Kenali Tanda-Tanda Keguguran Serta Penyebabnya

Kematian pada janin atau yang sering disebut dengan keguguran adalah peristiwa yang tidak ingin dialami oleh semua pasangan. Namun terkadang karena aktifitas ataupun dengan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan sehingga terjadi keguguran.

Keguguran ini biasannya terjadi saat kandungan berusia kurang dari 20 minggu. Tanda yang paling sering muncul pada saat terjadi keguguran adalah munculnya pendarahan dan nyeri yang teramat sangat pada perut bagian bawah.

spyr.is
spyr.is

Beberapa tanda-tanda keguguran yang perlu diketahui oleh semua ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terjadinya pendarahan
    Pendarahan ini umumnya terjadi pada awal keguguran dan berakir dengan luruhnya janin, kasus pendarahan ini terjadi pada 4 dari 10 kasus yang terjadi. Namun jika pendarahan ini dapat ditolong sesegera mungkin maka keguguran masih dapat dicegah.
  2. Nyeri yang berlebih pada perut bagian bawah
    Selain nyeri berlebih pada bagian punggung dan panggul. Bagian yang akan lebih terasa adalah perut bagian bawah dan biasanya akan menyebabkan depresi dan menyebabkan sakit kepala.
  3. Keluar cairan vagina
    Cairan yang dimaksud adalah gumpalan emberio yang luruh dari rahim, namun untuk memastikan kondisi janinnya telah luruh ada baiknya datang ke dokter untuk menanalisis kondisi janin.
  4. Menurunnya gerakan bayi
    Gerakan bayi dalam rahim biasanya dirasakan secara aktif pada saat bayi berusia lebih dari 20 minggu, namun jika pada usia tersebut bayi yang biasanya bergerak aktif akan berkurang dan cenderung tidak melakukan kegiatan pergerakan.

Tanda-tanda keguguran diatas akan meningkat seiring beberapa faktor yang biasanya ibu alami, dibawah ini faktor-faktor penyebab gugurnya janin :

  1. Usia ibu yang terlalu tua
  2. Ibu yang mengonsumsi rokok, narkoba dan alkohol berlebih
  3. Janin yang tekena radiasi
  4. Terjadinya trauma fisik pada rahim karena sang ibu terjatuh atau rahim mengalami tekanan.
  5. Berat badan ibu yang tidak seimbang, terlalu kurus atau bahkan terjadinya obesitas pada ibu

Berolahraga dan menjalani hidup secara seimbang dapat menjauhkan kamu dari segala macam resiko keguguran.

Tinggalkan komentar