Sepertinya Masih Banyak Orang yang Melakukan Kesalahan Ini Ketika Membersihkan Wajahnya

Ternyata, mencuci wajah itu tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan lho. Meski kamu sibuk dan sedang dalam keadaan tergesa-gesa sekalipun, kamu tetap harus memperhatikan bagaimana caramu untuk membersihkan wajah.

Tidak cukup dengan menggunakan sabun muka dan air bersih saja, kamu pun harus mengikuti prosedur dan cara mencuci wajah yang baik. Sebab, wajah termasuk dalam bagian tubuh yang sensitif untuk disentuh.

Salah-salah, nanti wajahmu bisa muncul jerawat atau bahkan masalah yang sering dialami kulit wajah lainnya. Kalau ada hal terjadi di wajahmu, bukannya kamu bisa jadi tidak percaya diri untuk keluar rumah?

Jadi, cucilah wajah dengan cara yang benar dan jangan sampai kamu melakukan beberapa kesalahan seperti berikut ini.

Salah Memilih Pembersih Wajah

www.brilio.net

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum membeli sebuah produk pembersih wajah adalah mengenali jenis wajahmu terlebih dahulu. Mungkinkah wajahmu itu memiliki jenis kulit yang berminyak, kering atau bahkan normal.

Ketika kamu sudah mengetahui jenis kulitmu, pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tak perlu memilih pembersih yang mahal, akan tetapi, pilihlah pembersih yang cocok saat digunakan untuk membersihkan dan mengangkat kotoran di wajahmu.

Jangan lupa untuk memperhatikan juga reaksi kulit wajahmu sesaat setelah menggunakan produk pembersih wajah tersebut. Jika kulitmu tidak cocok dengan produk tersebut, segera hentikan pemakaian dan gantilah dengan pembersih wajah yang lain.

Wajahmu Terlalu Sering Mengalami Pengelupasan Kulit

www.dermatologopazlasso.com

Kamu boleh saja melakukan perawatan wajah untuk membantu pengelupasan kulit, akan tetapi jangan dilakukan terlalu sering. Karena kulit wajahmu nanti bisa mengalami iritasi dan menghilangkan minyak alami dari wajah dan dapat membuat wajahmu menjadi lebih kering.

Bukan hanya itu, wajahmu juga bisa menjadi keriput dan mengendurkan kulit lho. Tetapi, ketika kamu jarang melakukan pengelupasan kulit, nanti wajahmu pun bisa menjadi kotor dan kasar yang dikarekan banyak sel kulit mati yang menumpuk di wajah.

Jadi pada intinya, kamu boleh melakukan pengelupasan pada kulit akan tetapi jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang.

Membersihkan dengan Tangan Kotor

www.fimadani.com

Sebelum kamu menyentuh wajahmu, pastikan untuk membersihkan tanganmu terlebih dahulu. Begitu juga saat kamu akan membersihkan wajahmu, kamu tetap harus memperhatikan kebersihan dari kedua tanganmu.

Jangan sampai kamu membersihkan wajah dengan menggunakan tangan dalam keadaan yang masih kotor. Bukannya wajah menjadi bersih, bisa-bisa segala kotoran serta bakteri yang ada di tanganmu berpindah ke wajah nantinya.

Maka, cucilah tanganmu terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membersihkan wajahmu.

Memakai Air Panas

mimbarhadits.wordpress.com

Jangan sekali-kali kamu mencuci wajah menggunakan air yang bersuhu panas. Sebab, air panas itu justru akan memperbesar pori-pori kulit dan juga menyebabkan penuaan lebih dini untuk kulitmu. Kamu tidak ingin mengalami hal seperti itu bukan?

Jadi, untuk mencuci wajah, kamu bisa menggunakan yang hangat. Karena air yang terlalu bisa membuat wajahmu menjadi kering dan ari yang terlalu dingin bisa merusak pembuluh kapiler di wajahmu.

Kurang Bersih Saat Membilas

www.bacaislam.com

Pastikan untuk membilas bersih wajahmu setelah mencuci wajah menggunakan sabun. Karena, sabun yang tertinggal di kulit wajah bisa menyebabkan wajah menjadi kering dan juga iritasi. Selain itu, saat membersihkan make up, jangan lupa untuk tetap membilasnya menggunakan air.

Bilas saja memakai air yang mengalir hingga bersih dan tak ada lagi sabun atau bekas make up yang tertinggal di wajahmu.

Memakai Handuk yang Kasar

id.aliexpress.com

Setelah mencuci wajah, keringkanlah menggunakan handuk yang lembut dan masih bersih. Jangan gunakan handuk yang keras dan kasar untuk wajahmu. Sebab, handuk yang bertekstur kasar justru akan membuat wajahmu lecet dan bisa menimbulkan luka.

Jadi, sekarang lebih baik sediakan handuk kecil yang lembut khusus untuk mengeringkan wajahmu saja ya.

Tinggalkan komentar