Daftar Makanan yang Paling Pas Disantap Saat Musim Hujan

Saat musim hujan tiba biasanya nafsu makan akan meningkat dikarenakan suhu dingin yang membuat kita selalu merasa lapar. Apa lagi suasana yang menenangkan saat turun hujan paling enak jika dinikmati dengan makanan-makanan yang membangkitkan selera. Tentu setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menikmati suasana hujan seperti ini. Ada yang sedia telur dan mie instan untuk direbus saat hujan mulai turun, ada yang menikmati segelas susu hangat sambil mendengarkan musik kesukaaan. Apapun itu, yang pasti musim hujan tidak lengkap rasanya tanpa ditemani makanan favorit. Berikut daftar makanan yang paling pas disantap saat turun hujan.

Mie Kuah Pedas

ask.fm
ask.fm

Mie instan adalah makanan yang sederhana, praktis dan sangat mudah membuatnya sendiri di rumah. Siapapun pasti suka makan mie instan dengan kuah yang pedas ditambah telur dan sayuran, terutama kalian anak kost yang serba instan. Namun meski enak dan murah, mie instan tidak baik jika di konsumsi terlalu sering. Karena bumbu yang digunakan mengandung penyedap rasa terlalu banyak. Batasi makan mie instan sebulan sekali atau dua minggu sekali.

Bakso

indostyles.com
indostyles.com

Bakso merupakan salah satu makanan favorit orang indonesia. Saat musim hujan tiba biasanya kedai-kedai penjual makanan berkuah hangat ini akan penuh sesak dengan pengunjung. Kamu juga bisa membuat bakso sederhana sendiri. Bakso terbuat dari daging sapi yang digiling kemudian ditambah dengan tepung dan bumbu yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Biasanya bakso akan dihidangkan dengan mie atau bihun ditambah kuah hangat dengan taburan seledri dan bawang goreng di atasnya.

Jagung Rebus atau Jagung Bakar

latino.foxnews.com
latino.foxnews.com

Jagung merupakan makanan murah meriah yang rasanya enak. Jagung bisanya paling sering diolah dengan cara direbus atau dibakar. Untuk jagung yang dibakar, lebih baik menggunakan jagung yang masih muda, yaitu yang tidak terlalu keras. Jagung ini paling enak dinikmati saat turun hujan ketika masih hangat. Jagung sarat akan serat, vitamin B kompleks, dan antioksidan.

Wedang Ronde

blogspot.com
blogspot.com

Wedang ronde merupakan minuman berkhasiat yang sering dinikmati oleh masyarakat Tionghoa untuk acara-acara tertentu seperti jamuan makan, upacara keagamaan dan lain sebagainya. Namun kini wedang ronde banyak disukai oleh masyarakat asli Indonesia karena minuman ini rasanya cukup enak dan berkhasiat menghangatkan tubuh saat musim dingin atau musim penghujan tiba sehingga sangat pas dinikmati saat turn hujan.

Banyak penjual-penjual wedang ronde di pinggir jalan yang menjajakan minuman penghangat badan ini. Wedang ronde terbuat dari tepung ketan, kacang tanah, kolang-kaling, dan air jahe yang ditambah dengan sedikit gula.

Wedang Jahe

blogspot.com
blogspot.com

Wedang jahe adalah minuman yang dikenal berkhasiat untuk menghangatkan badan. Minuman ini dibuat dengan bahan dasar jahe. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya ambil jahe secukupnya, bilas dengan air bersih, tumbuk-tumbuk, kemudian masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas.

Kamu bisa menambahkan gula agar rasanya menjadi manis dan tidak terlalu pedas, namun wedang jahe tanpa gula lebih baik untuk menghangatkan badan, menghilangkan kembung dan masuk angin. Jahe merupakan tanaman obat yang berfungsi sebagai antibiotik, anti inflamasi dan anti bakteri.

Susu Hangat

bandt.com.au
bandt.com.au

Selain wedang jahe, minuman yang pas untuk dinikmati saat turun hujan adalah susu hangat. Selain manfaat susu yang sangat banyak dan rasanya yang gurih dan manis membuat susu menjadi minuman yang sering diburu saat musim hujan. selain itu susu juga dapat mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun selama musim penghujan. Karena susu merupakan sumber kalsium dan protein yang mengandung fosfor, vitamin, kalium, magnesium, dan seng yang bermanfaat bagi tubuh.

Coklat Panas

easyholidaytreats.com
easyholidaytreats.com

Coklat panas merupakan minuman yang sangat nikmat, apalagi jika diminum saat musim hujan yang bersuhu dingin. Biasanya kalau musim hujan kamu akan menjadi malas melakukan aktivitas dan sering badmood. Coklat bermanfaat untuk meningkatkan mood kamu, menurunkan tekanan darah, anti depresan dan mengurangi risiko serangan jantung, sehingga kamu akan tetap produktif walaupun saat musim hujan.

Kopi

enkivillage.com
enkivillage.com

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Rasanya yang pahit memberikan sensasi tersendiri saat menikmatinya. Kopi paling pas dinikmati saat udara dingin seperti saat musim penghujan. Kopi memiliki beragam manfaat antara lain meningkatkan energi, menurunkan risiko diabetes, dan merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Sehingga kopi merupakan minuman yang paling pas untuk menemanimu saat udara dingin dan turun hujan.

Satu pemikiran pada “Daftar Makanan yang Paling Pas Disantap Saat Musim Hujan”

Tinggalkan komentar