Masjid Kubah Emas, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Di Indonesia selain Monumen nasional adalagi bangunan yang dilapisi emas, yaitu masjid kubah emas, maruyung, limo kota depok. Masjid Dian Al Mahri atau orang lebih mengenal dengan nama  Masjid Kubah Emas. Majid kubah emas ini di Jalan Maruyung raya, Kel. Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, propinsi Jawa barat.

Masjid megah ini berkapasitas  sekitar 20 ribu jemaah, masjid ini berdiri kokoh di atas lahan seluas 70 hektar. Masjid ini mulai dibangun pada April 1999 oleh seorang dermawan, pengusaha asal Banten bernama Hj Dian Juriah M.A yang sudah  membeli tanah di kawasan ini sejak tahun 1996.

Pada tanggal 31 Desember 2006 Masjid Dian Al Mahri mulai dibuka untuk umum.Luas dari masjid ini adalah 60 x 120 meter. Dan masjid ini tergolong sebagai masjid termegah seasia tenggara.

masjid terbesar kubah emas
hariandepok.com

Masjid Dian Al Mahri ini memiliki 5 kubah. Yang Seluruhnya dilapisi emas setebal 2 hingga 3 milimeter dan juga hiasan mozaik kristal. Kubah utama bentuknya menyerupai kubah Taj Mahal.

Jika kamu ingin mengunjungi masjid ini lebih baik melewati RS Fatmawati. Jadi jika kamu dari arah Jakarta maka kamu bisa masuk tol arah ke Pondok Indah lalu setelah itu keluar Fatmawati  lalu belok ke kiri, jika kamu tidak melewati jalan tol, kamu bisa lewat jalan TB Simatupang hingga belok ke kiri ke RS Fatmawati. Setelah itu kamu ikuti jalan saja terus hingga melewati dua lampu merah, sampai kamu di kampus UPN, kemudian ambil ke arah kanan.

Ikuti jalan saja terus hingga kamu sampai di Masjid Dian Al-Mahri yang ada di sebelah kiri jalan. Jika kamu telah memasuki daerah Limo Maruyungkamu perlu berhati hati karena kondisi jalan menuju ke lokasi itu agak rusak berlubang dan cukup sempit hanya ada 2 jalur, dan kamu perlu sedikit mengantri bila berpapasan dengan rombongan yang menggunakan bis-bis besar. Jika kamu tidak ingin melewati jalan yang sudah diterangkan diatas kamu bisa ambil Jalan lain menuju masjid ini dengan melalui jalan Sawangan Depok.

Tinggalkan komentar