Inilah Manfaat dan Jenis-jenis Buah Naga yang Jarang Orang Ketahui

BUAH NAGA – Tidak banyak orang yang tahu bahwa buah naga merupakan tanaman dari jenis kaktus. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini beberapa tahun belakangan menjadi populer di masyarakat. Saat awal kemunculan buah ini di Indonesia cukup membuat heboh karena bentuk buah yang tidak biasa ditambah dengan harganya yang cukup mahal.

Saat ini buah naga bisa dengan mudah kita dapatkan, buah yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan di supermarket, pasar tradisional sampai toko pinggir jalan. Buah naga yang ada di Indonesia biasanya buah naga merah dan buah naga putih.

Tapi tahukah kamu bahwa buah naga memiliki jenis yang beragam? Berikut adalah beberapa jenis buah naga beserta dengan kandungan gizi dan manfaat buah naga yang banyak untuk tubuh kita.

 

Buah Naga Putih

.

thetafari.com
thetafari.com

Jenis buah naga putih merupakan varietas yang paling sering ditemui. Buah naga jenis ini merupakan jenis buah yang paling mudah untuk dibudidayakan, bahkan hanya dengan menggunakan media pot tanaman saja buah naga putih sudah bisa tumbuh subur.

Bila dilihat sekilas buah naga putih memiliki warna kulit merah cerah dengan ujung sisik berwarna kehijauan. Buah ini memiliki rasa asam dan sedikit manis, cocok untuk diolah menjadi es buah atau salad buah.

Buah Naga Merah

Kandungan Asam Folat pada Buah Naga Baik untuk Ibu Hamil
dokterkamu.com

Sekilas tampilan buah naga merah hampir sama dengan buah naga putih, hanya saja buah naga merah warna kulitnya lebih merah pekat. Bagian daging buah naga merah memiliki warna merah marun. Buah naga jenis ini memiliki tekstur daging buah yang lebih berair dibandingkan dengan buah naga putih.

Rasa buah naga merah lebih manis dan harga yang ditawarkan juga cukup mahal, yakni dua kali lipat dari harga buah naga putih. Rasa manis dari buah naga merah sangat cocok untuk disantap langsung atau diolah menjadi smoothie atau jus buah. Ada beberapa khasiat buah naga merah yang akan kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengurangi resiko diabetes melitus.

Buah Naga Kuning

Buah Naga Kuning
alicdn.com

Jenis buah naga yang satu ini terlihat berbeda dengan kedua buah naga sebelumnya. Buah naga ini memiliki warna kuning cerah pada bagian kulit dan bagian buah memiliki warna putih cerah.

Ukuran buah naga kuning bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga jenis lain. Keberadaan buah naga kuning di Indonesia masih cukup langka, hanya beberapa pasar swalayan modern yang menyediakan buah ini dan harga yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Buah Naga Hitam

Buah Naga Hitam
sabisafarmipb.com

Buah naga hitam mungkin masih terasa asing di Indonesia karena memang belum banyak masyarakat yang mengetahui adanya buah ini. Hal itu cukup wajar, karena budidaya buah naga hitam belum lama dan keberadaannya masih sangat terbatas.

Sesuai dengan namanya daging buah naga hitam berwarna hitam pekat. Warna hitam pekat pada daging buah ini berasal dari pupuk alami yang bernama black natural. Pupuk alami ini bisa meningkatkan kandungan betakaroten pada buah naga sehingga membuat warna dagingnya berubah menjadi hitam pekat.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

pixabay.com
pixabay.com

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang satu ini ternyata kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung pada buah naga tidak hanya pada daging buah saja tetapi juga pada kulit buah naga juga memiliki banyak manfaat. Dalam satu buah naga biasanya mengandung berbagai nutrisi seperti Mineral, serat, protein, fosfor, magnesium, kalsium, vitamin C, zat besi dan masih banyak nutrisi lainnya.

 

Buah naga merupakan salah satu buah yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di buah naga juga beraneka ragam. Mulai dari protein, vitamin, serat, dan mineral.

Secara sederhananya dalam 100 gram buah naga, memiliki kandungan gizi dengan penjelasan sebagai berikut :

  • Air sebanyak 87 gram
  • Thiamine atau vitamin B1 sebesar 0,04 miligram
  • Riboflavin atau vitamin B12 sebesar 0,05 miligram
  • Niasin atau vitamin B3 sebesar 0,16 gram
  • Asam askorbat atau vitamin C sebesar 9,4 miligram
  • Protein sebesar  1,1 gram
  • Serat sebesar 0,71 gram
  • Kalsium sebesar 134,5 miligram
  • Karbohidrat sebesar 87 miligram
  • Zat besi sebesar 0,65 gram

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah naga, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. Silahkan di simak dan semoga dapat menambah wawasan kamu mengenai manfaat mengkonsumsi buah naga.

Kandungan Vitamin yang Tingggi Pada Buah Naga

Vitamin B1 adalah vitamin yang dikenal dengan sebutan thiamine. Vitamin B1 ini terkandung di dalam buah naga dalam jumlah yang cukup banyak. Karena kandungan vitamin B1 ini terdapat dalam buah naga, maka orang yang mengkonsumsi buah naga tidak akan menambah kolestrol di dalam tubuhnya. Itu dikarenakan karbohidrat dapat segera diubah menjadi energi bukan lemak.

Vitamin B12, merupakan salah satu vitamin yang terdapat di dalam buah naga dengan jumlah yang cukup banyak. Vitamin B12 juga dikenal dengan sebutan riboflavin yang mempunyai manfaat dalam mendukung kerja sistem saraf dan sistem pembentuk DNA dalam tubuh manusia. Selain itu, riboflavin juga mempunyai fungsi yang penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah yang terdapat dalam tubuh manusia.

Vitamin B3 merupakan vitamin yang dikenal dengan sebutan niasin. Vitamin B3 mempunyai banyak manfaat, diantaranya untuk mengikat kolestrol jahat dan mengurangi menumpuknya kolestrol yang terdapat di dalam tubuh manusia. Sehingga buah naga merupakan solusi yang sangat ampuh untuk para penderita kolestrol.

Vitamin C merupakan vitamin yang terdapat di dalam buah naga dengan kadar yang sangat tinggi. Jika rutin mengkonsumsi buah naga, maka keperluan tubuh akan vitamin C dapat terpenuhi dalam satu kali konsumsi saja perharinya. Sehingga buah naga dapat dipercaya menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk di konsumsi harian.

Kandungan Protein yang Tinggi Pada Buah Naga

Protein diketahui sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk mendukung proses metabolisme. Buah naga merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan protein yang sangat luarbiasa.
Bahkan jika kamu mengkonsumsi buah naga, maka kandungan nutrisi dalam tubuh kamu sudah tercukupi terutama untuk kebutuhan protein. Protein juga merupakan salah satu kandungan buah naga yang menjadi alasan utama kenapa buah naga banyak di konsumsi masyarakat.
Buah naga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat luarbiasa dan dalam jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu, buah naga menjadi buah yang sangat populer dalam kalangan masyarakat/ Semakin banyak pula orang-orang yang menjadikan buah naga sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan mereka.
Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah naga ? berikut daftar dan penjelasan lengkap tentang manfaat yang bisa di dapatkan ketika mengkonsumsi buah naga. Semoga dapat bermanfaat dan berguna sebagai informasi yang dapat menambah wawasan kamu.

Cara Memilih Buah Naga Matang

Memilih Buah Naga
photobucket.com

Setelah mengetahui jenis dan kandungan gizi buah naga saat untuk menikmati kelezatan dari buah naga. Tapi sebelum membelinya sebaiknya kamu harus tahu bagaimana ciri-ciri buah naga yang segar dan sudah matang. Buah naga dengan tingkat kematangan yang pas akan memiliki rasa dan tektur yang lembut.

Cara memilih buah naga yang sudah masak bisa dilakukan dengan cara menekan permukaan kulit buah naga. Bila kulit buah naga bisa segera kembali ke bentuk semula itu berarti buah naga sudah matang. Jangan memilih buah naga yang memiliki tekstur kulit keras, karena hal itu menandakan buah tersebut masih memerlukan waktu untuk mencapai tingkat kematangan.

Manfaat Buah Naga

Dapat Mencegah Kanker

rohaminaherba.com
rohaminaherba.com

Buah naga, kandungan yang di milikinya kaya akan antioksidan tinggi, yakni unsur phytoalbumin yang bisa membantu pembentukan jaringan yang dapat menangkal radikal bebas karsinogenik yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, buah yang satu ini juga kaya akan serat alami, diantaranya ada fosfor, kalsium, dan vitamin C dan B2, serta beberapa unsur zat yang dapat membantu untuk mengeluarkan racun logam dari dalam tubuh, yang beberapa di antara racun-racun tersebut dapat menyebabkan sel-sel kanker.

Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

inewbiee.com
inewbiee.com

Untuk kamu yang sudah mencoba berbagai hal, mulai dari metode sampai makanan yang bisa menurunkan berat badan, tetapi masih belum menghasilkan dampak yang memuaskan, ada baiknya saran kita adalah mulailah untuk menyiapkan buah naga di dalam kamu.

Nah, salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan cara memperbaiki pola hidup sehat dan mencukupi kebutuhan perut sesuai dengan takaran dan makanan yang kaya akan serat, rendah kalori, dan makanan yang tidak membuat perut menjadi lebih melar, contohnya adalah junkfood.

Dengan cara mengkonsumsi buah naga, tentunya kamu akan menambah kemungkinan kamu supaya lebih malksimal dalam program diet yang kamu jalankan.

Kenapa? Karena buah yang satu ini memiliki kandungan serat alami yang tinggi, serta juga mengandung banyak sekali unsur air yang dapat membuat pencernaan kamu menjadi lancar loh.

Memiliki Sumber Antioksidan Alami yang Tinggi

youtube.com
youtube.com

Manfaat dari antioksidan, salah satunya adalah sebagai sebuah sarana uang baik untuk mengurangi dampak dari radikal bebas yang ada pada tubuh kita.

Apalagi, untuk zaman sekarang ini yang segalanya sudah serba modern,  menjadikan udara jadi terkontaminasi oleh radikal bebas, dan dampaknya menjadi lebih kotor.

Nah, untuk menyeimbangkan hal tersebut, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah yang satu  ini, yang mana setidaknya dapat membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui hati, atau yang biasa disebut juga dengan detoksifikasi.

Kenapa dengan cara mengkonsumsi buah naga dapat membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh? Yap, jawabannya tidak lain adalah karena buah naga memiliki antioksidan alami yang tinggi, sehingga mampu untuk menetralisir dampak buruk dari lingkungan yang ada di sekitar kita.

Menigkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

500px.com
500px.com

Buat kamu yang suka, atau kerap melakukan aktifitas-aktifitas yang ekstrim, sudah pasti membutuhkan kekuatan serta kebugaran tubuh yang ekstrim juga bukan?

Apalagi kalau kamu memang suka melakukan kegiatan ekstrim. Tanpa kebugaran tubuh yang kuat, sudah bisa dipastikan kamu tak akan bisa melakukan apa yang kamu sukai.

Walaupun sekiranya hanya terkena lingkungan yang tidak terlalu ekstrim, kalau kekebalan tubuhnya tidak kuat, alhasil kamu jadi lebih rentang terserang penyakit.

Nah, salahs atu manfaat buah naga yang paling berkhasiat adalah, berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Karena, dengan kandungan antioksidan alami yang dimilikinya sangat besar, maka dampaknya juga akan sebanding lurus dengan sistem kekebalan tubuh kamu. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Mencegah Penuaan Dini

hariangadis.com
hariangadis.com

Perkemabngan teknologi dan komunikasi memang sangat berdampak baik untuk manusia.

Tetapi seiring berkemabngnya zaman, bumi kita yang kita tempati saat ini juga semakin kotor akibat dampak dari polusi yang banyak disebabkan oleh efek teknologi.

Alahasil, lingkungan dan udara di sekitar kita menjadi jauh lebih kotor apabila dibandingkan dengan zaman dahulu.

Nah, dampaknya kalau kita sering menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh polusi, maka kita juga jauh lebih berpotensi terkena dampak penuaan dini yang jauh cepat dari yang seharusnya.

Solusinya adalah, mencoba sebisa mungkin untuk menerapkan pola hidup sehat pada diri sendiri maupun keluarga.

Selain itu, kamu juga memerlukan zat antioksidan alami yang dapat mengurangi, atau bahkan mencegah dampak dari penuaan dini ini, cara untuk mendapatkannya adalah melalu buah naga, karena buah yang satu ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi.

Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol

Buah naga merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan subur pada daerah tropis maka tidak heran jika tanaman buah naga dapat berkembang biak dengan sangat baik di Indonesia.

Cara menanamnya pun tidak sulit, anda dapat menanam tanaman buah naga ini pada halaman depan rumah sebagai hiasan juga sekaligus untuk mendapatkan buah naga secara gratis tanpa harus membelinya.

Tahukah kamu biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang dapat bermanfaat untuk mengikat kolesterol yang ada di dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk anda yang memiliki masalah kolesterol yang tinggi.

Dalam buah naga di tiap per 100 gram daging buah naga mengandung serat mencapai yang mencapai 0,7-0,9 gram dan ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu (yang merupakan produk akhir kolesterol) yang kemudian dikeluarkan bersama dengan tinja.

Maka dari itu semakin banyak kita mengkonsumsi serat, maka semakin banyak juga asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

Serat yang ada pada buah naga yang sangat tinggi bagus untuk pencernaan serta menjaga keseimbangan dalam tubuh kita.

Jadi tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang Anda memasukkan buah naga kedalam menu harian Anda.

Manfaat Buah Naga Untuk Meningkatkan Sel Darah Merah

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dalam darah atau sel darah merahnya memiliki konsentrasi yang rendah.

Fungsi dari Hemoglobin ini sendiri adalah sebagai penyalur oksigen ke berbagai bagian tubuh, protein yang berada dalam sel darah merah sendiri harus berada pada kadar atau level yang cukup jika anda tidak ingin terkena anemia.

Ada beberapa macam anemia yang disebabkan oleh beberapa alasan dan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu

Kehilangan darah

Kerusakan sel darah (Hemolisis anemia)

Kekurangan produksi sel darah merah

Buah naga atau yang dikelan juga sebagai Pitaya di beberapa wilayah asia ternyata memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Buah naga ini memiliki warna yang mencoloh dan terang, sedang kandungan vitamin A yang yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata terdapat dalam buah ini.

Vitamin A sendiri selain dapat berfungsi sebagai kesehatan mata juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Vitamin A dalam buah naga juga dapat membantu untuk menyalurkan zat besi untuk dimasukkan kedalam hemoglobinsebagai pigman yang akan mengangkut oksigen.

Zat besi yang berada dalam buah naga juga bekerja sebagai perawat struktur dan fungsi sel darah merah.

Zat besi merupakan komponen dalam membentuk hemoglobin yang sangat ppenting untuk menyalurkan dan menyimpan oksigen.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Usus

Organ dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting adalah usus, fungsi usus sendiri banyak sekali mulai dari memproses makanan masuk yang datang melalui mulut, membantu proses pencernaan makanan sampai proses pembuangan akhir.

Dalam usus sendiri banyak sekali bakteri yang tumbuh, ada bakteri yang baik dan bakteri yang buruk, dengan mengetahui fakta yang demikian tentu kita menjadi sadar akan pentingnya menjaga kesehatan usus kita.

Banyak sekali cara menjaga kesehatan usus mulai dari konsumsi vitamin atau beberapa obat-obatan, namun saya pribadi lebih menganjurkan untuk melakukan dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah.

Yaitu dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur.

Salah satu manfaat buah naga yang tak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan usus kita, manfaat ini tentunya sangat berguna karena usus merupakan bagian organ dalam manusia yang memiliki peranan penting dalam tubuh.

Kandungan vitamin B1 dalam buah naga dapat menjaga kesehatan usus, selain itu buah naga juga mengandung banyak serat sehingga ini sangat bagus juga untuk usus.

Jika anda memiliki masalah pencernaan anda dapat membuat minuman dari buah naga, anda dapat membuat jus buah naga yang segar.

Kandungan Vitamin B1 dan juga serat yang tinggi dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan anda, sehingga masalah pada organ pencernaan bisa teratasi, minum jus buah naga rutin setiap hari juga bagus untuk selalu menjaga kesehatan usus anda.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Jantung

Didalam nama buah naga yang unik ternyata buah naga ini memiliki kandunga zat yang sangat baik untuk jantung. Buah ini memang banyak manfaat bagi yang mengkonsumsinya palagi dimakan oleh ibu hamil.

Buah naga di percaya ampuh untuk memberikan khasiat mencegah dan mengurangi resiko penyakit berbahaya salah satunya seperti penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung vitamin C, B1, serat, asam folat, dan karoten.

Dengan adanya zat itu mampu mengeruk sel  kanker, dan  akan member nutrisi yang banyak pada jantung. Sehingga jantung akan terhindar dari serangan penyakit jantung yang mematikan. Maka dari itu kita mengantisipasi penyakit jantung dengan mengkonsumsi buh naga secara teratur dirumah.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan kandungan gizinya juga sangat baik bagi tubuh kita. Oleh karena itu mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Selain hanya memakan buah naga kita juga harus rutin akan berolahraga secara teratur.

Otot

 

Buah naga merupakan buah yang terasa manis dan mampu membuat pemakannya kenyang namun tidak menggemukkan badan. Tida adanya karbohidrat komplek pada buah naga dapat membuatnya menjadi lebih mudah untuk di cerna oleh tubuh.

Maka dari itu buah naga ini sangat baik untuk para olahragawan yang mencari makanan energy tanpa lemak. Dan juga buah naga sangat baik oleh orang-orang yang sedang melakukan program diet.

Di dalam buah naga dengan berat sekitar 200 gram terdapat kandungan nutrisi makro, 2 gram protein dan 0,4 gram lemak. 14 gram karbohidrat tidak kompleks yang terutama dari glukosa dan fruktosa.

Tidak hanya itu saja buah naga dapat mencukupi 8 persen kebutuhan zat besi harian yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah yang menghasilkan oksigen ke dalam seluruh tubuh. Juga mencakup 15 persen asupan vitamin c harian yang berperan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu vitamin C pada buah naga mamopu memproduksi kolagen untuk menyembuhkan suatu luka pada tubuh. 10% buah naga juga terkandung potassium harian yag dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi jantung, otot, sarafc, dan pencernaan. Selain itu juga mengandung 9gram kalsium untuk menjaga keehatan gigi dan tulang.

Di dalam buah naga juga tidak menganndung kolestrol, lemak trans, maupun lemak jenuh. Sehingga sangat baik untuk pembentukan tubuh yang baik.

Racun

Tubuh manusia untuk setiap harinya pasti terpapar racun didalamnya, dan itu tentu sangat berbahaya apabila di biarkan untuk mengendap. Racun itu sering kali terbawa ke dalam tubh kita melalui perantara makanan tertentu yang kita konsumsi.

Biasanya racun yang berbahaya yang dapat merasuki tubuh kita adalah racun  arsenic, merkuri, dan lain-lainnya. Dan pastinya racun itu akan menimbulkan penyakit kanker yang sangat membahayakan.

Namun ternyata apabila kita rajin secara rutin untuk mengkonsumsi buah naga tersebut dapat menetralisirkan racun yang berada di dalam tubuh kita. Antioksidan yang tinggi yang berada di dalam kandungan buah naga bisa membantu dalam proses pengeluaran racun dalam tubuh.

Sehingga kesehatan kita tetap dapat terjaga dengan mengkonsumsi buah naga ini, selain itu kita juga harus rutin olahraga untuk mengeluarkan racun melalui kringat. Karena kringat akan keluar melalui kringat kita yang di hasilkan dari aktivitas fisik yang agak berat.

Mencegah Diabetes Melitus

 

Saat ini banyak sekali orang di dunia yang terkena penyakit diabetes melitus, penyakit ini memang salah satu penyakit yang cukup berbahaya, jadi sangat erlu untuk diperhatikan jika mengalami penyakit diabetes melitus ini. Banyak sekali sebab yag menimbulkan penyakit diabetes melitus diantaranya buruknya pola hidup dan makan makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Nah buah naga ini bisa memusnahkan sel-sel yang tidak baik yang dihasilkan dari pola hidup yang kurang sehat yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Oleh sebab itu penyakit diabetes melitus pun bisa di cegah dengan mengkonsumsi buah ini. Untuk mendapatkan buah naga saat ini terbilang sangat mudah, karen  hampir di setiap pedagang buah pasti menjual buah naga ini.

Asma

Asma merupaan salah satu jenis penyakit yang kronis dan bisa berjangka panjang yang terjadi di saluran pernapasan manusia. Biasanya tandanya terjadi peradangan serta penyempitan di bagian sistem pernapasan sehingga mengakibatkan dada terasa sesak sehingga sulit untuk bernafasMungkin untuk sebagain orang batuk merupakan penyakit yang kecil, tapi tidak semua orang merasakan seperti itu, banyak orang yang karena batuk bisa mengakibatkan terjadinya sesak nafas yang sangat mengganggu. Apalagi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit asma. Buah naga ini ternyata bisa membantu untuk mengatasi menyembuhkan batuk dan juga asma yang mengganggu sistem pernafasan sehingga bisa meringankan penyakit batuk dan juga asma yang diderita. Oleh sebab itu, bagi orang yang memiliki penyakit asma sangat dianjurkan untuk memakan buah naga.

Tulang

 

Tulang merupakan bagian yang sangaat penting bagi bagi manusia. Penyakit yang biasanya terjadi ada tulang seperti osteoporosis, osteoporosisi ini kerapuhan dan mudah atahnya tulang yang disebabkan karena kekurangannya kalsium pada tulang. Kita harus menjaga agar tulang kita tetap sehat dan juga kuat. Banyak cara untuk menjaga kesehatan pada tulang kita, diataranya bisa dengan berolahraga secara rutin. Mengandung berbagai macam mineral seperti zat besi, fosfor, dan juga kalsium yang tinggi, buah naga menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tulang agar tulang selalu sehat dan juga kuat.

Buah Naga Dapat Memperpanjang Umur

Pasti semua orang ingin umurnya panjang. Banyak sekali pernyataan dan cara-cara agar umur bisa panjang. Buah naga juga memiliki khasiat untuk memperpanjang umur manusia karena di dalam buah naga terkandung banyak serat yag bermanfaat untuk manusia. Ada penelitian yang mengatakan bahwasannya dengan kita banyak memakan makanan yang tinggi atau banyak serat dan dilakukan dengan rutin maka umur kita bisa panjang selama 9 tahun dariada orang lain.

Menjaga Kesehatan Pada Gigi

 

Untuk mendapatkan kesehatan untuk gigi bisa dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan juga zat besi yang ada di dalam tubuh manusia. Buah naga mengandung banak sekali zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk merawat kesehatan pada gigi manusia. oleh sebab itu, makanlah buah naga dengan rutin untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap terjaga. Dengan gigi yang sehat anda pun akan nyaman ketika makan dan senyuman anda pun akan terlihat sempurna.

Menghilangkan Jerawat


Masalah yang satu ini biasanya banyak di alami oleh anak muda yang sedang puber. Ya Jerawat bisa sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan ketidak percayaan diri. Di dalam buah naga ternyata juga mengandung banyak vitamin. Salah satu vitamin yang ada di buah naga berfungsi untuk menjaga kesehatan pada kulit. Jerawat juga bisa dihilangkan dengan buah naga. Caranya sangatlah muda anda cuma tinggal beli buah naga kupas dan dibuat masker wajah.

Menambah Nafsu Makan

menambah-nafsu-makan
www.familyfoodworks.com.au

Selain menagndung vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin B1 dan B2 yang berguna untuk menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak. Vitamin B1 da B2 ini sudah lama diandalkan dalam dunia pengobatan sebagai penambah nafsu makan, khususnya ketika masa penyembuhan dari penyakit.

Kalau anggota keluarga kamu ada yang nafsu makannya kurang, bisa coba untuk mengkonsumsi buah naga. Buah naga ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, dibuat jus, dimakan langsung atau dibuat es buah. Kamu bisa mengkombinasikannya sesuai selera. Akan lebih baik kalau buah naga ini dikonsumsi setiap hari.

Semua jenis buah naga bagus untuk meningkatkan nafsu makan. Baik buah naga merah, buah naga putih, buah naga kuning atau buah naga hitam.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

menurunkan-tekanan-darah-tinggi
http://bloodpressuresolution.com/

Darah tinggi merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah dalam pembuluh arteri. Keadaan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih ekstra untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dikelompokkan menjadi dua, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder.

Darah tinggi (hipertensi) termasuk penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Penyakit ini sangat ditakuti karena bisa menyerang siapa saja, bahkan orang yang sudah menjaga kesehatannya bisa terkena penyakit ini.

Setidaknya ada dua faktor utama yang bisa menyebabkan seseorang terserang darah tinggi, yaitu stress dan penumbatan pembuluh arteri.

Kalau sudah terkena hipertensi, biasanya seseorang akan mengalami gejala vertigo, pusing, sakit kepala di bagian belakang kepala, telinga berdengung, gangguang penglihatan dan sering mengalami pingsan.

Penyakit hipertensi ini bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah naga. Manfaat ini didapatkan karena buah naga mengandung zat gizi da stimulan yang berguna untuk melancarkan pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi biasanya terjadi karena seseorang kurang menjaga kesehatan tubuhnya, sehingga menyebabkan banyaknya timbunan lemak yang dapat mempersempit pembuluh darah. Apalagi kalau pola makannya tidak sehat, seperti banyak mengkonsumsi makanan yang berpotensi mendatangkan lemak berlebih.

Untuk itu selain mengkonsumsi buah naga, cara yang paling ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah rutin berolahraga. Buah naga atau pun makanan penurun hipertensi tidak akan berpengaruh banyak jika tidak dibarengi dengan pola hidup sehat.

Membantu Pembentukan Trombin dan Protrombin

pembentukan-trombin-dan-protrombin
http://weknowyourdreams.com/

Buah naga termasuk buah dengan kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Manfaat fosfor dan kalsium ini tentu sudah diketahui secara luas. Salah satunya sebagai katalisator untuk membantu pembentukan trombin dan protombin dalam darah.

 

Sebagai Penambah Tenaga

buah-naga-sebagai-penambah-tenaa
www.sport-egger.com

Buah naga mengandung vitamin B (thiamine) yang cukup banyak. Vitamin ini berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Bila dikonsumsi secara teratur, tentu saja buah naga akan menghasilkan energi bagi pemakannya.

Membantu Melancarkan Pencernaan pada Balita

melancarkan-pencernaan-pada-balita
www.seriouseats.com

Selain berguna untuk orang dewasa, manfaat buah naga juga bisa dirasakan oleh balita. Anak usia balita biasanya sering mengalami gangguang pencernaan.

Untuk balita yang mengalami gangguan pencernaan tersebut, kamu bisa memberikan buah naga sebagai pendamping makanan.

Kalau anak belum tumbuh giginya, bisa diberikan dengan cara dijus atau melembutkannya terlebih dahulu. Kalau hanya untuk melancarkan pencernaan, sebaiknya tidak dicampur dengan buah lain. Buah naga saja sudah cukup untuk mengatasi masalah pencernaannya.

Membantu Melembabkan Kulit

melambabkan-kulit
www.amoils.com

Kulit kita membutuhkan vitamin yang tinggi agar tetap lembab dan tidak kering. Vitamin yang diperlukan kulit tersebut sudah tersedia di dalam buah naga. Sehingga kamu cukup mengkonsumsi buah ini jika menginginkan kulit lembab dan tidak kering.

 

Satu pemikiran pada “Inilah Manfaat dan Jenis-jenis Buah Naga yang Jarang Orang Ketahui”

  1. Satu lagi yang sangat saya suka dari buah naga adalah khasiat Anti Aging. Disamping itu kandungan antioksidan-nya yang tinggi guna menangkal radikal bebas.
    Trims buat admin yang sudah sharing informasi yang bermanfaat ini

Tinggalkan komentar