serai, kunyit, daun salam, merica dan ketumbar.

Selain itu kita akan menggunakan daun jeruk untuk menghilangkan amis dari ikan beong. Terlebih dahulu ikan beong di goreng sebelum di jadikan gulai. Kemudian kita masak santan sampai mendidih, setelah mendidih barulah masukkan ikan yang telah kita goreng tadi.

Kemudian masukkan semua bumbunya dan aduk terus agar bumbu meresap. tapi aduk secara perlahan agar ikan tidak hancur. Untuk memasak mangut beong ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Untuk membuat masakan ini cukup mudah, tapi disini kita membutuhkan kepekaan dalam cita rasa agar rasanya benar-benar lezat. Sebagai pelengkap masakan mangut beong biasanya di sajikan dengan sayur terancam

Sambal Lethok Khas Boyolali

Sambal Lethok Makanan Khas Boyolali
diahdidi.com

Sambal lothek merupakan masakah khas Boyolali, sambal ini terdiri dari nasi sambal tumbang yang di berti tambahan sayur-mayur. Nasi sambal lothek ini hampir sama dengan pecel, rasanya sangat enak. Yang membedakan adalah sambal lothek ini sambalnya terbuat dari tempe bosok (busuk) yang telah di tumbuk halus.

Tempe ini memang sengaja di buat busuk kemudian dijual. Rasa yang di tumbulkan dari tempe busuk ini rasanya sangit. Tapi tempe busuk mempunyai rasa yang berbeda ketika sudah diolah dan di beri bumbu-bumbu seperti daun jeruk, kencur, merica dan yang lainnya. Di dalam samabl lethok ini terdapat tahu yang di olah bersamaan sambal lethok.

Sambal lethok sangat cocok dihidangkan di pagi hari, apalagi nasinya masih hangat di tamabh dengan lauk telurm tempe, bakwan, krupuk dan ayam. Di Boyolali dapat dengan mudah kita menemukannya di warung-warung, karena hampir setiap warung menyediakan sambal lethok.

Sroto Kriyik Khas Purbalingga

Sroto kriyik khas purbalingga
purwolingga.blogspot.co.id

Sroto merupakan sebutan khas daerah Purbalingga Jawa Tengah untuk menyebut soto. Di Purbalingga sendiri sroto yang paling terkenal adalah Sroto Kriyik. Pada umumnya sroto kriyik dihidangkan dengan ditemani kepala ayam dan juga pindang telur.

Sekilas rasa sroto kriyik purbalingga ini sama dengan siti Sukaraja, Purwakata dan Sokaraja Jawa tengah, tetapi yang membedakannya adalah tambahan kriyiknya. Kriyik yang di maksud disini adalah tambahan tepung beras dan juga kentang rebus yang digoreng renyah, rasanya pun gurih dan saat di makan akan mengeluarkan suara kriuk-kriuk atau kriyik-kriyik.

Kita dapat menemui soto ini hampir di setiap penjuru jawa tengah, warung-warung banyak yang menyediakan menu ini karena memang yang menyukai sroto kriyik sangat banyak.

Bakso Malang

 

Bakso Malang Lezat
toyota.astra.co.id

Kelezatan kuliner asli Malang ini sudah begitu terkenal seantero negeri. Bakso merupakan makanan berkuah hangat, sehingga sangat cocok sebagai makanan khas Malang yang berudara dingin. Saat musim hujan seperti sekarang, bakso Malang merupakan pilihan yang tepat untuk menghangatkan perut kamu.

Keunikan bakso Malang adalah adanya pangsit atau yang biasa disebut goreng untuk pangsit yang digoreng, dan somay untuk pangsit yang dikukus. Buat kamu pecinta kuliner, tak ada salahnya untuk belajar membuat bakso Malang. Dijamin mudah!
Persiapkan bahan pembuatan bakso, kuah dan pangsitnya.

Daftar bahannya adalah daging sapi segar, penyedap rasa, garam, merica, poly powder, putih telur, bawang putih, bawang putih goreng, bawang merah goreng, tepung sagu, telur ayam, pangsit lembaran sesuai kebutuhan, daun bawang, baking powder.
Setelah semua siap langkah pertama adalah giling daging yang sudah diberi garam setelah dimasukkan ke dalam food processer.

Masukkan merica bubuk, poly powder, penyedap rasa, putih telur, bawang goreng lalu giling lagi. Setelah halus masukkan tepung sagu kemudian lanjutkan penggilingan hingga kalis. Bagi adonan yang kalis tersebut menjadi dua bagian. Persiapkan satu bagian adonan tadi dan bentuk menjadi bola-bola. Tambahkan air hangat terlebih dahulu baru rebus hingga matang. Jangan lupa tiriskan.

Sekarang giliran kita membuat pangsitnya. Ambil adonan yang satu lagi kemudia campurkan dengan garam, telur, tepung sagu dan bawang. Aduk hingga adonan merata. Jika sudah rata, bagi kembali adonan menjadi 2 bagian. Adonan yang satu bisa kamu buat menjadi isian pangsit. Sebelum di kukus selama 20 menit, lipatlah adonan bentuk seperti bunga (limas).

Untuk membuat goreng, bentuk adonan menjadi panjang dan gorenglah hingga matang. Sisa adonan yang satu lagi bisa kamu bentuk bulat-bulat kemudian diberi baking powder baru digoreng dengan api sedang sampai matang. Hasil penggorengan biasanya disebut goreng bunder.

Pengolahan sambalnya diawali dengan merebus cabai rawit dan bawang putih pada air 100 cc. Aduk kuah hingga merata kemudian tambahkan garam. Setelah proses ini selesai, kamu bisa menyajikan bakso Malang dengan kuahnya. Untuk menambah kelezatannya, tambahkan bawang goreng, potongan daun bawang, bihun dan mie kuning.

Lontong Balap Surabaya

lontong balap Surabaya
resepmasakantop.com

Lontong balap adalah salah satu kuliner legenda yang menjadi kebanggaan warga Jawa Timur. Nama lontong balap diberikan karena jaman dahulu pedagang lontong ini berlari dengan memikul kemaron yaitu wadah besar dari tanah liat. Mereka berpacu kecepatan antar penjual untuk mendapatkan pembeli terlebih dahulu.

Sehingga orang lain melihat para pedagang seperti sedang balapan. Mulai saat itulah dinamakan lontong balap. Soal rasa tak perlu ditanya lagi, lontong balap sangat nikmat. Untungnya pembuatannya tak begitu susah, sehingga kamu pun bisa membuatnya sendiri.

Persiapkan tauge yang telah direbus hingga matang, lontong, tahu mentah yang masih segar, minyak goreng. Bahan pembuatan lentho adalah singkong yang sudah diparut hingga halus, daun bawang, bawang putih, kencur, kunyit, daun jeruk purut, ketumbar yang telah disangrai dan garam. Kuahnya terbuat dari daging, merica, daun bawang, bawang putih dan air.

Jangan lupa persiapkan cabai rawit, cabai merah besar , garam, perasan jeruk, petis udang dan air panas untuk bahan pembuatan sambal petis. Pertama-tama kita akan membuat kuah dengan cara merebus daging hinggang empu, lalu iris kotak-kotak. Irisan daging dimasukkan ke dalam kuah rebusan kaldu tadi.

Masukkan bumbu-bumbuh untuk kuah yang sudah kamu persiapkan tadi. Jika sudah mendidih angkat panci dan pinggirkan terlebih dahulu. Pembuatan lentho adalah proses selanjutnya. Langkah pertamanya adalah haluskan ketumbar, bawang putih, jeruk perut, kunyit, kencur dan purut. Setelah halus, campurkan dengan parutan singkong dan irisan daun bawang hingga rata.

Langkah terakhir bentuk adonan seperti lontong dan goreng hingga matang. Untuk penyajiannya boleh dipotong kecil-kecil maupun utuh. Terakhir adalah membuat sambal petis. Mudah saja, cukup campurkan semua bahan sambal petis seperti air panas, petis udang, perasan jeruk, cabai merah, cabai rawit dan garam hingga halus.

Lontong balap sudah selesai dibuat. Untuk penyajiannya, letakkan lontong ke dalam piring, kemudian tambahkan tahu dan lentho, baru tauge diatasnya. Tuangkan kuah dan daging ke dalam piring. Tambahkan bawang goreng untuk semakin menguatkan rasa lontong balap.

Tahu Tek

tahu tek Surabaya
tokomesin.com

Tahu tek adalah salah satu kuliner yang terkenal dan menjadi ciri khas dari Kota Surabaya. Komposisi dari tahu tek berupa tahu goreng yang dimasak setengah matang dan lontong sayur yang dipotong dengan ukurang kecil- kecil dengan menggunakan alat bantu berupa gunting untuk menggunting setiap bagian tahu dan lontong sayur kemudian garpu sebagai penopangnya.

Ditambah lagi beberapa macam sayuran seperti tauge, kentang goreng, dan irisan timun yang dipotong kecil- kecil. Setelah semua bahan telah dipotong- potong lalu semua bahan itu disirami oleh kuah kacang dengan bumbu bawang goreng diatasnya dan ditaburkan juga kerupuk udang.

Alasan kenapa dinamakan dengan tahu tek adalah karena pada saat proses penyajiannya bahan bahan berupa lontong sayur dan tahu goreng dipotong- potong dengan menggunaan gunting dan dari setiap potongan tersebutlah akan terdengar suara tek… tek… tek… tek.

Di daerah jawa khususnya daerah asalnya yaitu Surabaya sudah banyak para pedagang yang menyediakan menu masakan khas surabaya ini . Bentuk dan rasanya kalau kamu berasal dari daerah jawa barat tahu tek ini lebih seperti kupat tahu atau gado- gado. Namun dalam penyajiannya tentulah berbeda.

Tahu tek yang di sediakan para pedagang yang ada di daerah Surabaya memiki 2 versi dalam penyajiannya. Yang pertama dengan tahu tek versi original yang berisi lontong, tahu, ketan dan diberi bumbu kacang petis dengan beraromakan bawang putih. Dan untuk tahu tek versi kedua sebenarnya sama saja namun ditambahkan telur dadar yang dicampur dengan tahu.

Rujak Cingur

 

rujak cingur jawa
raja-makan.co.id

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang akan mudak kamu temui di daerah Jawa Timur, terutama pada daerah asalnya yaitu Kota Surabaya. Arti dari Cingur dalam bahasa jawa yaitu “mulut”, kata tersebut merujuk pada bahan moncong sapi atau irisan mulut yang dimasak dan dicampurkan ke dalam hidangan.

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan baberapa jenis buah-buahan seperi timun, kerahi ( sejenis timun jawa), bengkuang, nanas, mangga muda, kedondong kemudian ditambah lagi dengan lontong sayur,tempe, tahu, bendoyo serta sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang.

Semua bahan tersebut dicampur dengan bumbu/saus yang bahan utamanya terbuat dari olahan petis udang dan agar mudah dan encer dalam mencampurkan bumbu dengan bahan bahannya biasa dicampurkan dengan air matang. Itulah mengapa rujak cingur juga sering disebut Rujak ulek karena untuk membuatnya harus diulek- ulek terlebih dahulu.

Dalam penyajiannya terdapat dua macam. Yaitu penyajian biasa dan penyajian matengan. Penyajian biasa pada umumnya berupa semua bahan yang sebelumnya sudah disebutkan diatas.

Sedangkan matengan hanya terdiri dari beberapa bahan yang sudah dalam keadaan matang tanpa mencampurkan bahan mentah seperti buah- buahan karena ada orang yang kurang begitu menyukai untuk mencampurkan buah- buahan bersama bumbu/ saus yang sama.

Sambel Wader

sambel wader mantap
bagasprayoga333.student.umm.ac.id

Sambel wader adalah salah satu makanan dari daerah jawa yang menjadi ciri khas dari Trowulan Kota Mojokerto. Sambel wader ini berisi ikan wader yang dicampurkan bersama sambel terasi tomat serta lalapan sayur. Terdapat sensasi tersendiri ketika kamu menikmati hidangan yang syarat akan sejarah ini.

Hidangan ini telah dikenal sejak zaman Majapahit dan menjadi salah satu hidangan yang sangat digemari para zaman itu.

Menurut mitos yang berkembang, Iwak Wader atau ikan dengan bentuk kecil yang banyak hidup di perairan Kolam Segaran dan sungai yang ada sekitar kawasan tersebut sudah menjadi tangkapan dan dikonsumsi oleh warga setempat untuk dijadikan lauk pauk.

Sego Liwet

sego liwet masakan khas jawa timur
tokomesin.com

Nasi liwet merupakan makanan khas darikota Solo. Sebagai dari anda mungkint belum tau apa itu Nasi Liwet? Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan menggunakan kelapa mirip dengan nasi uduk, yang dihidangkan dengan sayur labu siam, potongan daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan juga areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Warga kota Solo sudah biasa memakan nasi liwet setiap hari mulai dari untuk sarapan pagi, makan siang hingga makan malam. Nasi liwet biasanya dijual keliling dengan mengugunakan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya setiap pagi atau dijual di warung lesehan.

Tempat yang paling terkenal yang menjual nasi liwet (warung lesehan) berada di daerah Keprabon yang berjualan hanya pada malam hari. Sentra penjual nasi liwet sudah banyak dijumpai di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Lambat laun hidangan nasih liwet sudah mulai memasyarakat, dan pedagang nasi liwet pun sudah banyak bermunculan. “Kalau yang pertama menjual nasi liwet namanya Mbah Karto,” kata Nurwanto yang menjelaskan siapa generasi awal yang menjual nasi liwet ini. Mbah Karto ini penduduk asli dari Desa Menuran dan diketahui mulai menjual nasi liwetnya di daerah Keprabon, Solo.

Rujak Soto

rujak soto banyuwangi
inigresik.com

Rujak Soto merupakan masakan khas daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini adalah Masakan paduan unik antara soto dengan rujak sayur, bisa soto babat ataupun soto daging (daging sapi).

Yang uniknya lagi ada yang memadukannya dengan soto ceker (kaki ayam) atau soto ayam, hal ini dapat dilakukan sebagai cara alternatif jika ingin menikmati rujak soto namun harga daging sedang mahal.

Penyajiannya biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, lalu disiram dengan kuah soto sekaligus dengan dagingnya. Rasa masakan ini juga khas, terdapat unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak soto terkadang disajikan dengan es temulawak.

Nasi Grombyang

nasi grombyang pemalang
birohumas.jatengprov.go.id

Nasi grombyang adalah nasi campur yang menjadi makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Makanan ini diberinama Nasi Grombang yang berasal dari bentuk penyajiannya, yakkni antara kuah dan isi lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (Dalam Bahasa Jawa grombyang-grombyang).

Sajian nasi grombyang terdiri dari nasi, kuah dan irisan daging kerba yang disajikan didalam mangkok berukuran kecil dan dilengkapi dengan sate dari daging kerbau. Ciri khas nasi grombyang lainnya berada pada tempat jualannya yang berupa kuali berukuran besar, tempat nasi ditutupi menggunakan kain merah, dan disertai penerangan remang-remang dari lampu templok.

Pembeli dapat menikmati nasi grombyang dengan duduk di dingklik atau kursi kecil. Tak ada yang mengetahui dengan pasti sejak kapan makanan khas ini mulai dibuat. Akan tetapi menurut penuturan para orang tua terdahulu di Pemalang, makanan khas nasi grombyang sudah bermunculan kira-kira sejak tahun 1960-an.

Pada saat itu penjual nasi grombyang menjual dagangannya secara berpindah-pindah berkeliling kampung alias tidak menetap. Salah satu penjual nasi grombyang yang terkenal antara lain Haji Warso yang berlokasi di Jl. R.E. Martadinata dekat alun-alun, dan Haji Waridin yang berlokasi di Sirandu dekat bekas terminal lama Pemalang

Apabila anda ingin membuat Nasi Grombyang anda dapat mengikuti tips resep berikut ini :

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

400 gram iga sapi, 500 gram daging sandung lamur, 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan, 2.500 ml air, 4 sdt garam, 2 lembar daun salam, 1 batang daun bawang, diiris halus, 4 sdt gula merah sisir, 4 sdm bawang merah goreng untuk taburan Dan 4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

2 cm kunyit, dibakar, 1/2 sdt merica, 1 1/2 sdt ketumbar, 4 siung bawang putih, 50 gram kelapa parut, disangrai, 7 butir bawang merah, 2 buah kluwek, diseduh dan juga 1 cm jahe

Bahan Sambal Cabai Rawit :

1/8 sdt garam dan 2 siung bawang putih serta 15 buah cabai rawit merah

Cara Pengolahan :

Pertama Rebus daging, iga sapi, air, serai, dan daun salam sampai empuk terlebih dahulu. Kemudian angkat dan ukur air kaldunya sebanyak 2.000 ml. Lalu potong-potong daging dan iga sapi dan selanjutnya Didihkan lagi.

Selanjutnya panaskan minyak goreng dan Tumis bumbu halus sampai tercium bau harum. Kemudian Tuang ke rebusan daging dan masukkan gula merah dan garam. Masak hingga matang dan tambahkan daun bawang. Lalu Aduk rata.

Sambal cabai rawit :

rebuslah cabai rawit merah dan bawang putih hingga layu. Kemudian angkat dan tiriskan tidak lupa menambahkan garam. Haluskan.
Terakhir sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan sambal cabai rawit

2 pemikiran pada “7 Masakan Jawa Ini Wajib Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup”

Tinggalkan komentar