28 Gambar Keindahan Kota Jogja

Jogja Istimewa. Baru-baru ini pemerintah Yogyakarta meluncurkan tagline baru yang bunyinya ‘Jogja Istimewa’. Kata istimewa memang patut disandang kota ini. Salah satunya karena kota ini begitu indah.

Ingin tahu seperti apa keindahan Jogja? Ini jawabannya.

 

 Kalibiru, Kulon Progo

Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
mahesawisatajogja.com Kalibiru

Dari atas papan kayu itu, kamu dapat melihat hamparan danau, pepohonan, dan indahnya kenampakan Pegunungan Menoreh.

Cave Tubing Gua Pindul, Gunung Kidul

Gua Pindul di Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
pengenliburan.com

Kamu akan merasakan sensasi penelusuran sungai di dalam gelapnya lorong gua dengan menggunakan ban pelampung sambil menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah.

Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk di Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
picsart.com

Air terjun ini terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau dan selalu mengalir tanpa mengenal musim.

Kaliurang

Kaliurang di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
wisatamu.com

Hamparan hijau di kaki gunung, udara sejuk dan segala paket kemewahan alamnya akan menghilangkan penat dan memberikan kesegaran jiwa dari hiruk pikuknya perkotaan.

Gunung Nglanggeran, Gunung Kidul

Gunung Api Purba Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
leemoe.blogspot.com

Gunung Nglanggeran adalah gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa. Pemandangan berupa sunset dan sunrise yang mempesona serta gemerlap Jogja di malam hari dapat kita lihat di Puncak gunung ini.

Pantai Sundak, Gunung Kidul

Pantai Sundak di desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
fiuzu.com

Bukan hanya ombak, pantai ini menyajikan pasir putih bagi para wisatawan. Konon, kata Sundak merupakan akronim asu (anjing) dan Landak. Menurut kabar yang beredar dulu pernah terjadi perkelahian antara kedua hewan itu di gua karang pantai ini.

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
sidomi.com

Sama dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Pok Tunggal juga berpasir putih. Pantai ini dikelilingi oleh dinding perbukitan dan yang terletak di antara pantai Indrayanti dan Siung.

Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Pantai Indrayanti di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
yukpegi.com

Bukan pesona pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih saja yang dapat kamu nikmati di pantai Indrayanti, tetapi juga terdapat banyak restoran di tepi pantai ini.

Pantai Siung, Gunung Kidul

Pantai Siung di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
ssl.panoramio.com

Terdapat banyak karang raksasa di Pantai Siung. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, sekaligus menjadi tempat yang tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang yang menyerupai siung wanara yang menjadi dasar penamaan pantai.

Pantai Glagah, Kulon Progo

Pantai Glagah di Temon, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
tipsjalan.com

Kamu bisa memancing, bersepeda, menaiki cano di laguna, bermotorcross, atau  sekedar duduk santai di pantai Glagah. Dermaga pantai ini memiliki tetrapod, sang pemecah ombak.

Pantai Jogan, Gunung Kidul

Pantai Jogan di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
berhotel.com

Jika berkunjung ke Pantai Jogan kamu akan melihat air terjun di bibir laut. Sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia. Pantai ini tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunung Kidul di selatan Yogyakarta.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia
flickr.com

Untuk menikmati sunset di pantai Parangtritis kamu bisa sambil bermain-main seperti menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi (delman).

Candi Prambanan, Jl. Raya Jogja – Solo

Candi Prambanan di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia
paradiseintheworld.com

Candi Prambanan merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya langsing dan menjulang setinggi 47 meter. Candi Prambanan melegenda dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Istana Ratu Boko, Prambanan

Istana Ratu Boko di Jalan Raya Jogja-Solo, Prambanan, Yogyakarta, Indonesia
authenticout.com

Istana Ratu Boko adalah kompleks istana megah yang dibangun pada abad ke-8. Bangunan yang bisa dikatakan termegah di jamannya itu dibangun oleh salah satu kerabat pendiri Borobudur. Namun, yang kini dapat kita lihat hanya puing-puing istananya saja. Meskipun demikian, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Keraton Jogja, Yogyakarta

Kraton Jogja di Jl. Rotowijayan 1, Yogyakarta 55133, Indonesia
flickriver.com

Keraton Yogyakarta tidak hanya menjadi tempat tinggal raja, namun juga menjadi penjaga nyala kebudayaan Jawa. Di tempat ini kamu bisa belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya tetap dilestarikan di tengah laju perkembangan dunia.

Museum Affandi, Yogyakarta

Museum Affandi di Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta 55281, Indonesia
corlena.wordpress.com

Museum affandi adalah seluruh bagian dari kehidupan Affandi sebagai maestro seni lukis. Bangunan museum dibangun dengan konsep rumah panggung dengan tiang penyangga utama berbahan beton dan tiang lain berbahan kayu. Atap rumah berbahan sirap yang berbentuk pelepah daun pisang dan bangunannya berbentuk lengkung. Lantai bawah rumah ini kini dipakai sebagai lokasi Kafe Loteng, tempat penjualan makanan dan minuman bagi para pengunjung, sementara lantai atas rumah merupakan kamar pribadi Affandi.

Museum Gunung Api Merapi, Pakem – Sleman

Museum Gunung Api Merapi di Jl. Kaliurang Km.22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
joglowisata.com

Museum Gunung Api Merapi atau MGM terletak di kaki Gunung Merapi. Museum ini berdiri sebagai perekam jejak gunung Merapi. Kenangan dari tiap letusan tersimpan rapi di sana.

Malioboro, Yogyakarta

Jl. Malioboro, Yogyakarta, Indonesia
jogja.semberani.com

Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Sesuai arti namanya, Malioboro menjadi kembang yang pesonanya selalu menarik wisatawan. Malioboro menjadi surga cinderamata di jantung Kota Jogja.

Alun-Alun Kidul, Yogyakarta

Beringin Alun-Alun Kidul di Jl. Alun-Alun Kidul Yogyakarta, Indonesia
sayangi.com

Alun-alun Kidul terletak di belakang Kraton Yogyakarta. Saat malam tiba lapangan ini dipenuhi masyarakat yang mencari hiburan murah. Kerlap-kerlip lampu dari odong-odong yang mengelilingi alun-alun juga menambah kemeriahan.

De Mata Trick Eye, XT Square

De Mata Trick Eye di XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Yogyakarta, Indonesia
visitingjogja.com

De Mata Trick Eye Museum adalah museum tiga dimensi pertama di Indonesia. Kamu dapat mengunjungi banyak tempat dan banyak orang di sana. Mulai dari Tembok Besar Cina hingga jurang magma. Mulai dari Lionel Messi hingga Sri Sultan HB X.

Taman Sari, Yogyakarta

Istana air Taman Sari
karupin666 on deviantart.com

Kamu akan mendapati gemericik air, keindahan arsitektur kuno, dan pemandangan yang menakjubkan di Taman Sari. Ada banyak lorong di sana sehingga menambah kesan misterius namun eksotis.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar di Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, Indonesia
soloraya.com

Kamu akan menemui Koridor Air, ada Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir di Taman Pintar. Tempat ini layak menjadi salah satu alternatif tempat wisata keluarga dan anak-anak.

Bonbin Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka di Jl Kebun Raya 2, Yogyakarta, Indonesia
goresan-lensa.blogspot.com

Gembira Loka adalah kebun binatang di Jogja yang memiliki berbagai wahana permainan. Tentu saja kamu dapat  menyaksikan tingkah aneka satwa di sana bahkan menemukan kadal raksasa, Komodo Dragon.

Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta

Monumen Jogja Kembali di Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta 55581, Indonesia
checkinjogja.com

Untuk mengenang peristiwa sejarah perjuangan bangsa, pada tanggal 29 Juni 1985 dibangun Monumen Yogya Kembali (Monjali). Peristiwa yang dimaksud adalah perjanjian Roem-Royen setelah terjadinya Serangan Umum 1 Maret. Isi perjanjian itu di antaranya Belanda harus menarik pasukannya dari Indonesia, serta memulangkan Presiden dan Wakil Presiden, Soekarno-Hatta dari pengasingan mereka (Sumatera) ke Jogja.

Taman Pelangi Monjali, Yogyakarta

Taman Pelangi Monjali di Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta 55581, Indonesia
yudhabaskoro.blogspot.com

Monjali malam hari kini juga menghadirkan sajian yang baru bernama Taman Pelangi. Kerlap-kerlip serta berbagai wahana bermain seperti Rumah Hantu dapat kamu temukan di sana.

Kampung Kauman, Yogyakarta

Lorong perumahan kampung Kauman
jejakislam.net

Kampung Kauman yang kecil menyimpan pesona yang besar. Mulai dari perpustakaan Mabulir yang merakyat hingga Masjid Agung seluas 13.000 m2. Pesonanya telah melahirkan sejumlah tokoh Islam terpandang di Indonesia seperti K.H. Ahmad Dahlan.

Loji

LOJI Kawasan Indische Pertama di Yogyakarta
rentmotorjogja.blogspot.com

Pasca masa penjajahan, Belanda meninggalkan sejumlah bangunan yang oleh warga Yogyakarta sering disebut loji karena ukurannya yang besar dengan halaman yang luas. Beberapa loji peninggalan itu kini bisa dinikmati keindahannya dengan sedikit biaya, hanya perlu menyusuri kawasan pusat kota Yogyakarta, bermula dari perempatan Kantor Pos Besar atau kilometer 0.

Tugu Jogja

Tugu Jogja di perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.
lintaspos.com

Tugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. Monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Usia tugu ini hampir 3 abad.

6 pemikiran pada “28 Gambar Keindahan Kota Jogja”

  1. Sangat indah sekali.
    Dan sangat bisa dijadikan sarana promosi pariwisata negara tercinta kita.
    Khususnya kota Yogyakarta dan kota atau daerah2 lainnya pada umumnya, masih banyak pojok2 dan pelosok2 menarik yg dapat ditangkap kamera.
    Saya sangat menantikannya.

Tinggalkan komentar