Cegah Penyakit Kanker Dengan 8 Cara Ini

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia. Sedikit sekali pasien kanker yang bisa selamat dan bertahan hidup, apalagi jika sudah stadium 2 ke atas. Kemungkinan hidup bagi penderita kanker stadium 2 ke atas tergantung dari optimismenya.

Pengobatan kanker termasuk mahal. Karena itu kamu harus mencegahnya sejak dini. Terlebih sekarang penyebab kanker berasal dari banyak hal, diantaranya gaya hidup, pola makan, lingkungan sampai dengan keturunan pun mempengaruhi.

Kalau salah satu anggota keluarga ada yang pernah menderita kanker, tidak menutup kemungkinan kanker juga akan menyerang anggota keluarga lainnya. Namun, hal tersebut dapat dicegah ketika kamu memperhatikan gaya hidup.

Makanan yang kamu makan juga dapat menjadi pemicu kanker. Sebenarnya semua manusia punya sel kanker. Sel kanker itu menjadi penyakit jika berubah menjadi sel abnormal karena dipicu hal tertentu, seperti makanan.

Sel kanker yang berkembang menjadi abnormal ini menyerang jaringan tubuh yang sehat dan merusaknya. Biasanya kamu mengenalnya dengan sebutan tumor ganas atau kanker.

Saat kanker menyerang organ vital di tubuh manusia, maka daya tahan tubuh akan semakin melemah dan kinerja organ lainnya terganggu. Supaya tidak terserang kanker, kamu bisa mencegahnya dengan cara berikut ini.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

citraardhita.com

Rutin mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayur dipercaya mampu mencegah kanker sampai 50%. Jenis buah yang disarankan untuk kamu konsumsi, diantaranya belimbing, jambu merah, mangga, pepaya, tomat, jeruk dan lain-lain.

Sementara jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi secara rutin, yaitu bayam, wortel, sayuran berdaun hijau, labu kuning dan lain-lain. Perbanyak juga memakan biji-bijian, seperti kedelai, tahu, tempe dan makanan berserat alami.

Hindari Obesitas

eatdrinklivewell.com

Orang gemuk lebih rentan terkena berbagai penyakit termasuk kanker. Kalau kamu merasa berat badan terlalu berlebihan, cobalah melakukan diet sehat. Yang paling penting, jangan kegemukan.

Jangan Kebanyakan Makanan Gorengan

intisari-online.com

Asupan lemak berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Kamu harus mengurangi segala jenis makanan yang bersifat gorengan, menggunakan mentega, margarin atau sosis olahan.

Stop Junk Food

etnews4today.blogspot.com

Junk food adalah makanan cepat saji seperti, ayam KFC, hamburger, pizza dan lain-lain. sedikit demi sedikit, kurangi makanan semacam itu karena berbahaya bagi kesehatan dan bisa menjadi pemicu kanker. Kalau bisa, hindari junk food.

Sebaiknya, makan makanan yang dimasak sendiri dengan cara ditim, rebusan atau sayuran dalam bentuk segar. Itu jauh lebih sehat dan aman.

Pemanis Buatan

gulalives.com

Nah, ini dia yang seringkali diabaikan, pemanis buatan. Banyak makanan yang memanfaatkan pemanis buatan sebagai campuran. Kelihatannya aman, namun sebenarnya berbahaya bagi kesehatan kamu.

Kalau memang ingin menambahkan pemanis pada makanan, gunakan saja pemanis alami dari buah-buahan. Kamu juga bisa memanfaatkan daun suji untuk dijadikan pemanis makanan.

Hindari Makanan Dalam Stereofoam

bmw-just4unme.blogspot.com

Tahukah kamu? Makanan yang dikemas dalam stereofoam sangat berbahaya bagi kesehatan jika disajikan dalam keadaan panas. Zat kimia yang ada di dalamnya dapat mencemari makanan yang kamu makan.

Sebaiknya, hindari makanan kemasan plastik dan stereofoam yang disajikan dalam kondisi panas. Kamu juga harus menjaga kebersihan makanan yang kamu makan.

Hindari Rokok

polahidupsehat

Rokok merupakan pemicu utama munculnya penyakit kanker. Jika kamu tidak ingin terserang kanker, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok sedikit demi sedikit. Rokok zaman sekarang berpotensi besar untuk menumbuhkan sel kanker abnormal dalam tubuh kamu.

Rajin Olahraga

nuga.co

Cara yang paling mudah mencegah kanker adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga akan membuat tubuh sehat, segar dan bugar sehingga kamu kebal dari aneka penyakit. Lakukan olahraga minimal dua kali dalam seminggu agar kesehatan tubuhmu terjaga.

Tinggalkan komentar