Inilah Pengertian, Tujuan dan Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen atau biasa disebut “SIM” (dalam bahasa Inggris adalah Management Information System, MIS) merupakan suatu sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, teknologi, dokumen dan juga prosedur oleh akuntansi manajemen untuk bisa memecahkan masalah bisnis. Contohnya seperti layanan, biaya produk atau juga suatu strategi bisnis.

Sistem informasi manajemen tersebut bisa dibedakan dengan sistem informasi biasa disebabkan SIM ini digunakan untuk bisa menganalisis sistem informasi lain yang digunakan pada suatu aktivitas operasional dalam suatu organisasi. Jika dilihat dari sisi akademis, istilah SIM biasanya digunakan untuk merujuk pada suatu kelompok metode manajemen informasi yang berhubungan dengan otomatisasi atau bisa juga dukungan terhadap pengambilan suatu keputusan manusia. Adapun contohnya meliputi tentang sistem informasi eksekutif, sistem keputusan dan sistem pendukung keputusan.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang seluk beluk Sistem Informasi Manajemen (SIM). Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

blog.ub.ac.id
blog.ub.ac.id

Di bawah ini kami sampaikan beberapa pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli. Yuk, simak dengan seksama.

  1. Dalam buku Accounting Information System, Bodnar dan Hopwood (1993) mengemukanan bahwa pengertian SIM adalah suatu kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk bisa mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
  2. Dalam buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages (Teknologi Informasi untuk Manajemen Strategi untuk Membuat Koneksi Keuntungan), Turban, McLean dan Waterbe (1999) memberikan pendapat bahwa pengertian SIM adalah suatu sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan juga menyebarkan informasi untuk tujuan yang lebih spesifik.

Konsep Dasar Informasi

rirawan.mhs.uksw.edu
rirawan.mhs.uksw.edu

Ada beberapa konsep dasar informasi, antara lain sebagai berikut.

  1. Data yang diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna serta lebih berarti bagi yang menerimanya.
  2. Sesuatu yang nyata atau bisa juga setengah nyata yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian mengenai suatu keadaan atau kejadian.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

docstoccdn.com
docstoccdn.com

Berikut ini tujuan dari sistem informasi manajemen.

  1. Menyediakan suatu informasi untuk pengambilan suatu keputusan.
  2. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.

Dari Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dana pengguna lainnya, perlu memiliki akses menuju informasi akuntansi manajemen dan juga mengetahui bagaimana cara untuk dapat menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen tersebut bisa membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan.

Proses Manajemen

bimasislam.kemenag.go.id
bimasislam.kemenag.go.id

Proses manajemen tersebut bisa diartikan sebagai aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatan antara lain sebagai berikut.

  1. Perencanaan, formulasi terinci untuk bisa mencapai suatu tujuan akhir tertentu merupakan suatu aktivitas manajemen yang disebut dengan perencanaan. Oleh karena itu, perencanaan memberikan syarat suatu penetapan tujuan dan juga identifikasi metode untuk bisa mencapai tujuan tersebut.
  2. Pengendalian, perencanaan tersebut baru sampai tahap setengahnya dalam proses manajemen. Jika suatu rencana sudah dibuat, rencana itu harus diimplementasikan. Kemudian manajer dan pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk bisa memastikan rencana itu berjalan dengan baik.
  3. Pengambilan Keputusan, maksudnya adalah proses memilih suatu keputusan di antara berbagai alternatif. Fungsi dari manajerial ini adalah suatu jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer tersebut harus memiliki visi, skill serta metode untuk melaksanakan tujuan yang telah dipilih.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

inimedia.co.id
inimedia.co.id

Ada beberapa manfaat sistem informasi manajemen. Antara lain sebagai berikut.

  1. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  2. Meningkatkan aksesbilitas data yang ada secara akurat dan tepat waktu bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
  3. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  4. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

Demikian penjelasan mengenai sistem informasi manajemen. Kamu juga bisa membaca artikel lain yakni mengenai pengertian komunikasi dan pengertian manajemen, karena keduanya memiliki kaitan yang erat dengan artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar