9 Penyebab Umum Nyeri Sendi yang Perlu Kamu Pahami Sebabnya

Nyeri sendi adalah rasa sakit yang berada di bagian tubuh yang menjadi penghubung antar tulang. Rasa sakit pada penghubung tulang tersebut menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup kamu menjadi terganggu. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkatan dari parah atau tidaknya juga bervariasi. Bisa muncul dengan ringan, menengah sampai tingkat parah.

keywestorthopedics.com
keywestorthopedics.com

Penyebab nyeri sendi berdasarkan jumlah sendi yang terkena dengan mengelompokkan menjadi dua yaitu nyeri satu sendi dan nyeri beberapa sendi. Pada kasus nyeri di salah satu sendi, sendi lutut merupakan organ yang paling sering terjangkit hal ini. Ada beberapa macam penyebab nyeri sendi, berikut adalah beberapa penyebabnya :

  1. Chondromalacia Patellae yang merupakan kerusakan tulang belakang tempurung lutut
  2. Haemaathrosis atau pendarahan didalam ruang sendi yang berakibat retak lutut ligament robek.
  3. Penyakit asam urat yang dapat menyebabkan rasa sakit berulang. Serta panas dan bengkak pada kulit di sekitar sendi yang mengalami inflamasi yang disebabkan Kristal РKristal tajam dari penumpukan zat asam urat. Simak penjelasan Gejala asam urat berikut penanganannya.
  4. Pseudogout. Hal ini hamper mirip dengan asam urat. Akan tetapi Kristal – Kristal tajam yang terbentuk berasal dari penumpukan kalsium di sekitar sendi.
  5. Traumatic Synnovitis atau peradangan pada jaringan yang melapisi sendi dan juga tendon.
  6. Patah tulang, sudah bisa dibayangkan bagaimana rasanya tulang patah yang digerakkan.
  7. Septic Arthritis
  8. Dislokasi sendi berulang kali. Dislokasi yang berulang menyebabkan jaringan pada persendian mengalami trauma yang tidak sebentar penyembuhannya.
  9. Kanker juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi karena kerusakan juga infeksi yang terjadi.

Pengobatan sendi ini ada beberapa macam, jika gejala tergolong ringan, kamu bisa langsung menanganinya di rumah dengan beberapa cara seperti istirahat dengan cukup, mengompres bagian yang sakit dengan kantong Es selama sekitar 15 menit dan mengonsumsi obat antiinflamasi yang dijual bebas di apotek

Dan untuk mencegah rasa sakit yang bertambah parah, maka kamu di anjurkan untuk beraktifitas fisik yang melibatkan sendi – sendi meradang. Apabila kondisi ini tidak kunjung reda bahkan timbul bengkak, kamu dianjurkan untuk langsung pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Terlebih lagi jika kamu merasa nyeri yang diakibakan cidera sehingga bengkak dengan tiba -tiba, maka kamu harus segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian pengetahuan tentang penyebab nyeri sendi beserta tips ringan untuk menangani secara cepat dan mudah. Semoga ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

 

Tinggalkan komentar