Waspadai 5 Penyebab Sulitnya Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

Kebanyakan para wanita pasca menikah pasti ingin segera memiliki si imut menggemaskan yang lahir dari rahimnya. Beberapa wanita pasti cemas ketika sudah lama menikah dan tidak segera hamil. Perasaan gelisah, merasa bersalah, emosi tidak stabil sering dialami karena tertundanya kehadiran si buah hati.

Kenapa saya susah hamil? Pertanyaan itu kerap sekali muncul dari para wanita.Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan wanita susah hamil. Gangguan kesuburan, pola hidup kurang sehat dan adanya penyakit pada rahim merupakan beberapa penyebab wanita susah hamil.

Berikut adalah beberapa uraian penyebab wanita susah hamil :

 

Pola hidup dan pola makan yang kurang sehat

pola hidup tidak sehat
solusisehatku.com

Merokok, konsumsi alkohol, dan kebiasaan tidur terlalu larut dapat menganggu tingkat kesuburan. Selain mengganggu tingkat kesuburan, kebiasaan buruk tersebut juga dapat mempengaruhi kesehatan secara umum. Coba tinggalkan kebiasaan tersebut jika ingin si buah hati segera hadir.

Kista pada rahim

pontianak.tribunnews.com

Beberapa gangguan pada rahim dapat menyebabkan wanita susah hamil. Contoh penyakit yang dapat menyerang rahim adalah kista. Kista merupakan tumor jinak yang terbungkus oleh epitel yang berisi nanah, dan cairan lainya.

Menopause dini

muslimvillage.com

Perempuan normalnya mengalami menopause saat memasuki usia 40 tahun. Menopause dini dapat disebabkan karena adanya radiasi berlebihan yang diterima oleh tubuh.

Kerusakan pada saluran telur (tuba)

omeng.wordpress.com

Penyumbatan pada saluran tuba akibat keradangan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Kerusakan pada saluran tuba dapat disebabkan oleh karena infeksi penyakit menular seksual dan juga penyumbatan pasca operasi kehamilan ektopik.

Masalah tiroid

gangguan pada kelenjar tiroid
dokter.id

Dikenal dua istilah dalam masalah tiroid yakni hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif) dan hipotiroidisme (kelenjar tiroid tidak aktif). Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Dari uraian diatas dapat dilihat bahwa terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan wanita susah hamil. Selain permasalahan pada wanita, tertundanya kehadiran buah hati juga dapat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan pria. Oleh karena itu kesehatan calon ibu maupun calon ayah sangat penting diperhatikan.

Tinggalkan komentar