10 Tempat Wisata di Kawasan Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

DANAU TOBA – Danau Toba merupakan danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang luasnya hampir sama dengan luas negara Singapura.

Danau memiliki ukuran yang sangat luas dan dinobatkan sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau ini juga menjadi salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

Kawasan wisata ini diperkirakan oleh para ahli terbentuk karena adanya letusan gunung api super sekitar 75.000 tahun yang lalu. Mungkin inilah letusan gunung api terbesar di dunia dengan memutanhkan 2.800 km bahan vulkanik dan abunya menyebar ke setengah wilayah bumi.

Danau Toba merupakan salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Pulau Sumatra. Sulit untuk membayangkan pemandangan lain yang lebih indah untuk dikunjungi di Sumatra Utara selain tempat ini.

Suasana yang sejuk, pemandangan pegunungan hijau yang mempesona ditambah dengan hamparan air biru membuat kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata favorit. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan danau ini, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyajikan pemandangan alam yang sangat memikat sebagai berikut.

 

Pulau Samosir

Pemandangan Danau Toba dari Pulau Samosir
royaltravelo.com

Pulau Samosir adalah pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Dengan mengunjungi pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sudut dengan pemandangan yang menyejukan mata.

Di pulau ini banyak ditawarkan berbagai paket wisata yang beragam. Mulai paket wisata Danau Toba yang menawan hingga wisata melihat budaya masyarakat Batak yang begitu kental. Hal inilah yang membuat Pulau Samosir menjadi tujuan wisata favorit di Sumatra Utara.

Parapat

Parapat di Kawasan Wisata Danau Toba
laketobatravel.com

Parapat merupakan obyek wisata di kawasan Danau Toba yang menyajikan keindahan pemandangan alamnya. Di sepanjang perjalanan dari Danau Toba, kamu bisa menikmati keindahan alam kota Parapat.

Selain itu kamu bisa menikmati kebersamaan dengan monyet-monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran di tempat ini. Kamu bisa memberi makan atau sekedar berfoto dengan hewan lucu satu ini.

Pulau Sibandang

Pulau Sibandang di Danau Toba
mustangcorps.com

Tempat wisata di kawasan wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Sibandang. Pulau yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara ini dikelilingi oleh Danau Toba.

Dari pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari segala penjuru. Untuk menuju pulau ini kamu bisa menyewa kapal yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar pulau.

Tongging

Desa Tongging di Danau Toba
adalrico.net

Bila kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, maka kamu wajib untuk datang ke desa Tongging bagian utara Danau Toba. Dari desa ini kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl.

Pemandangan Danau Toba dari tempat ini sangat menakjubkan terlebih didukung dengan suasana alam yang indah serta tiupan angin yang tenang akan membuat kamu rileks. Satu lagi obyek wisata yang bisa kamu jumpai di tempat ini yakni Air terjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Bakara

Pemandangan Danau Toba dari Bakara
marbunpm.blogspot.com

Bakara merupakan salah satu wilayah yang berada di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan pesan keindahan alamnnya. Dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dari sudut yang berbeda.

Keindahan Danau Toba dan tebing-tebing pegunungan yang menjulang tinggi seakan membuat orang yang mengunjungi tempat ini seakan memaku untuk tinggal di Bakara. Bagi yang gemar memancing, tempat ini juga terdapat beberapa tempat yang cocok untuk memancing ikan.

Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai Lumban Silintong Balige
traveling-kiancantik.blogspot.com

Bila kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba, cobalah pergi ke Pantai Lumban Silintong Balige dikala senja. Lumban Silitong merupakan sebuah desa yang menjadi tempat wisata yang berada di Balige Toba Samosir. Kawasan wisata ini menyajikan panorama tepian Danau Toba yang lengkap dengan deretan kafe dan rumah makannya.

Di tempat ini kamu bisa menikmati sejuknya air danau sambil berenang. Selain itu kamu bisa menyaksikan kelihaian anak-anak desa ini dalam menyelam. Dengan melemparkan uang koin ke dalam danau, maka dalam sekejap anak-anak tersebut akan mendapatkan koin yang kamu lempar.

Pusuk Buhit

wikimedia.org
wikimedia.org

Pusuk Buhit merupakan deretan bukit yang ada di Pulau Samosir. Di tempat ini kamu bisa melihat panorama alam serta air terjun yang cukup indah. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan bus yang disediakan olah pengelola tempat wisata. Tetapi untuk mencapai puncak bukit, kamu harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

Air Terjun Binangalom

air-terjun-binangalom
King Adventure

Siapa diantara kita yang tidak mengenal danau toba, ya selain memiliki cerita yang telah melegenda danu yang satu ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah, bukan hanya terdiri dari air biasa, namun danau toba juga dikelilingi oleh keindahan-keindahan alam lainnya yang sangat mendukung keindahan danau yang satu ini.

Air terjun Binanggolam, ya air terjun yang satu ini merupakan salah satu panorama alam yang belum diketahui oleh kebanyakan orang, padahal tempatnya sangatlah dekat dengan danau toba.

Jadi bagi teman-teman sekalian yang akan mampir dan berwisata ke danau toba, maka tidak ada salahnya apabila memasukan air terjun ini ke dalam rencana destinasy anda berikiutnya.

Air terjun Binangalom atau yang memiliki nama lain air terjun Situmurun merupakan danau yang mata airnya berasal dari desa Binangalom kecamatan Lumban Julu, kota Parapat, Sumatera Utara.

Oleh karena itu air terjun ini dinamanakan binangalom karena memang airnya berasal dari desa Binangalom.

Kata binangalom berasal dari sebuah kata yaitu Lum, yang mana ini merupakan sebuah nama sungai, Lum atau Lom dalam bahasa Batak bermakna air penyejuk hati, sehingga masyarakat yang ada menamakan air terjun ini dengan nama Binangalom, sebagai bentuk harapan mereka agar nantinya air terjun ini mampu menjadi penyejuk hati mereka.

Dari semua air terjun yang terdapat di Indonesia, air terjun ini termasuk ke dalam air terjun yang unik jika dibandingkan dengan lainnya, karena air terjun ini memiliki air yang langsung jatuh ke dalam permukaan air danau toba.

Jika anda ingin berkunjung ke danau ini, maka anda bisa mencoba untuk menyewa kapal motor yang berada di desa Gopgopan, setelah menyewanya, anda akan sampai ke air terjun ini dengan estimasi waktu sekitar 20 menit.

Dahulu air terjun Binangalom merupakan salah satu destinasy favorit dari banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, akan tetapi medannya yang harus dilewati dengan kapal motor menjadikan kepopuleran air terjun ini semakin berkurang.

Krisis global yang melanda negeri ini setidaknya berdampak terhadap kepopuleran air terjun yang satu ini.

Air terjun Binangalom memang dikatakan hampir terlupakan, padahal dahulu merupakan salah satu tempat favorit yang ada di kota Parapat selain batu gantung.

Akan tetapi sekali lagi, ongkos sewa kapal motor yang dianggap terlalu mahal menjadikan wisatwan dalam negeri enggan untuk berkunjung ke tempat ini, biasnya para turislah yang berkunjung ke tempat ini.

Adapun biaya yang diperlukan untuk menyewa kapal motor ini adalah sekitar Rp. 500.000 – Rp. 600.000 rupiah.

Tentunya biaya tersebut sangatlah mahal bagi kita yang memiliki penghasilan ekonomi kelas menengah, akan tetapi bagi masyarakat yang bherpenghasilan menengah keatas, tentunya harga tersebut bukanlah masalah baginya.

Bagi anda yang merasa masalah biaya sebagai faktor utama dalam melakukan destinasy ke air terjun ini, maka baiknya anda menyewa kapal motor secara kolektif saja.

Dengan menyewa kapal motor secara kolektif, maka anda bisa menghemat pengeluaran anda, dan tentu saja tujuan utama anda untuk mengunjungi air terjun ini tentunya akan tercapai.

Setelah sampai di air terjun Binangalom, maka ada banyak aktifitas yang bisa anda coba lakukan.

Diantaranya adalah berenang di permukaan danau sambil menikmati kicauan burung, atau anda dapat juga berburu ikan pora-pora yang berloncatan di dekat jatuhnya air dari air terjun Binangalom.

Setelah anda puas menikmati air terjun ini, silahkan anda melanjutkan perjalanan ke danau Toba.

Kawasan Tuk Tuk Samosir

http://medan.panduanwisata.id/
medan.panduanwisata.id

Tuk tuk terletak di semenanjung Pulau Samosir ialah sebuah desa yang sangat eksotis di pesisir Danau Toba. Berjarak 4 kilometer dari tomok, letak tuk tuk lumayan dekat dengan pintu Pulau Samosir.

Bahkan tuk tuk adalah tempat singgah yang paling diminati bagi para turis lokal maupun turis asing  selama mereka menikmati liburan di Pulau Samosir.

Setelah sampai di tuk tuk, kamu akan mengagumi tatanan desa yang sangat rapi, bersih dan asri. Desa tersebut dapat menghipnotis kamu untuk singgah dan menikmati malam di Pulau Samosir.

Tuk tuk adalah destinasi wisata yang sarat akan eksotisme dari pemandangan alamnya. Tempat ini juga dapat memanjakan kamu untuk menikmati keindahan Danau Toba yang sangat ajaib.

Tempat yang menjadi pusat kegiatan para wisatawan yang ingin melewatkan malam di Samosir tersebug juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

Hotel-hotel dan vila-vila berkelas dan penginapan banyak sekali berjajar di pinggir danau, mempercantik pemandangan dengan arsitektur serta penataan yang sangat cantik.

Terdapat beberapa coffee shop yang memberikan fasilitas internet agar terus dapat terkoneksi dengan dunia luar.

Sebagai desa wisata, tidak hanya menyuguhkan pemandangan alamnya saja, tuk tuk juga sangat dikenal dengan kebudayaan Batak. Sehingga pada saat para turis mengunjungi tuk tuk tidak hanya terkesan dengan wisatanya saja namun juga dengan budayanya.

Selama liburan di Desa ini, kamu akan dihadiahi sebuah panorama jarak pandang yang sangat luas sekali tanpa diganggu oleh gemerlapnya ibukota, karena kawasan tuk tuk masih sangat benar-benar alami.

Tidak hanya eksotisme alam yang disajikan oleh kawasan tuk tuk, jika kamu punya banyak waktu disana cobalah sempatkan untuk berkunjung ke Bukit Beta, sebuah wisata yang sudah diresmikan di tahun 2004 oleh gubernur  Sumatera utara.

Panorama alam luas yang disajikan oleh tempat ini merupakan lokasi paralayang berkelas internasional dan sering digunakan sebagai tempat bermain layang-layang.

Tidak hanya tempat bermain, beberapa ajang regular Samosir juga sering diadakan ditempat tersebut, seperti festival Danau Toba dan kontes layang-layang.

Setelah puas bermain di tempat tersebut, kamu bisa langsung menuju ke tempat wisata selanjutnya yaitu Bukit Siulakhosa yang berada tepat di Bukit Beta Samosir. Tempat ini merupakan tempat kegiatan olaharga seperti gantole dan paralayang.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu bisa menemukan bermacam-macam kebudayaan dan kerajian khas Batak, diantaranya ukiran kayu khas Batak yang begitu mempesona, berbagai jenis ulos cantik.

Tidak hanya kerajinan dan oleh-oleh seperti diatas saja, namun juga kamu bisa menikmati pertunjukan musik dan tari tradisional khas Batak yang persembahkan oleh Gondang melalui tor tor.

Ada cara yang lebih baik menikmati tuk tuk ialah perjalanan dengan menyusuri keindahan Danau Toba. Kamu bisa menyewa kapal dengan harga yang sangat ekonomis dan kamu bisa berjemur menikmati hangatnya matahari di pinggir pesisir seperti berada di pinggiran pantai.

Tidak hanya berjemur di pinggir pesisir, namun kamu juga bisa menikmati olahraga air dengan kano sebagai alternatif yang memberikan hiburan yang tak terlupakan.

Belum cukup dengan permainan air, di Danau Toba kamu juga akan disuguhkan pengalaman berpetualang keliling sekitaran kawasan tersebut dengan menggunakan sepeda dan sepeda motor yang telah disediaakan oleh para penduduk setempat demi dapat menikmatik keelokan alam yang disajikan.

Sipinsur Humbang Hasundutan

objek wisata danau toba sipinsur

Objek wisata danau toba selanjutnya adalah Sipinsur, yakni sebuah objek wisata bertema panorama alam yang berada di kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Penasaran tentang apa sih perbedaan objek wisata Sipinsur dengan objek wisata lainnya di danau toba? apa aja sih fasilitas dan nilai tambah yang ada di tempat wisata ini? Yuk, kita ulas bareng di sub judul ini.

Geografis Sipinsur Humbang Hasundutan

Secara letak geografis Sipinsur terletak di desa Pearung, kecamatan Peranginan, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Yakni, sekitar 45 menit waktu tempuh kalau kamu berangkat dari bandara Silangit.

Objek wisata Sipinsur merupakan salah satu objek favorit yang ada di wilayah danau Toba, setelah Parapat dan pulau Samosir.

Mungkin, lokasi yang tak jauh dari kedua wisata tersebut dan panoramanya yang memang indah menjadikan Sipinsur sebagai salah satu wisata favorit danau Toba.

Cara Akses Lokasi ke Sipinsur Humbang Hasundutan

Sebenarnya, objek wisata Sipinsur terletak di daerah berbukitan mirip dengan lokasi-lokasi wisata lain di pulau Sumatera.

Eits, tapi tunggu dulu. Walaupun lokasi Sipinsur berada di wilayah perbukitan kamu tetap bisa mendapatkan akses ke sana tanpa terlalu bersusah payah koq.

Yap, ini karena pemerintah setempat secara khusus telah menjadikan Sipinsur objek wisata daerah dan membangunkan akses jalan yang mulus ke sana.

Kamu hanya perlu melewati jalan mendaki yang telah di aspal dengan kendaraan, seperti: bus, mobil, atau bahkan motor.

Biasanya kalau kamu menggunakan bus pariwisata, lokasi ini bisa langsung kamu akses dalam waktu 45 menit dari bandara Silangit, Sumatera Utara.

Oh ya, sekedar informasi kalau di tempat ini -terakhir kali yang saya tau- belum terdapat kendaraan umum. Jadi kamu perlu membawa kendaraan pribadi.

Kemudian -terakhir kali yang saya tau- kamu harus menaiki 1000 anak tangga untuk benar-benar mendapatkan pemandangan terbaik di wilayah Sipinsur.

Fasilitas-fasilitas yang Ada di Sipinsur Humbang Hasundutan

Kayak yang sudah saya jelaskan tadi, kalau objek wisata Sipinsur ini telah dijadikan sebagai objek wisata daerah oleh pemerintah setempat, jadi akses fasilitas dan lokasi akan sangat dibuat mudah.

Di objek wisata Sipinsur telah terdapat banyak fasilitas-fasilitas untuk para wisatawan, berikut adalah beberapa di antaranya:

Akses menuju lokasi yang mudah karena jalanan telah di aspal

Terdapat warung-warung makan yang dikelola oleh warga sekitar

Terdapat sarana MCK yang dikelola oleh warga sekitar

Terdapat hiburan khusus dari anak-anak muda daerah sekitar yang akan mengajak kita bernyanyi bersama-sama

Gambaran tentang Panorama dan Pemandangan Sipinsur Humbang Hasundutan

Walaupun Sipinsur merupakan wisata favorit ke tiga setelah Pulau Samosir dan kota Parapat, tapi objek wisata Sipinsur tidak kalah hebat dengan Samosir dan Parapat.

Yap, secara tema saja Sipinsur sudah memiliki keunikan dibanding dengan Samosir dan Parapat.

Kalau di pulau Samosir kamu diberikan sensasi berdiri di tengah danau terbesar ke dua di dunia, dan kalau di kota Parapat kamu diberikan sensai asyik bermain air di danau terbesar ke dua di dunia, maka di Sipinsur ini kamu diberikan sensasi yang berbeda dari ke dua sensasi di atas.

Di objek wisata Sipinsur kamu akan diberikan sensasi pemandangan kelas dunia. Yap, pemandangan kelas dunia.

Di objek wisata Sipinsur ini kamu akan mendapatkan sensasi pemandangan secara menyeluruh atas wilayah danau Toba. Di objek wisata ini kamu akan melihat segala panorama yang ada di danau terbesar ke dua di duniat tersebut, yakni:

  • Pemandangan seluruh danau Toba
  • Pemandangan pulau Sibandan dari kejauhan, dan
  • Pemandangan pulau Samosir dari kejauhan

Bagaimana, sangat menarik bukan? Yuk, kita berkunjung ke daerah ini dan lebih memilih wisata lokal daripada luar negeri.

Wisata Balige : Ubudnya Sumatra

wisata-balige

Di Sumatra Utara bukan hanya Danau Toba saja yang terkenal sebagai tempat wisata yang indah, tetapi juga ada Wisata Balige. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata terbaru dengan keindahan tersendiri.

Wisata Balige ini tepatnya terletak di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Tempat wisata ini tidak kalah indah dengan Ubud yang ada di Bali. Pemandangan desa yang hijau dan asri akan membuat setiap mata yang memandang menjadi terpukau.

Salah satu hal istimewa dari tempat Wisata Balige ini adalah keberadaan sawah bertingkat yang ramai dengan para petani yang sedang bercocok tanam. Para wisatawan tidak akan bisa menahan diri untuk berfoto ria di tempat wisata ini.

Ketika sedang menikmati keindahan tempat wisata ini, para wisatawan bisa mengunjungi sebuah bukit nan indah, bernama Bukit Tarabunga. Bukit ini terkenal sangat indah dengan pemandangan yang terhampar serta cuaca yang indah.

Keindahan Wisata Balige tidak perlu diragukan lagi. Apalagi bagi kita yang menginginkan untuk menikmati liburan yang menyegarkan fikiran dan otak karena kebisingan kegiatan di kota. Wisata bersama keluarga pun sangat cocok, karena kita bisa menikmati keindahan desa serta memberikan edukasi bagi anak, bahwa alam itu indah dan perlu dijaga.

Akses untuk menuju bukit Tarabunga pun tidak sulit, karena bukit ini dapat dituju hanya dengan melewati sekitar 2 kilometer dari pusat daerah Balige. Pemandangan menuju ke sana pun tidak akan mengecewakan, karena hamparan persawahan nan hijau akan memukau mata selama perjalanan.

Bahkan salah satu hal yang luar biasa akan kita dapat di sini, yaitu ketika sampai di bukit Tarabunga, tepatnya di puncaknya, kita akan menjumpai salah satu sudut yang akan membawa kita menikmati keindahan Danau Toba dari atas bukit.

Wisata Balige adalah wisata alternatif yang sangat direkomendasikan. Keindahan Ubud yang ada di Pulau Sumatra ada di tempat wisata ini. Jangan lewatkan untuk mendapatkan keindahannya.

Desa Sitorang : Desa Terterang

desa-sitorang

Desa Sitorang menjadi salah satu desa terterang yang ada di Sumatra, tepatnya di Kecataman Silaen Kabupaten Toa Samosir. Desa ini dibelah oleh sebuah sungai yang bernama Aek Bolon, dimana sungai ini menjadi sumber pengairan utama di desa ini.

Salah satu keunikan desa Sitorang ini adalah masih kentalnya suasana adat. Mulai dari masih banyaknya rumah-rumah adat yang masih asli. Rumah-rumah adat itu akan kita jumpai ketika kita baru memasuki desa ini.

Ditambah lagi adanya sebuah kerajaan yang menyimpan rapi baju-baju kerajaan. Kerajaan ini dulunya adanlah tempat tinggal Raja Sijorat Paraliman Panjaitan. Raja Sijorat ini adalah orang yang membabad desa Sitorang. Raja ini sangat sakti. Dia memiliki 12 anak dan mengarahkan anak-anaknya itu untuk membuat sebuah pemukiman kerajaan. Lama kelamaan kerajaannya banyak dikunjungi orang, sehingga jadilah sebuah desa bernama desa Sitorang.

Desa ini termasuk dalam desa yang unik serta indah. Banyak orang yang datang ke desa ini hanya untuk menikmati keindahannya. Salah satunya dalah untuk mendapatkan mata air murni dari yang ada di sepanjang perjalanan masuk desa ini. Air ini merupakan air suci yang memiliki banyak manfaat. Sehingga banyak orang yang mengambil air ini untuk mewujudkan keinginannya atau untuk menyembuhkan penyakit yang diderita.

Desa Sitorang ini merupakan salah satu desa yang selalu terlihat terang, bahkan paling terang daripada desa-desa yang lainnya. Hal ini berdasarkan mitos dan juga kepercayaan yang berkembang di masyarakatnya bahwa adanya sumber cahaya mistis yang ada di tempat ini. Selain itu, ada juga asumsi yang menyatakan bahwa keadaan terang benderang di desa ini adalah karena budaya masyarakat desa Sitorang  yang selalu berkata terus terang.

Nikmati keindahan berkunjung di desa Sitorang ini. Mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang terhampar luas serta pemandangan air jernih yang langsung mengalir dari gunung yang terus dialirkan ke Danau Toba.

3 pemikiran pada “10 Tempat Wisata di Kawasan Danau Toba yang Wajib Dikunjungi”

  1. Terima kasih atas artikelnya bro

    Semogah masyarakat yang hidup disekitar Danau Toba dapat menjaga kelestariannya

Tinggalkan komentar