Inilah 5 Hal yang Banyak Remaja Pilih untuk Dirahasiakan dari Orang Tuanya

Beranjak menjadi gadis atau laki-laki remaja membuat tingkat kekhawatiranmu orang tuamu semakin bertambah. Memang nggak bisa dipungkiri sih, pergaulan anak muda zaman sekarang ini sering bikin orang tua deg-degan dan nggak tenang.

Jadi, nggak jarang nih para orang tua mau banget buat tahu segala hal yang dikerjakan oleh anaknya. Tapi, kadang orang tua itu bersikap berlebihan banget buat tahu segala hal dari anaknya. Wajar aja sih kalau kamu jadi punya beberapa rahasia yang harus disembunyikan dari mereka.

Nah, biasanya nih, lima hal berikut ini adalah masalah utama yang seorang remaja pilih untuk dirahasiakan dari kedua orang tuanya. Penasaran kan? Lets check this out!

Masalah Pribadi

www.gamifoku.net

Anak-anak yang masuk usia remaja pasti udah mulai mengalami suatu masalah yang berhubungan dengan dirinya. Nggak jarang, mereka lebih memilih untuk menutupi masalah tersebut dari orang tuanya karena alasan takut dan lain sebagainya.

Kalau sampai masalah ini terjadi berlarut-larut dan nggak bisa diselesaikan, anakmu bisa mengalami stres nih. Jadi, kamu sebagai orang tua harus peka dan berupaya untuk membebaskan anakmu dalam menyampaikan pendapat serta cerita yang ia miliki padamu.

Namanya masih remaja, ada kalanya mereka nggak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan butuh bantuan dari orang yang lebih dewasa.

Bolos Sekolah

palingunikaja.blogspot.com

Ada kalanya anak yang baik-baik pun jadi korban hasutan teman-temannya untuk bolos pelajaran atau bolos sekolah. Mungkin pergi ke kantin, ke ruang kesehatan atau bahkan main game online sampai ke jalan ke mall. Wah, emang parah nih.

Dan bolos sekolah, termasuk satu hal yang paling nggak boleh orang tua ketahui, karena kalau sampai ketahuan, entah hukuman macam apa yang akan kamu terima. Alhasil kamu pun menutupi rapat-rapat kesalahanmu ini agar orang tua sama sekali nggak akan pernah tahu kalau kamu bolos.

Kebiasaan yang Buruk

www.sehatfresh.com

Walaupun di rumah anakmu bersikap baik dan terlihat seperti anak yang manis, tapi kamu nggak tahu juga kan gimana dia saat berada di luar rumah? Karena lingkungan itu adalah faktor utama yang bisa mengubah perilaku anakmu lho, entah menjadi lebih baik atau justru menjadi buruk.

Anak-anak remaja yang sudah mencoba untuk merokok, tawuran atau minum alkohol itu udah pasti nggak akan dilakukan di hadapan orang tuanya kan? Nah, kamu perlu memberi perhatian yang lebih lagi nih untuk menjaga anakmu dari pengaruh buruk di lingkungannya.

Obrolan Melalui Pesan Singkat

www.birdsrevolution.com

Anak SD aja udah punya HP, apa kabar anak SMP yang notabenenya baru masuk usia remaja? Pasti udah nggak asing lagi lah sama benda yang satu ini. Pemakaian yang lebih canggih dari orang tuanya pun nggak perlu diragukan lagi.

Tapi, anak-anak remaja ini biasanya nggak ingin orang tuanya tahu tentang obrolan bersama dengan temannya melalui pesan singkat atau chatting. Wajar aja sih kalau banyak ponsel yang diberi sandi supaya nggak bisa dibuka sama orang selain dirinya.

Pertemanan

brodanang.wordpress.com

Sebagai orang tua, kamu memang wajib untuk memantau pergaulan anakmu dan memberi arahan yang tepat pada mereka. Kadang kala ada orang tua yang meminta anaknya untuk menjauhi salah seorang temannya karena memiliki perilaku yang buruk.

Tapi, anakmu nggak semudah itu menuruti permintaanmu untuk berhenti berteman dengan seseorang. Well, kalau kamu mengalami hal yang seperti ini, lebih baik kamu pantau saja anakmu dalam pergaulannya daripada membuat batasan untuk pertemanannya.

Tinggalkan komentar