8 Jenis Tanaman Rambat Untuk Hiasan Rumah

Tanaman merambat adalah jenis tanaman yang memiliki akar yang tumbuh di dalam tanah dan batangnya tumbuh di atas permukaan tanah. Jenis tanaman rambat memiliki sifat percabangan atau terdapat organ tertentu yang memungkinkan tanaman menjalar pada media yang ada di dekatnya. Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman rambat.

 

Air Mata Pengantin

blogspot.com
kelabkelulut.blogspot.com

Tanaman air mata pengantin ini lebih cocok ditanam sebagai pemanis pergola di samping rumah. Agar pembentukan bunga sempurna, tanaman ini perlu sinar matahari penuh serta media tanam yang tidak terlalu lembab.

Bunga Kuku Macan

bunga kuku macan

http://www.ideaonline.co.id/

Dikarenakan tanaman ini mampu tumbuh tinggi, maka sangat cocok dirambatkan pada pergola. Tanaman bunga kuku macan idealnya tumbuh di tempat yang terkena sinar matahari, namun tanaman ini juga bisa tumbuh baik di tempat yang teduh.

Alamanda

tanamanalam.blogspot.com
tanamanalam.blogspot.com

Kuntum bunga tanaman ini ada yang kecil dan ada yang besar. Warnanya pun beragam, mulai dari ungu, kuning, hingga ungu kekuningan. Tanaman alamanda mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi.

Ceguk

bunga ceguk
wikimedia.org

Tanaman yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai peneduh pergola karena pertumbuhannya yang sangat pesat. Ketika musim berbunga tiba, tanaman ini akan semarak dengan bunga berwarna merah jambu.

Mawar Rambat

bunga mawar rambat
tokopedia.net

Memang ada beberapa jenis mawar yang tumbuh merambat. Pada umumnya jenis tanaman mawar yang satu ini memiliki kuntum bunga ynag besar. Warna bunganya pun sangat beragam, mulai dari kuning, merah, putih, hingga perpaduan warna merah dan kuning muda.

Mandevila

bunga mandevila
wikimedia.org

Warna bunga yang sering dijumpai adalah berwarna putih dan merah muda. Karena tanaman mandevila mampu tumbuh tinggi, tanaman ini cocok dirambatkan pada besi.

Nona Makan Sirih

bunga nona makan sirih
https://c1.staticflickr.com/

Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik hingga ketinggian 4 meter. Oleh karena itu tanaman ini lebih sering dirambatkan pada pergola.

Melati Kumis

bunga melati kumis
nungkinuaridewi96.wordpress.com

Keunikan dari tanaman ynag satu ini adalah memiliki helaian yang cukup panjang pada bagian ujung mahkota bunganya. Oleh karena itu, tanaman ini pun disebut sebagai melati kumis.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tanaman rambat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar