4 Faktor Ini Akan Menyebabkan Kamu Cantengan

Pernahkah kamu mengalami bengkak pada bagian sudut ujung jempol kaki dengan warna kemerah – merahan? Tentu rasanya sangat mengganggu bukan? Kondisi semacam ini biasa disebut dengan cantengan.

Warna kemerah – merahan pada sudut jempol ini biasanya menyebabkan rasa yang sangat nyeri, selain itu juga menimbulkan menculnya penumpukan edema ataupun cairan dan nanah. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan timbul masalah baru yaitu berupa infeksi disekitar kulit yang sedang menderita cantengan.

Cantengan sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang kurang kita waspadai dan sering kali kita anggap remeh, padahal jika terkena cantengan bisa saja kita sangat akan terganggu rasa nyerinya.

Berikut beberapa faktor penyebab cantengan yang bisa kita hindari sebelum nya, diantara nya adalah:

 

Pemakaian Kaos kaki dan Sepatu Terlalu Sering

penyebab cantengan
www.bloxi.com

Pemakaian kaos kaki dan sepatu terlalu sering menyebabkan kaki menjadi lembab dan kekurangan udara sehingga kaki akan terasa lembab sepanjang waktu, inilah yang menyebabkan bakteri suka berkumpul di sudut kuku pada jari – jari kaki terutama jempol. Hal ini bisa dihindari dengan rajin menjaga kebersihan alas kaki dan lepaslah alas kaos kaki dan sepatumu jika dalam keadaan santai.

Alas kaki yang Sempit

penyebab cantengan
www.indiebazaar.com

Penggunaan sepatu yang terlalu sempit dan tidak sesuai dengan ukuran akan membuat jari – jari kaki merasa tertekan, dan ini akan menimbulkan luka baru yang berpotensi menjadi cantengan.

Memotong sisi kuku terlalu pendek

Penyabab cantengan
www.soap.com

Berhati – hatilah saat kamu memotong kuku terutama pada bagian sudutnya, karena jika terlalu dalam maka dikhawatirkan kulit yang baru terbuka akan terluka karena berbagai gesekan saat kita beraktifitas.

Kuku yang Melengkung ke Dalam

penyebab cantengan
www.flickr.com

Pada faktor ini, memang tidak bisa dihindari lagi bagi kamu yang memiliki bentuk kuku cenderung melengkung kedalam, hanya berhati – hatilah dalam merawatnya, usahakan rutin memotong dan menjaga kebersihan kuku terutama bagian sudut -sudutnya.

Sebagai awal pencegahan terjadinya infeksi, ada baiknya kita melakukan beberapa hal ringan ini di rumah seperti rutin menjaga kebersihan kulit dan kuku dengan mencucinya menggunakan air hangat dan sabun setelah selesai beraktifitas.

Satu pemikiran pada “4 Faktor Ini Akan Menyebabkan Kamu Cantengan”

Tinggalkan komentar