Fakta-Fakta Unik Masjid Tiban Malang yang Membuat Orang Berbondong-Bondong untuk Mengunjungi Masjid Ini

Jika kamu warga Jawa Timur pasti tidak asing jika mendengar nama masjid Tiban Malang, karena masjid ini merupakan masjid yang sangat unik arsitekturnya. Sehingga membuat orang berbondong-bondong ingin mengunjungi masjid yang ada di daerah Turen Malang, Jawa Timur.

Masjid Turen ini merupakan masjid yang cukup besar dan memiliki 1000 pintu. Masjid Tiban ini berada dalam wilayah komplek Pondok Pesantren Biharu Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Karena dianggap tiba-tiba ada maka masjid ini dinamakan masjid Tiban.

Pada tahun 2008, mesjid ini sempat heboh di kalangan warga dan wisatawan yang ada di sekitar wilayah Jawa Timur. Karena Masjid Tiban dianggap sebagai masjid yang dibuat oleh tentara jin hanya dalam 1 malam. Padahal masjid ini di buat oleh para santri dan jamaah dari Pondok Pesantren Biharu Bahri’asali Fadlaailir Rahmah.

 

google.co.id
google.co.id

Sebetulnya masjid Tiban turen mulai dibangun pada tahun 1991, dan sampai sekarang masih terus dalam pembangunan sehingga belum bisa dikatakan rampung. Masjid tiban turen ini punya 9 lantai lengkap dengan pertokoan yang ada di lantai atas dan area satwa.

Meski gaya arsitekturnya terlihat nyentrik seperti bangunan Timur Tengah namun tak ada arsitek yang merancang Mesjid Tiban ini. KH. Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh merupakan pemilik pondok pesantren yang mendapatkan petunjuk membangun mesjid ini lewat shalat istikharah.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi masjid yang ada di Malang ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk karena gratis untuk memasuki kawasan masjid ini. Kamu bisa menjelajah 9 lantai masjid ini menggunakan lift maupun tangga karena di setiap lantai memiliki keunikan masing masing.

Selain menikmati keindahan arsitektur kamu juga bisa melihat aneka satwa seperti burung cendrawasih, kakak tua, kera, rusa, dan satwa lain di area khusus dan juga bisa berwisata belanja karena terdapat pertokoan yang menjual banyak barang di lantai atas seperti makanan khas malang serta souvenir lainnya.

Seperti yang telah diuraikan diatas, Masjid Tiban Malang ini bisa kamu masukkan ke dalam list sebagai tempat yang perlu kamu kunjungi jika kamu berkunjung ke daerah Malang.

 

Tinggalkan komentar