8 Menu Praktis yang Sehat Untuk Sarapan Pagi

Hai pembaca satujam.com, bagaimana kabarnya? Kita mau tanya, pernah tidak kamu nggak sarapan karena berbagai alasan? Bisa karena memang males, nggak sempat, buru-buru, nggak nafsu makan dan lainnya. Nah, sarapan sebaiknya harus kita lakukan sebelum melakukan aktifitas lainnya. Sarapan itu ibarat sumber energi awal untuk kita beraktifitas seharian.

Hari ini kita mau share menu-menu sarapan yang praktis dan sehat untuk mengawali hari kamu. Semoga bermanfaat dan selamat membaca ya. 🙂

 

Omelet

eggbeaters.com
eggbeaters.com

Omelet adalah  makanan dari telur yang diisi dengan berbagai macam sayuran atau bahan lainnya. Isilah omelet kamu dengan sayuran seperti brokoli, bawang bombai, bayam atau sayur lain sesuai selera. Jika suka, tambahkan juga “aksesoris” lain seperti sosis dan tomat. Ada juga yang menyarankan agar omelet dibuat dengan putih telur saja. Namun itu terserah ke kamu mau dicampur dengan kuning telur atau tidak. Karena berbahan dasar telur, omelet mengandung protein yang akan membuat  gula darah  kamu stabil sehingga bisa beraktifitas dengan baik.

Sandwich

globe-views.com
globe-views.com

Sandwich cukup praktis untuk dijadikan sarapan. Selain itu sandwich juga sehat karena terdiri dari bahan-bahan yang baik. Bahan utama untuk membuat sandwich tentu roti. Kamu bisa memilih jenis roti  sesuai selera mau roti gandum, tawar atau lainnya. Untuk isinya kamu bisa mengisi dnegan daun selada, bawang bombai, telur, tomat dan keju. Isi sandwich tentu kamu sesuaikan dengan selera dan kebiasaan. Jangan lupa roti diolesi minyak olive terlebih dahulu kemudian dipanggang dengan roaster.

Salad Buah

welltodoliving.com
welltodoliving.com

Campur potongan-potongan buah dengan yoghurt atau susu rendah kalori. Buah yang cocok untuk salad buah antara lain apel, anggur, mangga, pisang, stroberi dan lainnya. Jenis buah tentu sesuai selera kamu dan stock buah yang ada di kulkas, hehe. Untuk melengkapi rasa, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam salad buah tersebut.

Straw Toast Peanut Butter

peanutbutterandpeppers.com
peanutbutterandpeppers.com

Singkatnya nama “aneh” di atas adalah roti panggang dengan selai kacang dan stroberi.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  • Dua lembar roti tawar
  • Selai kacang
  • Buah stroberi
  • Buah pisang

Kamu cukup membakar roti dengan roaster. Oleskan selai kacang dengan rata. Lalu letakkan potongan buah stroberi di atasnya. Jika suka, kamu juga boleh menambahkan potongan buah pisang.

Pancake

panke.com.au
panke.com.au

Cara membuat pancake itu sangat mudah. Sebelumnya kamu tentu harus membuat adonan pancake terlebih dahulu. Gunakan putih telur saja untuk membuat adonan tersebut. Putih telur berfungsi sebagai penyedia protein untuk tubuh kamu. Kamu juga bisa mencampur bahan tersebut dengan oatmeal. Setelah pancake jadi, tambahkan madu sebagai toping.

Banana Oat Porridge with Kiwi

garden-of-vegan.tumblr.com
garden-of-vegan.tumblr.com

Nama “aneh” di atas singkatnya adalah bubur oat yang ditambah dengan potongan pisang dan buah kiwi. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan antara lain:

  • 1 cup oatmeal, gunakan merk yang biasa kamu makan
  • susu skim secukupnya
  • 1 buah pisang lalu potong-potong
  • 1 buah kiwi
  • 1 sendok makan madu

Campur oatmeal dan susu lalu masak di dalam panci. Masukkan potongan buah pisang. Ketika sudah merata dan terlihat seperti bubur, angkat lalu sajikan di dalam mangkuk. Potong buah kiwi lalu hias di atas mangkuk.

Fruit and Cheese

divascancook.com
divascancook.com

Yang ini cukup simpel. Sediakan keju (bisa craft atau merk lain) lalu potong dadu atau potong sesuai selera. Potong juga beberapa jenis buah seperti stroberi, anggur dan apel. Susun sehingga menyerupai sate. Jika bentuk seperti ini agak ribet, kamu bisa saja melewatkan sesi “tusuk sate” ini, langsung saja disantap setelah selesai dipotong-potong, hehe.

Telur Rebus

gemperle.com
gemperle.com

Telur rebus. Semua orang bisa membuatnya. Tinggal masukkan telur ayam, bebek atau telur lainnya ke dalam air panas lalu tunggu beberapa saat. Setelah mateng, telur rebus sudah siap untuk disantap. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti lada hitam, bubuk cabe, saos atau bahan lainnya. Untuk lebih unik buat kamu cewek-cewek, kamu bisa bentuk telur rebus seperti gambar telur rebus unik di atas, hehe.

Baca juga beberapa artikel tentang kesehatan berikut ini ya:

1. 8 khasiat daun kelor untuk kesehatan

2. 13 makanan dan minuman yang membuat jantung kamu sehat

Have fun ya di satujam.com 🙂

Satu pemikiran pada “8 Menu Praktis yang Sehat Untuk Sarapan Pagi”

Tinggalkan komentar