7 Obat Sinusitis Paling Ampuh dari Bahan Alami

Penyakit sinusitis adalah penyakit gangguan saluran pernafasan akibat adanya peradangan di saluran sinus. Penyakit ini menyebabkan tersumbatnya saluran pernafasan dalam jangka waktu yang lama. Sinusitis disebabkan adanya bakteri yang tumbuh dan berkembang di daerah lembab hidung sehingga daerah tersebut terkena infeksi.

Penyakit sinusitis yang disebabkan oleh bakteri biasanya menunjukan beberapa gejala seperti batuk, alergi, sakit kepala dan lain-lain. Penjelasan mengenai gejala penyakit ini bisa kamu baca pada artikel yang mengulas tentang gejala penyakit sinusitis. Untuk mengobati penyakit ini bisa dilakukan dengan cara operasi dan juga dengan menggunakan obat alami. Berikut beberapa obat sinusitis yang dibuat dari bahan-bahan alami.

 

Daun Sambiloto

kapsul.herbalnyalira.com
kapsul.herbalnyalira.com

Kamu bisa memanfaatkan daun sambiloto untuk obat penyakit sinus. Tanaman ini dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit diantaranya adalah sinusitis. Caranya, haluskan daun sambiloto sampai benar-benar halus. Setelah itu peras airnya, dan teteskan pada lubang hidung yang terkena sinusitis. Air perasan tanaman ini akan terasa pahit bila sampai kerongkongan, tetapi percayalah obat ini sangat efektif untuk mengobati sinusitis.

Cuka Apel

surabayanews.co.id
surabayanews.co.id

Manfaat apel sangat banyak untuk asupan nutrisi tubuh kita. Bagi kamu yang mencari obat sinusitis alami, mungkin manfaat cuka apel bisa menjadi salah satu alternatif obat sinus yang bisa kamu gunakan. Cuka apel dipercaya mampu membersihkan lendir-lendir yang ada di saluran pernafasan sehingga jumlah lendir berkurang dan penyakit sinusitis akan mudah untuk disembuhkan.

Cara mengobati penyakit sinus dengan cuka apel bisa dilakukan dengan cara membuat ramuan herbal. Ambil 2 sdt cuka apel, 1 sdt madu dan air secukpnya. Campur ketiga bahan tersebut di dalam sebuah wadah sampai tercampur rata. Minum ramuan tersebut setidaknya 3 kali sehari sampai penyakit sinusitis kamu sembuh dengan sempurna.

Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis
manfaatonline.com

Hemm.. Emang bisa ya, kulit manggis untuk obat sinusitis? Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada kulit manggis dipercaya bisa digunakan sebagai obat alami penyakit sinusitis. Untuk mendapatkan manfaat dari kulit manggis kamu bisa mengkonsumsi obat alami yang terbuat dari kulit manggis. Selain itu, kamu juga bisa membuat sendiri obat tersebut.

Iris kulit manggis sampai menjadi potongan kecil dan tipis kemudian jemur sampai benar-benar kering. Seduh irisan kulit manggis tersebut dengan menggunakan air hangat. Konsumsi secara rutin sampai penyakit sinus kamu sembuh dengan sempurna.

Sereh

Daun Serai
flickr.com

Sereh atau serai merupakan salah satu tanaman rempah yang bisa kamu jadikan sebagai obat alami untuk mengobati sinusitis. Untuk membuat obat tradisional dari sereh kamu harus menyiapkan sereh sebanyak 5 batang. Selain itu, gunakan beberapa bahan tambahan seperti daun sereh 7 lembar, cengkih 17 biji, jeruk nipis 3 buah dan jahe 2 jari.

Cuci semua bahan rempah tersebut kemudian rebus secara bersamaan hingga airnya tersisa setengahnya saja. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari secara rutin sampai penyakitnya sembuh.

Bawang putih

http://www.curejoy.com/
curejoy.com

Sinusitis juga bisa disembuhkan dengan menggunakan bawang putih. Bahan alami yang biasa digunakan sebagai bumbu di dapur ini sangat efektif untuk mengobati penyakit sinusitis. Sediakan 5 siung bawang putih, 10 gram jahe dan 60 gram lokio. Rebus ketiga bahan tersebut menggunakan 6 gelas air sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

Lidah Buaya

1000macammanfaat.com
1000macammanfaat.com

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah untuk mengobati sinusitis. Dalam tanaman ini terdapat senyawa aktif yang ampuh untuk mengobati penyakit sinusitis. Rebus daging lidah buaya menggunakan air secukupnya. Setelah itu minum air rebusan ledah buaya selagi masih hangat, sisakan sedkitit untuk diteteskan ke dalam lubang hidung kamu.

Air Garam

carapedia.com
carapedia.com

Bersihkan hidung kamu dengan menggunakan air garam agar saluran di dalam hidung tetap terbuka dan mengeluarkan bakteri yang ada di dalam hidung. Selain itu kamu juga bisa berkumur dengan menggunakan air garam hangat untuk meredakan gejala dar penyakit sinusitis. Bila kamu menderita penyakit sinusitis sebaiknya mandi menggunakan air hangat.

Tinggalkan komentar