6 Menu Masakan Rumahan yang Mudah Dibuat

MENU MASAKAN – Apakah kamu sering melewatkan sarapan saat akan bekerja?

Atau mungkin malas makan karena nggak bisa masak?

Jangan khawatir, memasak makanan itu nggak sesulit yang dibayangkan kok. Asal tau caranya dan benar niatnya.

Lho kok benar niatnya segala?

Nah, kalo masak dengan niat yang nggak benar, ya makanannya jadi kurang enak. Contohnya kalau kamu masak tapi buat ngerjain orang lain. Kan jadi nggak enak tuh makanannya.

Sebenarnya, untuk memulai memasak, kamu nggak membutuhkan keahlian yang banyak. Cukup bisa nyalain kompor, potong-potong bahan dan aduk-aduk saja. Terus, pilih menu yang mudah untuk dibuat. Nah, berikut ini ada beberapa menu makanan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menu makanan kamu.

Nasi Goreng

Masakan khas Indonesia yang mendunia, Nasi Goreng
theresilientchef.wordpress.com

Nasi goreng merupakan salah satu menu masakan yang paling mudah dibuat. nggak membutuhkan keahlian masak yang tinggi. Bahkan, kalau kamu nggak bisa masak sekalipun, membuat nasi goreng bisa jadi pilihan yang tepat untuk bahan latihan.

Memasak nasi goreng juga nggak memerlukan bumbu yang sulit kok. Resep nasi goreng sangat simple yaitu: Cabe merah, bawang putih, dan garam saja sudah cukup. Tinggal dihaluskan saja bumbunya, terus ditumis dan dicampur dengan nasi. Atau ada cara yang lebih praktis lagi, sekarang sudah banyak bumbu instan yang dijual. Kamu tinggal ambil nasi, lalu masak dengan bumbu instan. Dijamin, masakan kamu pasti enak dan maknyus deh.

Sop

Sop sayuran dan ayam
kiresep.com

Nah, kalau yang satu ini bisa kamu bikin juga dengan mudah, tapi dengan bahan yang lumayan banyak. Buat kamu yang suka makan sayur, masakan satu ini bisa jadi pilihan.

Pilih bahan yang biasa digunakan untuk memasak sop. Atau, kamu juga bisa pakai bahan apa saja, yang antimainstream. Terus bumbunya pakai yang gampang aja, cukup beberapa siung bawang putih, merica dan garam. Nah, bumbunya dihaluskan, kemudian ditumis sampai harum. Setelah itu masukkan air, tunggu sampai mendidih, baru deh bahan-bahannya dimasukkan.

Nah, kalau kamu nggak suka ribet, ya tinggal beli aja tuh bumbu untuk sop. Atau bisa juga pakai kaldu instan, yang bikin masakan kamu jadi lebih sedap.

Pecel

Pecel
flickr.com

Tau pecel? Pecel yang khas dari Madiun itu lho, pasti tau kan?

Kalau nggak tau pecel, makanan yang satu ini tu hampir mirip kayak salad sayur gitu. Nah, pasti mulai ada bayangan bentuknya kayak apa. Kalau salad kan biasanya pakai sayur yang masih segar dan menggunakan saus mayonaise. Pecel agak sedikit berbeda, memakai sayur yang sudah dimasak dan sausnya berupa saus kacang.

Membuat pecel ini sangat mudah lho. Tinggal siapkan sayurannya, biasanya sih bayam, kenikir, tauge dan kembang turi. Kemudian sayurnya dimasak sampai matang, lalu tinggal dikasih sausnya deh. Nah, sausnya nggak usah bikin, beli aja di pasar, biar nggak ribet.

Tempe Penyet

Tempe penyet super pedas
arsithacan.wordpress.com

Tempe penyet ini bisa jadi pilihan menu masakan yang akan kamu buat lho. Menu yang cukup sederhana dan rasanya tentu luar biasa. Cukup goreng tempe sampai matang, lalu buat sambel ekstra pedas. Kemudian tempenya tinggal dipenyet bersama sambelnya. Mudah kan membuatnya?

Telur Balado

Telur rebus balado
penacewek.com

Kalau kamu biasa makan telur dadar atau telur ceplok. Mungkin kamu harus cobain telur balado. Menu masakan berbahan dasar telur yang mudah banget cara membuatnya. Kamu bisa cobain bikin dengan peralatan yang sederhana.

Tinggal rebus telur sampai matang, lalu kupas dan bersihkan dari kulitnya. Masak bersama dengan sambal, jadi deh telur baladonya.

Perkedel

Perkedel
dapuranda.com

Nah, kalau kamu mau masak makanan yang tinggi karbohidrat tapi juga ada protein dan vitamin. Kamu bisa coba masak perkedel kentang. Perkedel terbuat dari kentang yang dicampur dengan telur. Kentang merupakan sumber karbohidrat dan telur sumber protein. Jadi pas banget kamu masak perkedel, apalagi kamu juga bisa mengkreasikan perkedel dengan tambahan sayuran.

Spagghetti

http://cooking.nytimes.com/
http://cooking.nytimes.com/

Membuat spaghetti? Bukannya sulit? Kan ribet? Perlu banyak waktu? Ntar  nggak enak? Mungkin pertanyaan itu relevan untuk 10 tahun yang lalu. Sekarang di zaman yang serba instan dan serba tahu, spageti menjadi makanan yang simple dan sangat mudah dibuat. Memasak masakan yang satu sudah bukan lagi perkara sulit karena sudah banyak produk  – produk  spaghetti instant dalam kemasan yang bisa  kalian temui dan dapatkan dengan mudah di toko-toko maupun super market di dekat rumah kalian.

Walaupun dalam kemasan, spageti ini tetap nikmat dan tidak kalah dengan spageti di resotoran atau rumah makan. Bahkan sering kali rumah makan juga menggunakan spageti kemasan pada menunya, kecuali di restoran – restoran yang memang khusus menjual spageti sebagai menu andalan.

Spageti tersebut harus dimasak terlebih dahulu agar siap dimakan. Karena termasuk varian makanan instan, proses pemasakannya sangat gampang dan tidak ribet. Bagi kalian yang belum pernah mencoba jangan takut untuk gagal menyajikannya.

Jika ingin membuat spageti rumahan, kalian harus membeli mie spageti dan saosnya. Jika ingin membuat saos sendiri juga tidak masalah, namun akan lebih ribet. Kedua produk tersebut biasanya di letakkan berdampingan di rak supermarket. Kalian dapat memilih varian mie spageti dengan berbagai ukuran maupun bentuk, ada yang panjang, lebar maupun berbentuk macaroni. Selain itu, terdapat pula berbagai macam varian rasa saos mulai dari bolognaise, carbonara, aglio, barbercue, original dan banyak varian lainnya. Sesuaikan dengan selera kalian.

Biasanya spaghetti dalam kemasan yang dibeli hanya sebatas mie spaghetti serta pelengkap sederhana seperti saus tomat dan bumbu standar. Kalian juga  dapat menambahkan bumbu tambahan pada saos, seperti bawang bombay, cabai, daging, saos tomat, dll. Selain lebih nikmat, kalian juga data menambahkan berbagai bahan yang menyehatkan.

Omelet Mie

http://resepden.blogspot.com/
http://resepden.blogspot.com/

Pasti hampir semua dari kalian pernah mencicipi makanan yang satu ini, tahukah kalian kalau makanan ini sangat simple untuk dibuat? Makanan ini merupakan salah satu sajian rumahan yang sangat mudah untuk dibuat dan cocok bagi kalian sang pemula dalam bidang permasak-masakan.

Makanan yang satu ini konon berasal dari Prancis, dan menjadi terkenal setelah napoleon Bonaparte yang sangat menggemari makanan ini berlaut memutari dunia. Omelet di Indonesia makanan berbahan telur yang dicampur dengan beberapa bahan lain seperti keju, kentang, daging dan lainnya. Dan sekarang yang sedang populer di kalangan anak muda dan para pemula ialah omelet mie. Omelet mie menggunakan bahan mie sebagai campuran telur. Kombinasi mie dan telur dipercaya sebagai campuran bercitarasa luar biasa nan nikmat.

Omelet mie menjadi primadona bukan hanya karena rasanya yang nikmat, namun kemudahan dalam penyajian juga membuat pamor makanan ini menjadi meningkat. Makanan ini biasa diidentikkan dengan makanan anak kost, yang mana hemat dan efisien. Selain itu, makanan ini juga dapat kalian tambahkan berbagai macam pelengkap tambahan seperti sayuran, dan daging untuk menambah cita rasa dan gizi terntunya.

Kalian dapat membuat makanan ini hanya dalam hitungan 10 menit. Cukup rebus mie hingga lunak, kemudian kocok telur dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu campur telur dengan mie yang telah lunak. Kemudian goreng dengan minyak menggunakan api kecil. Bolak balik telur hingga matang dan mengembang sekitar 2 menit. Omelet nikmat, sehat, dan simple siap untuk mengenyangkan perut kalian.

Sayur Bayam

sayur bayam
mediakesehatan.tk

Sayur ini biasanya juga disebut dengan sayur bening bayam. Kenapa dinamakan sayur bening? Mungkin karena kuahnya atau rasanya yang netral, saya juga tidak tahu. Makanan ini sangat sering ditemukan di rumah-rumah ataupun warung makan sebagai menu sayuran. Biasanya disajikan dengan jagung rebus.

Cara membuat sayur bayam ini sangat mudah. Cukup siapkan bayam segar kurang lebih sebanyak 2 ikat dan buang bagian pangkal, 1 buah bawang putih, 1 jagung manis, gula pasir, kaldu instan, garam dan yang terakhir air bersih.

Jika semua bahan telah terkumpul, masak air dalam panci sampai mendidih. Lalu masukkan jagung manis yang telah dipotong-potong. Setelah itu masukkan bayam, gula, garan beryoudiu dan kaldu ayam instan sekucupnya. Setelah matang, cicipi rasa sayur bayam. Apabila terasa ada yang kurang, bisa tambahkan gula, garam atau kaldu ayam instan sesuai kebutuhan.

Sayur Asem

sayur asem
resepseharihari.com

Sayur yang memiliki cita rasa asam ini pasti sudah sangat terkenal. Sama seperti sayur bayam, sayur asem juga sering digunakan sayur bening. Mungkin karena kuahnya yang tidak berwarna atau bening. Bahan-bahannya pun sangat mudah untuk ditemukan di pasar dan termasuk masakan rumah yang murah meriah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem ini adalah kacang panjang, jagung manis, kacang tanah, labu siam, lengkuas, asam jawa, gula merah dan yang paling penting adalah air.

Untuk bumbunya, bahan-bahan yang digunakan adalah bawang merah dan putih, cabai merah, kemiri, terasi dan garam. Haluskan semua bahan untuk bumbu tersebut.

Jika semua bahan telah siap, rebus air dalam panci hingga mendidih. Lalu masukkan kacang tanah, jagung manis dan semua bahan untuk bumbu yang telah di haluskan. Lalu masukkan lengkuas dan labu siam dan tunggu hingga 4 menit. Setelah itu masukkan gula merah dan asem jawa dan tunggu hingga 5 menit. Angkat dan sayur asem siap untuk dihidangkan.

Orak-arik Sayuran

orak-arik sayuran
kompas.com

Orak-arik sayuran merupakan menu masakan rumah yang sayuran yang kaya protein karena terdapat telur di dalamnya. Untuk pembuatannya pun sangatlah mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan yang banyak. Cukup siapkan berbagai macam sayuran yang telah diiris seperti wortel, kacang panjang, kol dan beberapa telur ayam.

Goreng telur dan kumpulan irisan sayur secara bersamaan dan aduk-aduk terus jangan sampai telur menyatu supaya terbentuklah telur orak-arik sayuran. Jangan lupa tambahkan bumbu-bumbu seperti gula, garam dan penyedap rasa sesuai selera agar rasa dari orak-arik ini tidak hambar. Angkat apabila telur dirasa sudah matang.

Tumis Kacang Panjang

tumis kacang panjang
bankjim.com

Menu masakan selanjutnya adalah tumis kacang panjang. Biasanya terdiri dari kacang panjang dan tempe. Kacang panjang sangat mudah didapatkan di pasar dengan harga yang terjangkau.

Jika anda ingin membuat tumis kacang panjang, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kacang panjang, tempe, kecap manis, terasi, minyak goreng, air, gula dan garam. Siapkan juga bawang putih, tomat, bawang merah dan cabe rawit dan iris-iris.

Jika semua bahan telah disiapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah  tumis bumbu yang telah diiris hingga menghasilkan bau harum. Setelah itu langkah kedua adalah tambahakn air, kecap, saus tiram dan terasi lalu aduk hingga tercampur.

Setelah itu, masukkan tempe yang sudah dipotong kotak-kotak lalu beri gula, garam dan penyedap secukupnya sesuai selera. Aduk rata dan tunggu hingga kuahnya terlihat menyerap dengan tempe.

Yang terakhir, masukkan kacang panjang dan aduk lagi hingga rata. Tunggu hingga matang. Angkat dan tumis kacang panjang siap untuk dinikmati.

Cap Cay Goreng

cap cay goreng bakso
resepmasakanrumahan.net

Capcay adalah masakan rumahan yang khas, dalam kamus bahasa Indonesia, istilah cap cay sebenarnya memiliki arti 10 macam sayur. Namun kenyataanya banyak orang yang menyajikan cap cay goreng hanya dengan beberapa macam sayur saja.

Terkadang mereka juga menambahkan bahan-bahan makanan yang dimiliki di rumah. Mereka bisa kadang menambahkan bahan tambahan seperti cumi, udang, rambak perut ikan, kekian, ati ayam, dan sejenisnya tergantung dengan selera dan cita rasa masing-masing.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tinggal tumis bawang putih sampai harum, lalu tambahkan ayam dan daging bakso (opsional, bisa menggunakan bahan lain), aduk hingga berubah warna. Lalu tambahkan kecap ikan, saus tiram, garam dan merica. Aduk rata dan tambahkan air sedikit.

Setelah itu tambahkan wortel, sawi, dan kembang kol yang sudah dipotong-potong. Yang terakhir tambahkan larutan maizena dan aduk sampai masakan mengental. Angkat dan cap cay goreng siap disajikan.

Tumis Jamur Tiram

tumis jamur tiram
caraka-online.com

Jamur tiram, selain digoreng untuk camilan atau jajanan bisa juga disajikan untuk menu masakan rumahan yang yang lezat. Hal yang unik dari jamur tiram adalah memiliki tekstur yang lembut dan juga tidak amis seperti kebanyakan jamur pada umumnya.

Kelebihan yang lain dari jamur tiram ini adalah cepat mengenyangkan walau makan sedikit. Banyak juga orang yang menyajikan jamur tiram ini dengan steak panggang yang dicampur nasi atau pasta.

Dan cara untuk membuat tumis jamur tiram ini cukup mudah. Pertama panaskan minyak dalam wajan dengan suhu yang sedang, lalu masukkan jamur dan bawang putih yang sudah dihaluskan, tumis kira-kira 2 – 3 menit.

Setelah itu tambahkan garam sesuai selera dan tutup masakan antara 5-7 menit dan sesekali aduk. Dan saat jamur hampir matang, tambahkan potongan daun bawang dan merica, aduk sampai rata. Dan tumis jamur tiram siap untuk disajikan.

Penting:

  • Menutup rapat saat memasak akan membantu jamur tiram dalam memproduksi cairan yang berguna agar jamur tidak gosong.
  • Dalam memasak, waktu maksimal yang dipakai adalah antara 7-10 menit.
  • Jika cairannya terlalu banyak, tambah waktu memasak antara 1-2 menit dengan membuka tutup masakan.

Terong Balado

terong balado
duniainter.net

Teong balado adalah masakan khas padang yang sudah mashur di dapur masakan rumahan orang Jawa. Hal ini karena terong balado tidak hanya disukai orang Sumatera saja, melainkan juga digemari di seluruh nusantara.

Terong balado adalah salah satu masakan rumahan yang lezat serta mudah dan murah. Terong balado memiliki citarasa yang khas dengan bumbu pedasnya yang bisa membuat setiap orang yang mencobanya ketagihan.

Bagi anda yang super sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan hidangan kepada keluarga di rumah, resep terong balado ini adalah salah satu alternativ terbaiknya, karena bahan-bahan dan bumbunya mudah didapat serta cara membuatnya cukup praktis dan cepat.

Cara membuat terong balado ini cukup mudah, iris terong menjadi empat bagian dengan ukuran kira-kira 10 cm, rendam irisan terong dalam air, lalu goreng hingga matang. Selanjutnya siapkan bawang merah, bawang putih, cabai keriting besar, dan tomat. Ulek sampai halus (bisa tambahkan gula sesuai selera).

Setelah bumbu menjadi halus tumis dengan minyak yang sudah dipanaskan dalam wajan. Setelah bumbu halus tercium harum masukan terong ke dalam wajan dan aduk hingga rata. Dan terong balado siap disajikan.

Ternyata menu masakan yang nikmat dan lezat tidak harus mahal kan Bunda, dengan bahan-bahan dapu yang ada masakan dapur ala rumahan dapat diolah menjadi nikmat dan lezat asalkan dengan resep masakan yang bnar.

Sambal Goreng Ati Ampela

sambal goreng ati ampela
inforesepsambal.xyz

Siapa yang tidak tahu masakan khas yang satu ini, biasanya masakan ini menjadi menu wajib yang harus ada saat lebaran. Namun karena cara memasaknya yang tidak terlalu sulit maka masakan ini juga kerap dijadikan menu masakan sehari-hari.

Adapun makanan lezat rumahan ini biasanya terdiri atas berbagai macam bumbu rempah dan juga kentang yang dipotong kecil-kecil. Nah, sebagai pelengkap kita bisa menambahkan ati rempela ayam yang dipotong dadu dengan sentuhan resep andalan yang sudah diajarkan turun-temurun.

Bahkan bisa dikatakan masakan ini menjadi salah satu makanan favorit bagi saya pribadi dan keluarga. Karena perpaduan ati ampela yang dimasak bersama dengan rempah dan dilengkapi dengan potongan kentang dan juga petai, tentu mulut ini seperti tidak bisa berhenti untuk menikmatinya.

Pepes Ikan

Pepes Ikan
bundaisni.blogspot.co.id

Pepes ikan adalah masakan tradisional yang hingga sampai saat ini masih diburu dan disukai oleh banyak orang. Makanan yang memiliki ciri dibungkus dengan daun pisang ini bisa menggunakan bahan utama ikan laut seperti ikan tongkol, ikan kembung, ikan patin dan ikan lainnya.

Cara pengolahannya pun juga cukup mudah, kita hanya perlu menghaluskan berbagai macam rempah yang diperlukan, kemudian ditambah dengan cabai, tomat dan juga kemangi untuk memberikan aroma harum yang menggugah selera.. Sementara itu bahan utama berupa ikan  juga turut dipotong dan di balurkan dengan bumbu kemudian di bungkus dengan daun pisang. Barulah bungkusan tadi di kukus di atas air mendidik atau bisa juga di masukkan pada sebilah potongan bambu yang dibakar pada bara api selama setengah jam sampai matang.

Rawon

Rawon bisa dikatakan makanan Indonesia yang paling sering di olah dan dijadikan menu sehari-hari. Jadi rawon ini masakan yang terdiri atas daging sapi berkuah hitam yang dihasilkan dari biji kluwak.

Daging sapi yang digunakan biasanya dipotong dadu kecil, kemudian bumbunya meliputi bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, garam, kluwek, cabe, dan minyak nabati. Adapun semua bahan dihaluskan dan kemudian dimasukkan dalam air mendidih direbus bersamaan dengan daging yang dipotong tadi.

Masakan ini memang terkenal lezat, bahkan di beberapa daerah ada banyak warung makan yang menjual rawon sebagai menu utama.

Itu tadi beberapa masakan rumahan yang sangat terkenal enak dan bisa memanjakan lidah kita meskipun bukan buatan restoran mewah. Selain bahannya bisa dengan mudah didapatkan, masakan di atas juga tidak terlalu sulit dalam proses pembuatannya. Jadi kita bisa membuatnya sendiri di rumah dan bisa menghidangkannya untuk keluarga tercinta.

Tinggalkan komentar