Ketahui Perbedaan Internet dan Intranet Agar Kamu Gak Ketinggalan Jaman

Saat ini dengan semakin canggihnya teknologi kita sangat familiar dengan yang namanya internet, mulai dari anak anak hingga orang tua semua telah memanfaatkan kecanggihan teknologi yang satu ini. Sebetulnya selain Internet  ada juga jaringan intranet yang  mungkin sebagian dari kamu belum mengerti apa itu intranet dan kegunaanya.

Fungsi dari Internet dan intranet sebetulnya sama, yaitu untuk menghubungkan komputer dengan lainnya. Namun  secara pengertian Internet dan intranet memiliki perbedaan. Nah agar kamu lebih jelas tentang pengertian intranet dan  internet berikut penjelasannya :

 
#

Pengertian Internet

perbedaan internet dan intanet
spicenet.co.tz

Internet  merupakan singkatan dari Interconnection Networking, itu merupakan  suatu jaringan komputer yang menghubungkan  antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya menggunakan standar sistem global TCP (Transmission Control Protocol) atau juga IP (Internet Protocol Suite) sebagai cara pertukaran. Sehingga kamu dapat  saling bertukar informasi, berinteraksi dan saling  berkomunikasi.

Internet pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek  Advance Research Project Agency Network (ARPA atau disebut ARPANET ) pada tahun 1969.

Proyek yang awalnya dibangun untuk keperluan militer ini  ternyata  menjadi berkembang sangat pesat, sehingga yang mulanya hanya 4 situs universitas kini  menjadi banyak. Sehingga saat ini APRANET dibagai menjadi 2 yaitu untuk keperluan militer (milnet) dan keperluan non-militer (APRANET)

#

Pengertian Intranet

perbedaan internet dan intranet
sujuddermawan.blogspot.com

Intranet  merupakan Private Network (satu jaringan)  yang menggunakan  internet ip atau TCP untuk berbagi informasi penting. Namun hanya dalam lingkup lokal. Misalnya digunakan pada sekolah, perkantoran/perusahaan  dan universitas serta dan lain lain. Intranet juga merupakan suatu jaringan Local Area Network  (LAN) yang hanya mencakup wilayah lokal/kecil.

Nah, dari penjelasan di atas kamu sekarang pasti sudah tahu bahwa internet memiliki jangkauan yang lebih luas daripada intranet. Namun selain perbedaan tentang jangkauannya ada lagi perbedaan anatara internet dan juga intranet , seperti beberapa contoh dibawah ini :

  1. Jaringan Internet
  • Koneksi internet lebih cepat dan luas.
  • Perkembangan internet sangat pesat.
  • Siapapun dan kapanpun bisa mengakses internet ini.
  • Merupakan sekumpulan dari jaringan  WAN, LAN dan MAN.
  • Internet rawan hacker, karena keamanannya yang kurang terjamin.
  1. Jaringan Intranet
  • Intranet menggunakan jaringan lokal sehingga jangkauan sempit.
  • Jika dibanding internet Perkembangan intranet jauh lebih  lambat.
  • Hanya digunakan pada instansi tertentu, seperti perpustakaan, perkantoran, sekolah dan lain sebagainya.
  • karena hanya diakses oleh orang-orang tertentu maka keamanan pengguna intranet sangat  terjamin.
  • Umumnya menggunakan jaringan WAN, LAN atau MAN.

Tinggalkan komentar