Tahukah Kamu Pengetian Asam Urat? Kenali Sebelum Terlambat

Pernahkan kamu merasakan rasa sakit yang sangat mengganggu pada saat anda beraktifitas? Rasa sakit yang kamu rasakan berpusat didaerah sendi terutama jari-jari tangan dan kaki disertai dengan bengkak kemerah – merahan. Rasa sakit ini bisa menjadi awal gejala penyakit asam urat.

Pitrai atau yang lebih dikenal dengan sebutan ini adalah salah satu penyakit radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan atau membatunya natrium urat. Natrium yang mengkristal yang terjadi dalam sekitar sendi dan merupakan salah satu jenis bentuk peradangan yang dapat terjadi pada sendi dari ratusan jenis radang yang dapat menyerang sendi.

Jika serangan rasa sakit yang berlebih muncul secara tiba-tiba ini berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari kamu wajib mewaspadainya, bisa saja telah terjadi pengkristalan natrium urat awal pada sendi yang menjadi pertanda awal munculnya asam urat pada tubuhmu.

14-Makanan-Yang-Mengandung-Zat-Purin-Tinggi_059951
balihealthdigest.com

Rasa sakit yang muncul selama tiga hingga sepuluh hari itu bisa saja berkurang dan bahkan menghilang dan diikuti dengan berkurangnya rasa nyeri dan bengkak merah yang terjadi disekitar sendi. Namun radang sendi ini akan muncul tiba – tiba jika kamu tidak pandai menjaga asupan makanan yang kamu konsumsi.

Ada beberapa faktor pemicu datangnya asam urat yang perlu kamu waspadai, diantaranya:

  1. Konsumsi jenis makanan yang mengandung purin. Dalam pola makan seharunya kita tetap memperhatikan jumlah purin yang kita konsumsi. Purin banyak terkandung dalam jerohan unggas dan sapi, kerang – kerangan, kacang – kacangan, dan makanan siap saji dalam kaleng,
  2. Konsumsi berlebih minuman bersoda dan minuman keras juga dapat memicu meningkatnya purin dalam tubuh,
  3. Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga dapat meningkatkan resiko kamu menderita asam urat,
  4. Kamu juga harus berhati – hati dan menjaga pola makan serta istirahat serta olahraga yang cukup jika memiliki keluarga dengan riwayat penyakit asam urat.
  5. Memiliki masalah dengan ginjal juga sangat berpengaruh terhadap pembuangan asam urat, maka bagi kamu yang mempunyai masalah dengan ginjal, berhati – hatilah dalam mengosumsi makanan dan minuman.

Bagi kamu kaum laki – laki akan cenderung lebih berisiko dengan penyakit ini, maka tidak ada salahnya mencegah daripada mengobati bukan? Jaga asupan nutrisi dalam tubuh dan berolahraga serta beristirahat yang cukup adalah metode terbaik untuk dapat tetap memiliki tubuh yang sehat.

Tinggalkan komentar