Trik Jitu Cara Menulis Cerpen Rumus

Bagaimana cara menulis cerita yang pendek itu? Jangan Karena cerita  pendek kamu menganggap jika menulis cerpen itu cukup mudah.Tapi tahukah kamu, jika bagian tersulit dari menulis cerpen justru ketika harus menjaga agar cerpen kamu tetap pendek.

Biasanya jika di dalam koran pembuatan cerpen jumlah  kosa kata yang digunakan akan dibatasi misalnya hanya sekitar 900 sampai 1.500 kata saja.

Padahal dalam menulis cerpen harus memiliki awal tengah dan juga akhir serta harus terdiri dari 4 elemen wajib yaitu setting, konflik, resolusi dan karakter seperti yang ada dalam  novel yang memiliki jumlah kata sebanyak 20.000 atau 50.000 kata.

preindo.com
preindo.com

Nah berikut cara menulis cerpen rumus.

  1. Hanya Tentang Satu Episode Dalam Kehidupan.

Hal yang perlu kamu perlu perhatikan adalah saat sebelum  kamu mulai menulis cerpen, sebaiknya kamu  memeriksa ruang lingkup dari ide cerita yang akan kamu tulis.

Jadi jika kamu ingin menulis cerita pendek, kamu hanya perlu menggunakan satu episode penting dalam kehidupan karakter utama yang ada dalam cerpen kamu.

  1. Mengikuti Struktur Cerita Sederhana

Cara menulis novel rumus yang kedua adalah  kamu perlu   mengikuti aturan klasik dari Aristoteles : yaitu awal – tengah – akhir.

  1. Mulai Cerita Sedekat Mungkin Dengan Akhir

Cara menulis cerpen rumus yang ketiga adalah dengan memulai cerita dengan memilih alur yang sedekat mungkin dengan alur akhirnya agar cerpen kamu tidak mengalami kegemukan atau melebihi kapasitas kata yang harus digunakan.

Cara memulai cerita sedekat mungkin dengan akhir sebetulnya cukup mudah yaitu dengan cara kamu pelu mencermati dimana kamu melihat konflik mulai muncul dan  karakter mulai beraksi dalam cerita tersebut mulai mengambil alih alur cerita. Kamu dapat memulai kalimat pertama kamu dari situ. Sehingga alur yang ada dalam cerpen yang akan kamu tulis tidak terlalu panjang.

Itulah tadi pembahasan tentang cara menulis cerpen rumus, semoga bisa bermanfaat bagi kamu, apalagi jika kamu merupakan seorang penulis yang baru mulai menulis cerpen pertamamu.

 

Tinggalkan komentar