8 Fakta Unik Tentang Indonesia yang Mendunia

FAKTA TENTANG INDONESIA – Pada tau nggak sih seberapa keren Indonesia itu? Bukan cuma terkenal yang nggak baiknya aja lho, tapi juga banyak kok baiknya. Kamu bahkan akan terkejut kalau tau betapa kerennya negeri tercinta ini.

Ngomongin betapa kerennya Indonesia, kamu perlu tau hal unik yang ada di negara ini. Bukan cuma dalam negeri aja, bahkan sampai ke negeri seberang sana pun tau betapa keren Indonesia.

 

Rendang

rendang
masteresep.com

Siapa sih yang nggak kenal makanan yang satu ini? Salah satu makanan paling enak yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Makanan rendang  yang berbahan dasar daging sapi dan kaya rasa bumbunya.

Walaupun asalnya dari Padang, tapi hampir semua masyarakat Indonesia suka lho sama makanan yang satu ini. Bahkan, rendang jadi makanan terenak di dunia. Keren nggak tuh?

Komodo

Komodo dragon
spiritanimals.wikia.com

Hewan purba yang masih bertahan hidup sampai saat ini ternyata juga ada di Indonesia, komodo namanya. Bahkan, di Indonesia ada satu pulau yang namanya sama seperti hewan prasejarah ini.

Komodo merupakan kadal terbesar yang ada di dunia dan salah satu hewan tertua. Kalau kamu mau lihat komodo secara langsung, bisa tuh dateng ke pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Hutan Terbesar

Hutan tropis
jagatinfo.net

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan yang luas. Hutan di Indonesia tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Dengan luas hutan yang besar, keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia juga bermacam-macam. Mulai dari berbagai jenis burung, ikan dan beberapa hewan buas.

Selain itu, hutan juga merupakan paru-paru dunia, tempat yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Jadi, sudah sepatutnya seluruh warga Indonesia menjaga dan juga melestarikan hutannya.

Kopi Termahal

Kopi mahal
inacovika.com

Kamu tentu sudah pernah minum kopi kan? Biasanya minum kopi apa nih? Kopi instan kah? Wah, kalau biasa minum kopi instan, kamu harus cobain kopi termahal nih, kopi luwak namanya.

Tentu udah pada tau kan kopi luwak itu apa? Itu lho, kopi yang didapat dari buah kopi yang dimakan oleh hewan bernama luwak. Terus bijinya keluar bersama dengan kotorannya, nah kotoran itu yang dibersihkan dan diambil biji kopinya.

Kopi luwak ini udah terkenal banget di dunia lho. Walaupun harganya yang mahal, tapi tetap aja banyak yang mencarinya, apalagi penikmat kopi sejati. Belum lengkap rasanya kalau belum pernah nyobain rasa dari kopi luwak ini.

Negara Kepulauan Terbesar

Negara kepulauan
uchanetizen.blogspot.com

Kalau bicara negara kepulauan terbesar di dunia, pasti yang dibahas Indonesia. Ya, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar, dengan jumlah pulaunya mencapai 17 ribu lebih pulau. Dimana 9 ribuan pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni.

Pulau-pulau di Indonesia juga sudah banyak yang terkenal lho, salah satunya Bali. Banyak tuh yang nggak kenal sama Indonesia, tapi kalau ditanyain Bali malah pada tau.

Di Indonesia juga ada pulau yang besar, ada 5 pulau. Mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Nah, dari kelima pulau tersebut masih banyak lho kekayaan alam yang belum termanfaatkan. Terutama Papua, pulau yang berada di Indonesia bagian timur.

G Land

G land, ombak terbaik
surfersdesk.wordpress.com

Kebanyakan orang mungkin cuma tau pantai Kute yang biasa dijadikan tempat untuk berselancar. Padahal, ada satu pantai yang cukup terkenal dikalangan wisatawan luar negeri lho. Namanya pantai Plengkung, atau biasanya disebut G Land sama wisatawan.

Diberi nama G Land karena bentuk ombaknya yang menyerupai huruf G. Tinggi ombak di pantai Plengkung ini antara 4-6 meter dengan panjangnya bisa mencapai 2 km lho. Keren banget nih pantai kalau dijadiin tempat buat selancar.

Nah, karena ombaknya yang bagus, pantai Plengkung merupakan salah satu tempat terbaik untuk berselancar. Nggak jarang tuh peselancar kelas dunia yang datang ke pantai ini.

Negara Api

Gunung
korewanobaka.blogspot.com

Hidup di Indonesia itu dikepung oleh gunung berapi lho. Ada lebih dari 400 gunung berapi, 130 diantaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif. Sebagian dari gunung berapi yang ada di Indonesia terletak di dasar. Jadi kalau kita lihat dari permukaan nggak kelihatan tuh gunungnya.

Selain jumlah gunungnya yang banyak, Indonesia juga menjadi tempat bertemunya 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Selain itu, di Indonesia juga terdapat puluhan patahan lempeng bumi yang masih aktif. Emang bener-bener negara api nih Indonesia.

Negara Muslim Terbesar

Muslim
menujubermartabat.wordpress.com

Jumlah umat Islam di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Ada sekitar 85% dari total penduduk Indonesia yang beragama Islam.

Walaupun umat Islam merupakan mayoritas, tapi mereka tetap menghormati pemeluk agama lain lho. Inilah kerennya umat Islam yang ada di Indonesia, nggak menindas walaupun mayoritas.

Satu pemikiran pada “8 Fakta Unik Tentang Indonesia yang Mendunia”

Tinggalkan komentar