13 Tanda Bahaya Kehamilan, Wajib Diwaspadai

Tanda Bahaya Kehamilan РKehamilan merupakan anugerah yang sangat spesial yang diberikan oleh Tuhan. Ketika diberikan anugerah itu seorang perempuan akan berusaha menjaga kehamilannya sampai proses persalinan. Menjalani masa kehamilan tidaklah mudah, karena pada waktu hamil banyak terjadi gangguan seperti morning sick, nyeri, sakit kepala, gangguan penglihatan dan lain sebagainya.

Gangguan-gangguan seperti itu terhitung wajar, biasanya seiring bertambahnya usia kehamilan gangguan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Tetapi ada gangguan yang mengindikasikan terjadinya bahaya pada kehamilan.

Bila muncul tanda-tanda bahaya tersebut harus segera ditangani dengan baik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Mengapa? Karena bila dibiarkan ditakutkan akan membahayakan kesehatan ibu dan si buah hati yang ada dalam kandungan. Lalu apa saja tanda bahaya dalam kehamilan yang harus diwaspadai? Berikut ulasannya.

 

Sakit Kepala Berkelanjutan

Tanda Bahaya Kehamilan - Gejala Bahaya Ibu Hamil Sakit Kepala
dakwatuna.com

Salah satu tanda bahaya dalam kehamilan yaitu terjadinya sakit kepala yang sangat hebat. Sakit kepala merupakan indikasi ada suatu hal serius yang terjadi pada kehamilan kamu.

Berbeda dengan sakit kepala biasa yang akan hilang sendiri setelah istirahat. Sakit kepala yang berkelanjutan pada ibu hamil dianggap berbahaya bagi ibu dan janinnya. Bila gejala sakit kepala yang lama terjadi pada kamu, sebaiknya segera untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan.

BACA JUGA: 7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pandangan Menjadi Kabur

Tanda Bahaya Kehamilan - Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata
lookingood.com

Penglihatan yang kabur pada ibu hamil biasanya merupakan efek dari sakit kepala statis. Gejala ini merupakan tanda bahaya bagi kehamilan kamu. Sakit kepala statis dibarengi dengan penglihatan yang buruk merupakan pertanda kandungan kamu tidak dalam kondisi yang baik.

Bengkak Pada Wajah dan Tangan

Kaki dan Tangan Bengkak, Tanda Bahaya Kehamilan
rajanego.co.id

Pembengkakan pada kaki di trimester pertama merupakan masalah yang wajar dialami oleh ibu hamil. Tetapi bila pembengkakan terjadi juga pada betis, tangan serta bagian tubuh lain hal itu bisa menjadi tanda bahaya pada kehamilan kamu.

Gejala merupakan efek dari trombosit vena (DVT) yang disebabkan oleh terjadinya gumpalan darah pada organ-organ yang membengkak. Kondisi ini berpotensi mengancam jiwa ibu hamil. Tanda lain terjadinya trombosit vena adalah nyeri pada dada, susah bernafas, pingsan serta kondisi serius lainnya bisa terjadi.

Rasa Nyeri di Perut atau Dada

Tanda bahaya kehamilan yaitu Kram perut
caraterbarumengatasi.com

Bila kamu mengalami rasa nyeri berulang pada daerah dada dan perut dengan rasa sakit yang luar biasa, bisa jadi kamu mengalami placental abruption. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh terhentinya perkembangan janin dalam kandungan.

Nyeri berulang yang terjadi pada perut mirip dengan rasa yang terjadi ketika mentruasi. Kram, dengan rasa sakit yang tajam serta sesak pada dada merupakan tanda bahaya bagi kehamilan, hal ini harus segera ditangani. Sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan langganan.

Suhu Tubuh Tinggi

Tanda Bahaya Kehamilan - Suhu Panas Berlebihan Pada Ibu Hamil
pixabay.com

Demam memang bisa menyerang siapa saja, termasuk dengan ibu hamil. Tetapi untuk ibu hamil bila mengalami demam yang menyebabkan naiknya suhu tubuh secara drastis, hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahaya pada kehamilan kamu.

BACA JUGA: Merawat Tubuh Saat Hamil

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa bila suhu tubuh terlalu panas, tubuh secara otomatis akan merubah aliran darah, yang awalnya sebagian besar darah dialirkan ke rahim akan dialihkan ke bawah kulit untuk meredam panas. Sehingga hal ini cukup beresiko untuk ibu hamil.

Pendarahan

Tanda Bahaya Kehamilan - Pendarahan Pada Saat Kehamilan
nccdn.net

Bila pada masa kehamilan kamu menemukan bercak darah pada celana dalam, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan bisa menandakan keguguran sedangkan bila terjadi pada trimester kedua dan ketiga, pendarahan merupakan tanda dari persalinan prematur dan komplikasi plasenta.

Jantung Berdebar Kencang

Tanda Bahaya Kehamilan - Jantung berdebar
smoothdietindonesia.com

Bila jantung kamu berdebar kencang ketika melakukan suatu aktivitas serta dibarengi dengan kucuran keringat dan sesak nafas, segeralah ambil tindakan. Berhentilah melakukan semua aktivitas, perbanyak minum dan ambil posisi istirahat.

Jantung yang berdebar menjadi salah satu tanda kamu mengalami dehidrasi, penyakit tiroid, anemia serta terjadi masalah pada jantung. Semua kemungkinan di atas cukup beresiko, oleh sebab itu segera laporkan tanda-tanda ini pada dokter atau bidan langganan kamu.

Kehamilan merupakan anugerah luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT. Ketika terjadi kehamilan, pastinya semua wanita akan sangat berusaha menjaga kehamilannya sampai proses persalinan nanti.

Sudah menjadi rahasia umum, ketika seorang wanita menjalani masa kehamilan, maka butuh perjuangan luar biasa untuk menjalaninya. Pada saat masa kehamilan, biasanya sering mengalami gangguan-gangguan seperti sakit kepala, gangguan penglihatan, nyeri pada bagian perut dan masih banyak gangguan lainnya.

Gangguan-gangguan ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun begitu, bagi para wanita terutama yang sedang mengandung sebaiknya perlu mewaspadai terhadap beberapa tanda bahaya kehamilan ini.

Banyak sekali tanda-tanda bahaya kehamilan. JIka dibiarkan terus menerus, maka hal ini bisa berakibat fatal pada kehamilanmu. Lantas, apa saja tanda-tanda bahaya kehamilan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Pendarahan

Tanda Bahaya Kehamilan - Pendarahan
willmeazzaherbal.blogspot.com

Pendaharan merupakan salah satu tanda bahaya kehamilan yang harus kamu waspadai. Biasanya pendarahan terjadi pada awal masa kehamilan atau pada trimester pertama kehamilan.

Jika mengalami pendarahan dengan jumlah sedikit, kamu tidak perlu terlalu mengkhawairkannya karena hal ini dianggap normal. Namun beda ceritanya jika kamu mengalami pendarahan yang cukup banyak dan warna darah yang keluarnya pun berwarna merah segar. Selain itu, kamu mengalami rasa nyeri yang luar biasa di bagian rahim. Maka, segera periksakan ke dokter spesial kandungan agar bisa segera mendapatkan penanganan medis yang cepat dan tepat.

Sakit Kepala

Tanda Bahaya Kehamilan - Sakit kepala
rri.co.id

Tanda bahaya kehamilan lainnya yang harus kamu waspadai adalah sakit kepala yang luar biasa. Sakit kepala merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang serius dengan kondisi kehamilan kamu.

Sakit kepala biasa umumnya akan hilang jika setelah diistirahatkan. Namun jika kamu mengalami sakit kepala yang terus menerus ditambah munculnya gangguan penglihatan, bisa jadi hal ini merupakan tanda bahaya yang bisa mengancam kehamilanmu. Segera periksakan diri kamu ke dokter spesialis kandungan agar bisa mendapatkan pertolongan medis yang tepat.

Pandangan atau Penglihatan Kabur dan Berbayang

Tanda Bahaya Kehamilan - Pandangan atau Penglihatan Kabur dan Berbayang
lookingood.com

Pandangan yang kabur dan berbayang merupakan efek dari sakit kepala yang terus menerus dialami wanita hamil. Gangguan ini juga sering dianggap sebagai salah satu tanda bahaya pada kehamilan.

Rasa Nyeri yang Sangat Hebat di Bagian Perut

Tanda Bahaya Kehamilan - Rasa Nyeri yang Sangat Hebat di Bagian Perut
abiummi.com

Rasa nyeri yang luar biasa di bagian perut adalah tanda bahaya pada kehamilan yang selanjutnya. Rasa sakit atau nyeri di bagian perut ketika hamil bisa dikatakan berbahaya jika dalam waktu yang lama tidak kunjung hilang walaupun tubuh sudah diistirahatkan selama beberapa saat.

Bengkak pada Wajah dan Tangan

Tanda Bahaya Kehamilan - Bengkak pada Wajah dan Tangan
kamar121.wordpress.com

Bengkak di area wajah dan tangan ketika hamil bukanlah sesuatu yang biasa. Bengkak di kedua area tubuh ini dapat menjadi sebuah pertanda serius yang bisa mengancam kehamilan kamu.

Jika bengkak di area wajah dan tangan tidak kunjung hilang walaupun sudah beristirahat dengan cukup. Maka sebaiknya kamu segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan.

Tidak Adanya Pergerakan Bayi Dalam Perut

Tanda Bahaya Kehamilan - Tidak Adanya Pergerakan Bayi Dalam Perut
mirror-us-ga1.gallery.hd.org

Perlu kamu ketahui janin dalam kandungan akan mulai aktif bergerak ketika menginjak usia kehamilan 5-6 bulan. Tetapi, jika dalam bulan ke lima atau enam kehamilan kamu tidak merasakan pergerakan sedikitpun di dalam rahim, bisa saja kamu mengalami gejala kehamilan yang disebut dengan kehamilan patologik.

Jika kamu mengalami kehamilan seperti itu, maka bersegeralah untuk memeriksakan diri ke doter spesialis kandungan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Demikian beberapa tanda bahaya kehamilan yang harus diketahui dan diwaspadai oleh setiap wanita yang sedang hamil. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat. Terima kasih.