Macam-Macam Proses Mendaur Air Kotor Menjadi Air Bersih

Daur air merupakan salah satu daur biogeokimia yang terjadi di bumi. Daur air ini adalah daur pergerakan air melalui tiga fase yaitu gas, cair, dan padat. Hal tersebut terjadi di dalam empat lapisan bumi yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer dan biosfer.

Banyak manfaat yang didapat dari daur air, yakni mengatur suhu lingkungan, menciptakan hujan, mengatur perubahan cuaca serta menciptakan keseimbangan dalam biosfer bumi. Dalam proses daur air melalui 7 proses yang berjalan secara sistematis dan beraturan. Ketujuh proses daur air tersebut meliputi

 

theodysseyonline.com
theodysseyonline.com
  1. Evaporasi : Pada proses ini air dalam bentuk cair dari berbagai sumber air akan berubah menjadi uap air yang naik ke atas lapisan atmosfer.
  2. Transpirasi : Pada proses ini penguapan terjadi pada jaringan tubuh. Akar tanaman menyerap air dan kemudian mendorongnya ke daun yang nantinya digunakan dalam proses fotosintesis. Air dari hasil fotosintesis tersebut kemudian dikeluarkan oleh tanaman oleh stomata sebagai uap air
  3. Sublimasi : Proses ini juga berkontribusi dalam pembentukan air uap di udara. Sumber utama air dari proses ini adalah lapisan es yang terdapat di kutub utara, kutub selatan serta es di pegunungan.
  4. Kondensasi : Kondensasi terjadi pada saat air menguap dan berubah menjadi uap air, maka ia akan naik ke lapisan atas atmosfer. Pada ketinggian tertentu uap air akan berubah menjadi partikel es yang berukuran sangat kecil dikarenakan pengaruh suhu udara yang rendah. Partikel es tadi akan saling mendekati satu sama lain yang kemudian bersatu membentuk awan dan kabut langit
  5. Presipitasi : Pada proses ini awan kemudian turun ke permukaan bumi sebagai hujan dikarenakan pengaruh angin panas atau perubahan suhu. Apabila suhu sangat rendah, tetesan air yang jatuh akan berupa salju atau hujan es. Melalui salah satu dari proses daur air ini, air kemudian masuk kembali ke lapisna litosfer.
  6. Limpasan : Pada proses ini air berpindah dan bergerak meunuju tempat yang lebih rendah saluran-saluran air seperti sungai dan got yang kemudian masuk ke danau, laut dan samudera. Pada tahap ini air akan masuk kembali ke lapisan hidrosfer.
  7. Infiltrasi : Setelah hujan, air tidak semua ikut melalui tahap limpasan. Dan beberapa diantaranya bergerak jauh ke dalam tanah. Air tersebut disebut air infiltrasi. Air kemudian merembes ke bawah dan berubah menjadi air tanah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang proses daur air. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar